Inilah Tirakat Suci Gus Dur dari gurunya yang juga pelindung Allah - WisataHits
Jawa Tengah

Inilah Tirakat Suci Gus Dur dari gurunya yang juga pelindung Allah

PORTAL MAJALENGKA – KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal sebagai pemandu suci.

Tak sedikit juga yang menganggap Gus Dur milik Wali Allah karena kesuciannya.

Sebagai Wali Allah, Gus Dur juga sering berguru kepada Wali Allah lainnya.

Baca juga: Timnas Indonesia U20 Harus Pensiun di Laga Persahabatan Pusat Latihan Lawan Turki

Mbah Dalhar Watucongol adalah Wali Allah yang terkenal dari Magelang, Jawa Tengah. Wali Allah yang dimakamkan di Gunung Pring ini menjadi salah satu guru KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur saat mengaji di Tegalrejo.

Kitab Hikam dibawa oleh Gus Dur dan mendapat pencerahan spiritual yang luar biasa dari Wali Allah Gunung Pring.

Dikutip dari portal Youtube KKW Majalengka melalui buku Ensiklopedia Abdurrahman Wahid menjelaskan saat Gus Dur mengaji di Tegalrejo Magelang, Gus Dur juga membacakan kitab Hikam kepada Mbah Dalhar Watucongol.

Baca Juga: Sunan Gunung Jati Bikin Ketar-ketir, Prabu Siliwangi Gandeng Portugis

Konon kisah Gus Dur mempelajari kitab Hikam berasal dari Kholis Muzakki, yang mendapat cerita dari keluarga yang sekamar dengan Gus Dur di Tegalrejo.

Gus Dur juga belajar dengan Mbah Dalhar Watucongol dalam bidang tasawuf. Gus Dur membacakan untuknya buku Hikam, sebuah buku yang sangat berpengaruh tentang pola sufi Gus Dur.

Namun, menurut Gus Yusuf Chudlori, Gus Dur membawa Tabarruk ke Mbah Dalhar Watucongol dan itu dikatakan saat Gus Dur tinggal di Tegalrejo, Magelang.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Alam Populer Instagrammable Populer di Banyuwangi Ini Cocok Untuk Konten Liburan Akhir Tahun

Dalam pernyataan Kyai Nur Kholik Ridwan, menurut masyarakat Pesantren, Mbah Dalhar Watucongol Kyai dianggap Wali Allah dan makamnya di Gunung Pring dekat Raden Santri.

Mbah Dalhar Watucongol juga merupakan Mursyid dari komunitas Syadzilyah. Gus Dur pun berguru secara khidmat kepada Mbah Dalhar Watucongol.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button