10 Makanan Khas Bandung Favorit Orang Indonesia - WisataHits
wisatahits

10 Makanan Khas Bandung Favorit Orang Indonesia

Kota Bandung yang juga dikenal dengan Kota Kembang ini menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan udara yang segar dan banyaknya tempat wisata dengan nuansa alam, menarik banyak peminat dari luar kota untuk berlibur di Bandung. Jika Anda datang ke Bandung, jangan lewatkan 10 kuliner khas Bandung berikut ini.

Dengan harga yang cukup murah dan rasanya yang enak, berbagai jajanan khas Bandung ini membuat banyak wisatawan ketagihan untuk kembali ke kota Bandung setiap liburan. Nah, ada beberapa jajanan makanan khas di kota bandung yang wajib dicoba bagi pecinta masakan khas sunda.

Kuliner Cilok khas Bandung

Kuliner Khas Bandung CilokCilok (c) @odinioo

Dengan bentuknya yang bulat dan teksturnya yang kenyal dan bisa dimakan sekaligus, cilok juga merupakan makanan khas Bandung yang paling populer di Provinsi Jawa Barat, khususnya di Kota Bandung sendiri.

Meski kini cilok lebih banyak ditemui di lingkungan sekolah, namun cilok atau yang disingkat dengan nama “aci dicolok” memiliki banyak jenis inovasi. Kalau dulu cilok hanya ditambah bumbu kacang, kini cilok bisa dinikmati dengan variasi saus mayonaise dan berbagai topping.

Kuliner “cimol” khas Bandung

CimolCimol (c) @aktatama.silvi

Kalau ada cilok, ada juga yang namanya cimol yang artinya aci digemol. Cimol yang bahan dasarnya sama dengan cilok hanya memiliki sedikit perbedaan yaitu proses pembuatannya digoreng.

Bentuknya selalu bulat kecil dan digoreng, lalu ditaburi bumbu kering dengan berbagai rasa tentunya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing, seperti bumbu pedas, tambahan kacang, pedas asin dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa menggunakan Google app agar bisa menyimak resep dan cara membuatnya. Lebih baik lagi jika Anda belajar langsung dari orang yang ahli dalam membuat cimol.

Baca juga: Daftar Masakan Kuliner Khas Bogor yang Nikmatnya Enak

Kuliner “Cireng” khas Bandung

CirengCireng (c) @kareenagii

Makanan lain yang juga terbuat dari bahan dasar aci adalah cireng, yang juga memiliki nama singkatan yaitu aci goreng, jika disingkat cireng dikenal banyak orang. Pada umumnya ciring biasa sering dijual, biasanya bisa didapatkan dari penjual gorengan dan bisa dimakan langsung atau bisa juga dicocol dengan sambal, atau sambal, bahkan kecap.

Namun seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, ciring kini juga tersedia dengan berbagai macam isi, antara lain parutan, irisan keju, daging sapi atau ayam, dan masih banyak lagi.

Selain dari isinya, bentuk atau tampilan dari ciring tersebut kini juga bermacam-macam. Jika anda ingin mencoba membuat ciring buatan sendiri, anda bisa melakukannya dengan bantuan ahlinya atau dengan bantuan mbah google.

Kuliner “Comro” khas Bandung

ComroComro (c) @bubu.elgazanio

Comro atau yang biasa dikenal dengan oncom di jero terbuat dari parutan umbi singkong yang diisi dengan sambal oncom yang kemudian digoreng. Camilan ini sangat cocok dinikmati di sore hari dan disajikan dengan teh manis hangat. Seperti halnya aci, comro ini sangat mudah didapatkan dan juga dijual dengan harga yang sangat murah dan tentunya sangat enak.

Kuliner “Misro” khas Bandung

MisroMisro (c) @numpangsaveresep.id

Misro adalah saudara kembar tetapi bukan dari darah Comro. Bagi Misro sendiri merupakan jajanan yang memiliki arti manis sesuai dengan nama singkatannya yaitu misro. Dilihat dari cara meramu, atau membuatnya tidak jauh berbeda dengan membuat comro. Bedanya hanya pada isinya dimana misro mengandung gula merah yang memberikan rasa manis.

