Sultan Yogyakarta Siapkan Panggung Ketoprak untuk Libur Akhir Tahun, Pemain Resmi - WisataHits
Yogyakarta

Sultan Yogyakarta Siapkan Panggung Ketoprak untuk Libur Akhir Tahun, Pemain Resmi

TEMPO.CO, Yogyakarta – Akan ada pertunjukan cukup unik yang akan diadakan di Jalan Malioboro Yogyakarta selama liburan akhir Desember. Raja Keraton yang juga Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, merencanakan pertunjukan ketoprak Jawa dengan konsep yang sedikit berbeda.

Sejak 18 November, Sultan juga menugaskan Biro Kebudayaan DIY untuk menyiapkan pentas. “Alur ceritanya nanti bebas, tapi pemainnya rektor kampus, bupati, polisi, TNI,” kata Sultan, Kamis, 10 November 2022.

Sultan mengatakan para pejabat, yang merupakan pemain amatir, akan diundang untuk berkolaborasi dan berimprovisasi dengan pemain ketoprak profesional. Sultan juga diyakini akan memberikan kesan seru bagi wisatawan dan penonton.

“Kalau nanti petugasnya lupa atau tidak bisa bahasa Jawa ya enggak apa-apa pakai bahasa Indonesia. Kalau menertawakan itu tidak apa-apa, Wong adalah bagian dari interaksi di Ketoprak,” kata Sultan.

Menurut Sultan, pencapaian kerjasama antara pejabat dan seniman lokal dapat dikapitalisasi dalam bentuk hubungan komunikasi yang baik dengan masyarakat tanpa hambatan formal. “Masyarakat bisa duduk-duduk di sepanjang Jalan Malioboro, menyaksikan dengan seksama petugas bermain ketoprak, tertawa bersama, dan berharap dapat membangun kedekatan dan kebersamaan dengan warga,” ujarnya.

Sultan mengatakan, ada dua opsi panggung yang digunakan di sepanjang Jalan Malioboro untuk pementasan ketoprak ini. Pertama, di area terbuka Monumen Oemoem Serangan 11 Maret yang terletak di dekat titik nol kilometer. Dan yang kedua di gerbang barat Regol Kepatihan. “Untuk panggung outdoor, dengan dua alternatif tersebut,” ujarnya.

Untuk pemain Ketoprak di antara pejabat ini, belum ada kepastian siapa yang akan tampil. “Kita coba tawarkan mereka (pejabat) mau main ketoprak, tujuannya agar pentas ini bisa berlangsung sebelum akhir tahun,” kata Sultan HB X.

Baca juga: Yogya menargetkan Malioboro sudah bebas kabel berantakan akhir tahun ini demi kenyamanan wisatawan

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button