Ini Pasar Khusus Akhir Pekan di Jawa Tengah - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ini Pasar Khusus Akhir Pekan di Jawa Tengah – Solopos.com

Ini Pasar Khusus Akhir Pekan di Jawa Tengah – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Taman Pasar Watu Gedhe. (magelangkab.go.id)

Solopos.com, SEMARANG — Provinsi Jawa Tengah (Jawa Tengah) memiliki ribuan pasar tradisional yang tersebar di 35 kabupaten/kota. Namun, dari ribuan pasar tersebut, ada pula yang hanya buka di akhir pekan atau melayani transaksi jual beli. Penasaran kan? Lihat ulasannya.

Dikutip dari situs Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, pada tahun 2013 terdapat sekitar 2.729 pasar tradisional yang tersebar di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah. Dipastikan bahwa setelah satu dekade, jumlah ini meningkat secara signifikan.

PromosiMayoritas konsumen memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling aman, terpercaya dan memuaskan

Namun, dari sekian banyak pasar tradisional yang ada di Jawa Tengah, ternyata ada beberapa yang hanya buka di akhir pekan. Namun, pasar yang hanya buka pada akhir pekan ini hanya sebatas menarik wisatawan.

Adanya pasar wisata yang dibuka akhir pekan ini juga bisa menjadi alternatif bagi wisatawan untuk berlibur. Suasana pasar yang masih tradisional dengan aneka masakan dan kerajinan tangan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Beriklan dengan kami

Berikut pasar di Jawa Tengah yang hanya buka di akhir pekan yang diolah Solopos.com dari berbagai sumber:

1. Pasar Kebon Watu Gedhe

Pasar Kebon Watu Gedhe adalah pasar tradisional di Magelang. Pasar ini hanya buka pada hari Minggu. Jam bukanya dari pagi hingga siang, tepatnya pukul 06.00 WIB – 12.00 WIB.

Mengutip dari halaman magelangkab.go.id, Pasar Kebon Watu Gedhe merupakan pasar tradisional yang unik dalam sistem transaksi jual belinya. Pasar ini menggunakan mata uang zaman Belanda yaitu Benggol sebagai alat pembayaran. Pasar ini menjual banyak kuliner enak yang bisa dibeli.

2. Pasar Mbatok
Pasar Mbatok merupakan pasar yang bisa dikunjungi pada hari Sabtu hingga Minggu. Pasar ini buka dari pagi hingga sore hari, mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB. Pasar ini terletak di Ngargoyaso, Karanganyar, Jawa Tengah. Mengutip dari halaman jadesta.kemenparekraf.go.id, ketika Anda mengunjungi pasar ini Anda benar-benar dapat merasakan suasana nyaman khas pasar tradisional. Pengunjung dapat menikmati hidangan di pasar ini.

Beriklan dengan kami

3. Pasar Menoreh

Pasar Menoreh merupakan pasar tradisional di Purworejo yang juga hanya buka pada hari Minggu. Pasar ini terletak di Desa Sedayu, Loano, Purworejo dan buka pada siang hari, tepat setelah Zuhur. Pasar ini memiliki sekitar 20 gubuk yang menjual makanan dan kerajinan tangan.

4. Pasar Semawis

Bagi yang tinggal di ibu kota, ada juga pasar khusus akhir pekan bernama Pasar Semawis. Jika pasar sebelumnya buka dari pagi hingga sore hari, pasar ini buka dari sore hari tepatnya pukul 18.00 WIB – 23.00 WIB. Berada di kawasan Pecinan, Semarang, pasar ini menjual berbagai kuliner yang nikmat.

5. Pasar Semilir Rindu

Beriklan dengan kami

Pasar ini terletak di Peklongan, Jawa Tengah. Pasar di sini menjual berbagai makanan enak dan terjangkau. Pasar ini juga buka di akhir pekan, hari minggu, dari pagi dan hanya sampai setengah hari. Di sini pengunjung akan melihat pepohonan hijau menjulang tinggi yang menenangkan dan menyegarkan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button