Kuliner “Batagor” khas Bandung

BatagorBatagor (c) @f3ndy15

Jajanan yang artinya tahu goreng baso ini merupakan salah satu jajanan tradisional yang sangat populer di kota Bandung. Anda akan dengan mudah menemukan tukang batu hampir di sepanjang jalan-jalan kota Bandung atau bisa juga di sekolah-sekolah, bahkan di sekitar perkantoran, atau saat keramaian di kota Bandung.

Tahu berbalut adonan tepung ikan tenggiri yang disantap dengan sambal kacang ini bisa dibilang masih menjadi primadona, dibandingkan jajanan enak khas kota Bandung lainnya. Memiliki dua varian batagor yang sangat populer saat ini, yaitu batagor kering dan batagor kuah.

Untuk bisa menikmati batagor, Anda bisa memilih lokasi jajan batagor yang sesuai dengan keadaan kantong masing-masing. Ada beberapa nama tempat penjualan jajanan batagor yang cukup terkenal di Bandung yang wajib anda coba, seperti warung batagor Kingsley, warung batagor Riri dan warung batagor lainnya.

Kuliner “Surabi” khas Bandung

SurabayaSurabi (c) @humas_jabar

Surabi atau juga dikenal dengan panekuk ala Jawa Barat terbuat dari tepung beras yang dibakar di atas tungku kayu bakar dan hasil akhirnya langsung ditambahkan kuah cair berbahan dasar gula merah manis.

Tentu saja Surabi tidak hanya kamu dapatkan di Bandung saja, di Bandung saja kamu bisa menikmati kelezatan Surabi dengan tambahan beberapa variasi topping dan saus.

Ya, saat ini surabi bisa dipadukan dengan berbagai makanan lain seperti keju, saus cokelat, saus stroberi, bubuk teh hijau, bubuk talas, susu, es krim, dan masih banyak lagi.

Saat ini banyak tempat nongkrong anak muda di Bandung yang menawarkan surabi dengan menampilkan berbagai variasi atau inovasi yang tentunya tidak akan meninggalkan tampilan khas surabi itu sendiri.

Kuliner “Peuyeum” khas Bandung

PeuyeumPeuyeum (c) @dedehteja

Band atau jika di Bandung dikenal dengan Peuyeum Bandung juga merupakan makanan singkong yang melalui proses fermentasi dengan ragi. Peuyeum Bandung sendiri hadir dalam bentuk stik singkong utuh dan teksturnya juga tidak basah. Para pedagang umumnya menjual peuyeum dengan cara memajangnya di depan lapaknya, bisa digantung atau juga ditaruh di lapaknya di beberapa batang.

Kuliner “Colenak” khas Bandung

ColenakColenak (c) @ardianfirmans

Colena ini berbahan dasar peuyeum dan melalui proses pemanggangan dengan campuran saus berbahan dasar kelapa parut dan penambahan gula merah. Namanya cukup unik, yaitu colenak atau singkatan dari “lezat dicocol”. Rasanya memang enak dan tergolong salah satu jajanan khas sunda yang lahir sejak ratusan tahun lalu.

Sayangnya, saat ini colenak cukup sulit ditemukan karena hanya di daerah tertentu Anda bisa mencoba atau mencicipi masakan khas kota Bandung ini.

Kuliner Seblak khas Bandung

SeblakSeblak (c) @kedaikitalagi

Salah satu jajanan yang termasuk dalam masakan baru ini pada dasarnya adalah kerupuk rebus setengah matang yang dicampur dengan bumbu masakan seperti kencur, bawang putih, cabai, dan beberapa tambahan penyedap rasa. Tapi tidak sekilat namanya kalau tidak bikin pedas dan garuk-garuk kepala karena memang itulah ciri khasnya.

Baca juga: Daftar 10 Tempat Makan Murah dan Enak di Bandung

Pedagang seblak juga banyak yang mencoba mengembangkan usahanya dengan membuat variasi seperti menambah atau mengganti seblak tidak hanya pada kerupuk saja. Bisa sedikit cakar, atau sedikit tahu dan sebagainya. Hampir di setiap jalan di Bandung, Anda bisa menemukan pedagang seblak yang menawarkan inovasi atau variasi komposisinya.

Ada banyak macam masakan khas bandung, semoga 10 masakan khas bandung ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button