ITDC sedang membangun fasilitas keamanan Mandalika untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan - WisataHits
Yogyakarta

ITDC sedang membangun fasilitas keamanan Mandalika untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan

ITDC sedang membangun fasilitas keamanan Mandalika untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan

TEMPO.CO, Mataram – Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN Pengembang dan Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK Mandalika)/Mandala Pembangunan sarana pengamanan kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pembangunan pengamanan di Gerbang Timur, Gerbang Barat, Gerbang Kuta 1, 2, 3 dan 4 serta pagar pembatas (Gerbang Hitam/BG3 – Gerbang Timur) bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Keamanan Mandalika membuat wisatawan nyaman

“Kami selalu berusaha memberikan rasa aman dan nyaman kepada wisatawan maupun masyarakat yang beraktivitas di dalam dan sekitar kawasan,” kata Molin Duwanno, General Manager The Mandalika, dalam siaran pers yang diterima tempoMinggu, 8 Januari 2023.

Ia mengatakan, pembangunan alat keamanan berupa gapura atau gapura yang bisa dibuka tutup mencapai 18 hingga 83 persen. Rinciannya, Gerbang Timur mencapai 57 persen, Gerbang Barat 76 persen, Gerbang Kuta 1 & 2 hanya 18 persen, dan Gerbang Kuta 3 & 4 83 persen. Sedangkan pembangunan pagar pembatas di BG3 – Gerbang Timur sudah mencapai 32 persen. Menurut Molin, pengerjaan pembangunan sarana pengamanan kawasan Mandalika harus selesai pertengahan bulan depan.

Molin menjelaskan, pembangunan sarana keamanan dan pagar keliling (BG3 – Gerbang Timur) ini merupakan bagian dari paket pekerjaan Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (MUTIP) 2. Total nilai paket MUTIP 2 sebesar Rp 753 miliar yang akan digunakan untuk membangun infrastruktur dasar yaitu jalan akses trotoar kaku, saluran utilitas, panel surya penerangan jalan, instalasi jalan trotoar, gorong-gorong kotak, lubang pompa, tempat parkir utaradan pagar pembatas di BG3 – Osttor.

Lihat: Kota-kota ini akan menjadi tujuan wisata domestik pilihan pada tahun 2022

Paket MUTIP 2 ini meliputi pemasangan pagar pembatas di sisi selatan Jalan Kuta Keruak dengan panjang 5.250 m selesai pada 3.206 meter atau 61 persen. Progres tersebut meliputi penyelesaian pagar keliling Sirkuit Pertamina Mandalika sepanjang 2.175 meter.

Turis meningkat, investor Mandalika meningkat

Mandalika Urban and Tourism Infrastructure Project (MUTIP) adalah program yang didanai penuh oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB). Program ini merupakan pendanaan mandiri pertama oleh AIIB di Indonesia dan pendanaan AIIB pertama di tingkat global untuk kegiatan pembangunan infrastruktur pariwisata.

“Molin berharap dengan semakin luasnya fitur pendukung kawasan, khususnya fitur keselamatan seperti ini, dapat meningkatkan daya tarik kawasan di mata wisatawan dan investor The Mandalika. “Minat wisatawan untuk berkunjung semakin meningkat, begitu juga dengan investor yang ingin merealisasikan investasinya di The Mandalika,” kata Molin.

SUPRIYANTHO KHAFID

Baca: Mandalika Kembali Jadi Tuan Rumah Ajang Wisata Olahraga, Kali Ini Kejuaraan Binaraga Dunia

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button