Kereta api pertama di Sulawesi sedang dicoba, warga sekitar bisa naik tanpa bayar - WisataHits
Jawa Tengah

Kereta api pertama di Sulawesi sedang dicoba, warga sekitar bisa naik tanpa bayar

Liputan6.com, Jakarta – Warga Kabupaten Barru dan Kabupaten Pangkep kini bisa mencoba kereta api secara gratis selama masa uji coba operasi terbatas. Ini adalah proyek kereta api pertama di Sulawesi.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT KAI (Persero) saat ini sedang melakukan uji coba pengoperasian terbatas KA Makassar-Parepare KA Andalan Celebes. Moda transportasi ini dapat ditumpangi masyarakat untuk melintasi Stasiun Garongkong menuju Stasiun Mangilu.

Sementara itu, lalu lintas dari Stasiun Mangilu ke Stasiun Garongkong dilayani oleh KA Lontara.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Pj Dirjen Perkeretaapian Zulmafendi mengatakan jalur kereta api Bumi Celebes merupakan salah satu jalur kereta api di Indonesia yang menggunakan standar lebar rel (pengukur standar) dengan lebar 1435 mm.

“Dengan lebar rel, KA Sulawesi akan mampu melaju lebih cepat dan nyaman dibandingkan KA Pulau Jawa,” kata Zulmafendi dalam keterangan tertulis, Minggu (30 Oktober 2022).

Selain itu, Zulmafendi juga menyampaikan bahwa jalur kereta api ini memiliki potensi wisata yang sangat tinggi. Menurutnya, pemandangan indah di sepanjang rute akan menjadi daya tarik wisata tersendiri.

Belum lagi ada banyak kawasan wisata seperti Wisata Alam Anjungan Sumpang Binangoe, Wisata Alam Pantai Ujung Batoe dan Wisata Mangrove Dewi Biringkassi, jelasnya.

Kedepannya juga akan dioperasikan Stasiun Rammang-Rammang yang letaknya sangat dekat dengan objek wisata Geopark Rammang-Rammang. Sehingga diharapkan keberadaan jalur kereta api ini dapat mendongkrak wisatawan di Sulawesi Selatan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button