Ini Daftar Daerah di Jawa Tengah yang Musim Hujan Lebih Cepat - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Ini Daftar Daerah di Jawa Tengah yang Musim Hujan Lebih Cepat – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Ilustrasi hujan ringan di Sukoharjo hari ini. (gratis).

Solopos.com, SEMARANG — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim hujan di Jawa Tengah (Jawa Tengah) akan datang lebih awal tahun ini. Berikut ini adalah daftar daerah di Jawa Tengah yang mengalami musim hujan lebih cepat.

BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah memperkirakan musim hujan 2022/2023 akan terjadi lebih awal di wilayah Jawa Tengah. Jika pada tahun-tahun sebelumnya musim hujan biasanya dimulai pada bulan Oktober, tahun ini datang pada tanggal 1 September.

Promo Dukung BUMN Binaan UMKM Go Online, Tokopedia Registrasi 2.000 NIB

Dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari BMKG Staklim Jateng, Senin (9/12/2022), ada sejumlah daerah di Jateng yang mengalami musim hujan lebih awal atau tiba pada hari pertama September 2022.

Wilayah-wilayah tersebut meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo Utara, sebagian Tegal bagian selatan, Pemalang, Pekalongan, Kabupaten Cilacap bagian barat laut dan sebagian Kabupaten Brebes bagian tenggara.

“Diprediksi secara luas awal musim hujan 2022/2023 akan berlangsung satu hingga tiga basis lebih cepat dari biasanya,” tulis keterangan resmi dari Staklim BMKG Jateng.

Baca juga: Musim Hujan 2022 Datang Lebih Awal, Kata BMKG

Namun, ada juga sejumlah daerah yang akan mengalami musim hujan akhir tahun ini atau paling lambat. Daerah-daerah tersebut meliputi sebagian wilayah Kabupaten Pati dan wilayah Rembang bagian timur. Di kedua wilayah tersebut, musim hujan diperkirakan akan tiba pada paruh kedua November 2022, atau lebih lambat sebulan dari biasanya.

Staklim BMKG Jateng juga memprediksi tipe musim hujan akan normal untuk periode 2022/2023. Hal ini mengikuti fenomena El Nino Southren Oscilliation (ENSO), yang menunjukkan kondisi La Nina lemah hingga akhir 2022 dan diperkirakan akan berangsur netral selama periode Februari-April 2023. Sementara itu, Indian Ocean Dipole (IOD) menunjukkan hingga saat itu kondisi negatif. Pada akhir tahun 2022, suhu permukaan laut (SPL) Indonesia juga diperkirakan akan hangat hingga November 2022.

Sedangkan puncak musim hujan 2022/2023 diperkirakan terjadi pada Januari dan Februari 2023. Durasi tersingkat musim hujan 2022/2023 adalah 14 basa atau 4,5 bulan, meliputi Rembang bagian timur. Sedangkan musim hujan terlama atau mencapai 27 dasar (9 bulan) terjadi di wilayah selatan Kabupaten Cilacap.

Baca Juga: Musim Hujan Jateng Datang Lebih Cepat, Ini Ramalannya

“Mewaspadai dampak musim hujan di daerah yang berpotensi banjir dan longsor,” tambah keterangan Staklim BMKG Jateng.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button