Pagi dan sore waktu yang tepat untuk mengunjungi instalasi pengolahan air limbah Cikoneng Bojongsoang - WisataHits
Jawa Barat

Pagi dan sore waktu yang tepat untuk mengunjungi instalasi pengolahan air limbah Cikoneng Bojongsoang

PORTAL BANDUNG TIMUR – Berkunjung ke Bandung memang menjadi pilihan liburan yang tepat bagi sebagian orang. Tak heran jika Bandung memiliki banyak sekali tempat wisata yang instagrammable dijadikan tempat untuk refreshing.

Nah, salah satunya di kawasan Bojongsoang, lebih tepatnya di Cikoneng, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kedengarannya aneh, bukan? Bojongsoang adalah sebuah kecamatan di Prefektur Bandung, dan Danau Cikoneng terletak di antara dua desa, yaitu Desa Bojongsoang dan Desa Bojongsari. Lokasi menuju Instalasi Pengolahan Air Limbah Cikoneng tidak terlalu jauh, hanya sekitar 2 kilometer dari Jalan Raya Bojongsoang.

Siapa sangka di tengah hiruk pikuk kota bandung terdapat sebuah tempat yang belum banyak dikenal dan merupakan tempat yang sangat menyejukkan dan enak dipandang mata. Udara dan tempatnya yang masih sangat asri dan jauh dari polusi sangat cocok untuk bersepeda santai atau sekedar selfie.

Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi di Pantai Selatan Pulau Jawa

Cara mendapatkan background foto yang cantik. Dengan luas kolam 85 hektar, menjadi latar belakang yang indah untuk fotografi. Nah, untuk berfoto dengan latar belakang deretan pepohonan yang mengapit jalan, letaknya di belakang kolam IPAL ini.

Instalasi Pengolahan Air Limbah Bojongsoang atau IPAL Cikoneng didirikan pada tahun 1986 dan mulai beroperasi pada tahun 1992. Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Bojongsoang mengolah limbah dari rumah tangga, perkantoran, rumah sakit dan kegiatan komersial lainnya.

IPAL Bojongsoang atau IPAL Cikoneng merupakan pembuangan air limbah dari 4 wilayah di Kota dan Kabupaten Bandung yaitu wilayah Bandung Barat, Bandung Utara, Bandung Selatan-Tengah dan Bandung Utara. Sedangkan limbah yang dihasilkan industri tidak diolah di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Bojongsoang.

“Air limbah yang diolah di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Bojongsoang adalah limbah grey water. Proses yang dilakukan di Instalasi Pengolahan Air Limbah Bojongsoang dimulai dengan pengumpulan dan pemompaan di stasiun pompa, yang kemudian melalui manual stem screen, mechanical bar screen, spacing dan proses biologis meliputi proses anaerobik, proses fakultatif dan proses maturasi. Perlakuan tersebut bertujuan untuk mengurangi tingkat pencemaran sungai-sungai di Kota Bandung yang mengalir ke Sungai Citarum atau seperti Sungai Cikapundung,” kata Asep (52 tahun), pengelola PDAM-IPAL.

Baca Juga: Stadion Sea of ​​Fire Gelora Bandung Direkomendasikan Sebagai Venue Saat

IPAL Cikoneng menawarkan pemandangan yang sangat indah, terdapat sejumlah danau besar seperti kolam yang dipisahkan oleh tanggul setinggi sekitar 6 meter. Selain kolam IPAL, persawahan di kawasan Cikoneng memberikan background alam yang indah untuk fotografi.

Source: portalbandungtimur.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button