Inilah 10 daftar belanjaan termahal di dunia asal Indonesia - WisataHits
Yogyakarta

Inilah 10 daftar belanjaan termahal di dunia asal Indonesia

Inilah 10 daftar belanjaan termahal di dunia asal Indonesia

harianjgoja.com, JAKARTA – Makanan adalah makanan pokok dalam hidup kita, namun bagi pecinta kuliner, itu adalah passion mereka. Padahal, setiap negara di berbagai belahan dunia memiliki makanan khasnya masing-masing yang menarik untuk dipelajari.

Namun, beberapa makanan ini tergolong makanan yang sangat mewah bahkan tercatat sebagai makanan termahal di dunia karena kelangkaannya.

Simak daftar makanan termahal di dunia berikut ini:

1. Keju rusa

Keju selalu menjadi produk susu termahal, tetapi keju rusa yang terbuat dari susu rusa tetap menjadi keju termahal di dunia. Diproses dan hanya ditemukan di Swedia, keju rusa harganya sekitar US$1.000 per kilogram.

Memerah susu rusa bukanlah tugas yang mudah, yang menjadikannya salah satu alasan mengapa keju begitu mahal. Peternakan Elk House, dijalankan oleh dua saudara perempuan, dianggap sebagai penghasil keju terbesar dan terpenting ini.

2. Truffle putih

Truffle putih, juga dikenal sebagai truffle putih, adalah jamur bawah tanah yang tumbuh di Eropa karena iklim yang cocok untuk mereka.

Truffle ini membutuhkan lingkungan dan kondisi iklim yang sangat spesifik untuk tumbuh, sehingga sangat sulit ditemukan sehingga harganya mahal dibandingkan dengan jenis jamur lainnya. Membeli truffle putih harganya bisa mencapai $1.000 per pon, atau 453,6 gram.

3. Ayam cemani

Ayam Cemani berwarna hitam ini diternakkan di Indonesia dan tidak diekspor ke berbagai negara karena dikhawatirkan menularkan flu burung.

Di Indonesia ayam jenis ini harganya bisa mencapai US$200 atau setara dengan Rp 3 juta, namun di luar negeri ayam jenis ini bisa dijual dengan harga ribuan dollar. Selain karena warnanya, ayam jenis ini juga dikenal sebagai ayam sport yang populer khususnya di Bali.

4. Jamon Iberico

Jamón Ibérico atau ham Iberia kering adalah ham termahal di dunia. Iberia adalah ras langka yang hanya ditemukan di Spanyol dan Portugal. Babi Iberco harus diberi makan biji pohon ek, yang harganya sangat mahal sehingga setiap kaki harganya hampir $4.500

5. kunyit

Saffron adalah salah satu bumbu yang kami orang India gunakan pada acara-acara khusus, tetapi dengan hati-hati. Untuk mengumpulkan 1 kg saffron saja, seseorang harus mengumpulkan lebih dari 3.000.000 bunga.

Seluruh proses mengumpulkan saffron sangat merepotkan karena hanya tumbuh selama seminggu sepanjang tahun, sehingga harganya berkisar antara $400 hingga $1.000 per kilogram.

6. Kopi Luwak

Minuman ini sangat cocok untuk semua pecinta kopi karena salah satunya adalah Kopi Luwak, biji kopi termahal di dunia yang terkenal sebagian dicerna dan dikeluarkan oleh luwak atau musang kelapa.

Petani di Indonesia mengumpulkan ribuan kotoran luwak untuk membuat biji kopi yang terkenal di dunia ini. Itu difermentasi di dalam perut hewan, membuatnya sangat beraroma sehingga harganya sekitar $700 per kilogram.

7. Jamur Matsutake

Ditemukan di Jepang, jamur ini terkenal dengan rasa manis dan tajamnya yang unik. Menanam jenis jamur ini bukanlah hal yang mudah karena hanya dipanen setahun sekali. Harganya bisa mencapai $600 per kilogram dan hanya mereka yang cukup kaya untuk bereksperimen dengan selera mereka.

8. Semangka Densuke Hitam

Densuke Black Watermelon atau dikenal juga dengan semangka hitam berasal dari Jepang dan harganya sangat mahal sehingga tidak dijual secara terbuka melainkan dilelang setiap tahun. Menurut tradisi Jepang, semangka hitam dianggap sebagai kado pernikahan yang tak ternilai harganya.

Karena luasnya ruang yang dibutuhkan untuk menanam semangka ini, biasanya hanya ditanam 1.000.000 semangka Densuke, masing-masing harganya mencapai $6.000.

9. Sup Sarang Burung Walet

Sup Sarang Burung Walet adalah bagian penting dari budaya makanan Cina, tetapi hanya orang kaya yang mampu membeli Sarang Burung Walet, yang dibuat hanya dari air liur burung.

Sementara itu, yang membuat makanan ini mahal, karena burung-burung membangun sarangnya di tebing yang jauh sehingga sulit untuk dikumpulkan, harganya sekitar US$3.000 atau setara dengan Rp45 juta per kilogram.

10. Kaviar

Dunia makanan mewah tidak akan lengkap tanpa menyebut kaviar. Sekarang banyak orang yang tergila-gila dengan telur ikan ini dan Kaviar White Pearl Albino, yang dianggap sebagai jenis yang paling mahal. Mutiara putih ini lebih mahal daripada yang asli dan harganya bisa mencapai $9.100 per kilogram.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Sumber: JIBI/Bisnis.com

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button