Informasi wisata air terjun Jumog - WisataHits
Jawa Tengah

Informasi wisata air terjun Jumog

Air Terjun Jumog adalah objek wisata populer di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Pengunjung dapat menikmati pesona air terjun yang dikelilingi perbukitan dan pepohonan yang rimbun.

Lokasinya juga dilengkapi dengan arena bermain, kolam renang anak dan panggung hiburan, menjadikannya tempat relaksasi yang sempurna untuk segala usia. Jika Anda berencana berwisata ke Air Terjun Jumog, berikut informasi lengkapnya.

1. Lokasi, jam buka dan tiket

Informasi Wisata Air Terjun Jumog: Lokasi, Tradisi dan Tips Air Terjun Jumog (instagram.com/canddra_)

Lokasi: Jalan Plesungan, Gandu, Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah

Waktu aktif: 08.00 – 17.00 WIB

Tiket masuk: Rp15.000-20.000

2. Tradisi di Air Terjun Jumog

Informasi Wisata Air Terjun Jumog: Lokasi, Tradisi dan Tips Air Terjun Jumog (instagram.com/canddra_)

Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun Jumog memiliki tradisi yang biasanya dilakukan oleh banyak orang setiap tahunnya. Tradisi ini dilakukan oleh segala usia, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Menjelang bulan Ramadhan, tidak sedikit masyarakat yang melakukan pembersihan diri atau yang disebut dengan “Padusan”. Saat itu, orang-orang ini datang ke sini untuk melakukan ritual tradisional.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Karanganyar Solo Yang Wajib Dikunjungi

3. Kegiatan yang menarik

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Informasi Wisata Air Terjun Jumog: Lokasi, Tradisi dan Tips Air Terjun Jumog (instagram.com/anisfitri1_)

Sebelum menikmati keindahan air terjun, wisatawan harus mendaki terlebih dahulu. Anda hanya perlu berjalan 400 meter menyusuri jalan setapak yang dibuat dengan melewati sekitar 116 anak tangga.

Setelah itu, mereka bisa melihat air terjun dengan pemandangan yang menakjubkan. Keberadaan punden berundak batu alam menambah pesonanya. Selain itu, suara gemericik air terjun yang dipadukan dengan kicauan burung yang merdu menambah kesan tenang.

Air Terjun Jumog memiliki air terjun yang berdampingan dengan ketinggian mencapai 30 meter. Airnya jernih, sehingga banyak wisatawan yang tergoda untuk bermain dan berenang di airnya

Selain itu, kolam renang anak-anak dan seluncuran memberikan kesenangan mandi tambahan.

4. Fasilitas Pendukung

Informasi Wisata Air Terjun Jumog: Lokasi, Tradisi dan Tips Air Terjun Jumog (instagram.com/anisfitri1_)

Untuk kenyamanan wisatawan, pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut meliputi toilet dan ruang ganti.

Ada juga tempat makan yang menawarkan berbagai kuliner yang nikmat. Sajian kuliner khas yang patut dicoba adalah sate kelinci, disajikan dalam suasana yang unik.

5. Tip Perjalanan

Informasi Wisata Air Terjun Jumog: Lokasi, Tradisi dan Tips Air Terjun Jumog (instagram.com/fajarr_holic)

Wisatawan harus berkunjung di pagi hari. Selain tidak terlalu ramai, Anda juga bisa menikmati kejernihan air terjun yang belum banyak dijamah wisatawan. Anda juga bisa merasakan suasana alam di kawasan ini yang begitu pekat.

Pengunjung disarankan untuk menghindari bepergian selama musim hujan. Ini karena jalanan licin dan air terjun bisa meluap. Selain itu, saat hujan sangat deras, kawasan wisata ini akan ditutup karena alasan keamanan. Jangan lupa untuk menikmati makanan tradisional atau makanan khas dari tempat wisata ini ya!

Air Terjun Jumog bisa menjadi tempat rekreasi keluarga. Wisatawan dengan anak kecil dapat mengajak mereka berwisata alam sambil menjelajahinya.

Baca Juga: 7 Wisata Pantai di Jepara, Jawa Tengah Bukan Cuma Karimun Jawa

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button