Ini Tempat Wisata di Karanganyar Gratis Bagi Peserta Muktamar Muhammadiyah - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ini Tempat Wisata di Karanganyar Gratis Bagi Peserta Muktamar Muhammadiyah – Solopos.com

SOLOPOS.COM — Pengunjung berwisata ke Candi Cetho di Karanganyar setelah pengelola membuka kawasan wisata tersebut.

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten Karanganyar akan memberikan sejumlah tempat wisata gratis bagi peserta dan pemandu sorak Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 tahun 2022. Tentunya tempat wisata ini berada di wilayah Kabupaten Karanganyar dan dikelola oleh pemerintah Kabupaten.

Perlu diketahui, Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 akan digelar di Kota Solo pada 18-20 November 2022. Diharapkan jutaan warga Muhammadiyah dan Aisyiyah akan datang ke Solo dan sekitarnya dari seluruh Indonesia.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Dipahami bahwa peserta juga akan melakukan perjalanan ke daerah setempat selain menghadiri Kongres. Karanganyar merupakan salah satu daerah di Soloraya yang menjadi referensi para traveler karena memiliki banyak destinasi menarik. Salah satunya di daerah Tawangmangu.

Kepala Dinas Pariwisata (Kabid) Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar (Disparpora) Teguh Haryono mengatakan langkah pemerintah kabupaten melepas sejumlah objek wisata merupakan bentuk partisipasi dalam menyambut kongres tersebut.

Baca Juga: Ini Daftar Wisata Baru di Karanganyar yang Bisa Jadi Referensi Akhir Pekan

“Ya. Seperti yang dikatakan Bupati Karanganyar, peserta kongres bebas masuk ke destinasi wisata yang dikelola Pemkab bekerjasama dengan pemilik lahan,” katanya, Kamis (3/11/2022).

Tempat wisata tersebut antara lain Candi Sukuh di Kecamatan Ngargoyoso dan Candi Cetho di Kabupaten Jenawi. Kedua destinasi wisata ini dikelola oleh Balai Cagar Budaya (BCB) Jawa Tengah bersama dengan pemerintah Kabupaten Karanganyar.

Selain itu, wisata di lereng Gunung Lawu seperti Sapta Tirta Pablengan di Kecamatan Matesih dan Air Terjun Pringgondani di Kabupaten Tawangmangu juga gratis. Begitu juga dengan puncak Gunung Lawu melalui Candi Cetho dan Cemoro Kandang.

Baca Juga: Ada Muktamar Muhammadiyah, SD dan SMP di Solo Bukan Liburan Tapi Belajar Jarak Jauh

Di Karanganyar, wilayah barat, Museum Manusia Purba Gugus Dayu terletak di kecamatan Gondangrejo. Objek wisata khusus ini juga gratis bagi peserta kongres.

“Secara teknis, kami akan mempermudah untuk masuk ke tempat wisata secara gratis. Nanti ketua kelompok bisa menginformasikan bahwa mereka adalah peserta kongres atau kita persilakan masuk dengan menunjukkan kartu anggota kongres,” tambah Teguh.

Momen promosi pariwisata

Sedangkan untuk tempat wisata di Karanganyar yang dikelola swasta, Pemkab sudah meminta pengelola untuk memberikan potongan harga. Namun, jumlah diskon diserahkan kepada pengelola masing-masing.

“Tanggal 27 Oktober di Tawangmangu, kami berkumpul para pengelola destinasi wisata swasta di Karanganyar. Sekitar 50 manajer atau perwakilan datang. Saat itu kami mengatakan bahwa kami telah meminta mereka untuk berpartisipasi dalam memberikan diskon kepada peserta konvensi. Nilainya memang meningkat, tapi minimal 20 persen. Karena kami optimis peserta kongres pasti akan ke Karanganyar untuk berwisata,” imbuhnya.

Baca Juga: Mengenal Pringgondani Tawangmangu, Pertapaan 1.300 Mdpl

Di sisi lain, kedatangan peserta konvensi untuk berwisata merupakan momen penting untuk memperkenalkan wisata Karanganyar kepada masyarakat luas. “Mereka yang akan datang dari berbagai penjuru nantinya memanfaatkan momentum ini untuk memperkenalkan wisata Karanganyar kepada masyarakat luas,” lanjutnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button