Informasi lokasi, tiket, dan tip - WisataHits
Yogyakarta

Informasi lokasi, tiket, dan tip

Pesona wisata di Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Selain potensi pantainya yang eksotis, ada juga wisata waduk yang mempesona. Sayangnya, wisata Waduk Beton Ponjong di Gunungkidul belum banyak diketahui.

Meski lokasi Waduk Ponjong Beton cukup tersembunyi, bukan berarti tidak layak untuk dikunjungi. Tenang, itu tempat yang tepat untuk mencari inspirasi. Apakah kau ingin datang ke sini Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Lokasi dan alamat waduk beton Ponjong

Waduk Gunungkidul Beton: informasi lokasi, tiket dan tips berkunjung Info Wisata Waduk Beton Ponjong (instagram.com/masmooe_)

Terletak di Sangrahan, Umbulrejo, Kapanewon Ponjong, waduk ini awalnya dibangun untuk mengairi lahan pertanian. Namun seiring berjalannya waktu, orang menjadikannya sebagai tujuan wisata. Fasilitas jalan yang ada juga mudah untuk dilalui.

2. Rute menuju waduk beton Ponjong

Waduk Gunungkidul Beton: informasi lokasi, tiket dan tips berkunjung Info Wisata Waduk Beton Ponjong (instagram.com/lifeatponjong)

Dari pusat kota, waduk beton Ponjong dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan kendaraan bermotor. Jalur yang harus ditempuh cukup panjang, karena jarak yang harus ditempuh sekitar 54 kilometer. Namun rasa lelah itu terbayar begitu sampai di waduk yang menawan.

Rute menuju Waduk Ponjong Beton mudah diingat. Dari Jalan Wonosari, lurus saja sejauh 15 kilometer. Sesampai di pertigaan Taman Bunga Song Canting, belok kiri 240 meter, lalu belok kiri 30 meter dan lurus 16 kilometer menuju Bundaran Siyono. Di Bundaran Siyono, pilih Jalan Nasional III lurus ke depan.

Setelah melewati Grand Meijy Cell, belok kiri di bundaran sejauh 1,3 kilometer dan ambil jalan menuju Karangmojo. Setelah 5,4 kilometer, belok sedikit ke kanan menuju Jalan Wonosari-Ponjong lalu belok kiri ke Jalan Mangkubumi atau Jalan Tambakromo.

Setelah 2,5 kilometer, belok kiri dan lurus sejauh 350 meter. Dari sana, berkendara 400 meter dan Waduk Ponjong Beton berada di sisi kanan jalan.

Baca juga: Pantai Srakung Gunungkidul: Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips

Baca Juga: 10 Wisata Gunungkidul yang Menawarkan Panorama Indah Selain Pantai

3. Harga Tiket Waduk Beton Ponjong dan Jam Operasionalnya

Waduk Gunungkidul Beton: informasi lokasi, tiket dan tips berkunjung Tur berpemandu penyimpanan beton (instagram.com/sriutami.er)

Meskipun Waduk Ponjong Beton adalah tempat wisata alam, Anda tidak dapat mengunjunginya setiap saat karena tidak buka 24 jam. Jam operasional waduk beton Ponjong antara pukul 06.00-21.00 WIB.

Tiket Masuk Waduk Beton Ponjong sampai dengan tulisan ini dibuat masih gratis alias gratis. Namun, Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. murah kan?

4. Tips mengunjungi waduk beton Ponjong

Waduk Gunungkidul Beton: informasi lokasi, tiket dan tips berkunjung Info Wisata Waduk Beton Ponjong (instagram.com/romeography)

Ada berbagai hal menarik yang bisa dilakukan di Waduk Ponjong Beton. Misalnya memancing, piknik bersama keluarga atau sekedar menikmati pemandangan yang masih hijau. Fasilitas di tempat ini cukup lengkap seperti toilet, joglo, dan ada beberapa warung yang menawarkan makanan ringan hingga makanan berat.

Jika ingin mengunjunginya, disarankan datang pada pagi atau sore hari. Selain karena sinar matahari yang tidak terlalu panas dan membuat Anda berkeringat, cahayanya juga akan lebih nyaman untuk berfoto. Selain itu, karena reservoir cukup berangin, lebih baik memakai pakaian tebal dan panjang agar lebih hangat dan nyaman.

Benarkah wisata di Gunungkidul tidak selalu tentang pantai? Kunjungan ke Waduk Beton Ponjong bersama orang-orang terkasih juga tidak ada salahnya. Selamat berlibur!

Baca Juga: Siap Piknik, Taman Bunga Amaryllis di Gunungkidul Sudah Mekar

Baca Juga: Taman Bunga Amaryllis Gunungkidul: Lokasi, Harga Tiket, Tips

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button