Informasi lokasi, harga tiket, tips - WisataHits
Yogyakarta

Informasi lokasi, harga tiket, tips

Pantai Dadapan adalah salah satu tujuan wisata di Pantai Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai Dadapan bisa disebut sebagai pantai perawan, karena pesonanya masih belum banyak diketahui orang.

Dengan hamparan pasir putih diapit tebing dan singkapan karang yang indah, Pantai Dadapan sangat cocok untuk tempat liburan karena sepi dan jauh dari keramaian. Buat kamu yang penasaran, simak informasi wisata Pantai Dadapan berikut mulai dari lokasi, harga tiket, hingga tips berkunjung!

1. Lokasi, jam buka, dan harga tiket

Pantai Dadapan Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Girisubo Dadapan (Instagram.com/wonogiritalk)

Lokasi: di Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Waktu aktif: buka 24 jam sehari

harga tiket: Rp 10.000

  • Parkir Motor : Rp 2.000
  • Parkir: Rp 5.000

2. Rute menuju lokasi

Rute via Wonogiri:

Jika Anda mengambil jalur menuju Wonogiri, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda menuju Joho. Dari Joho Anda bisa menempuh perjalanan ke Jl Wonosari-Praci hingga Ngrancah. Selanjutnya dari Ngrancah Anda akan menemukan Puskesmas di ujung jalan. Setelah sampai di Puskesman, ambil arah kanan hingga menemukan pertigaan Jepitu.

Dari pertigaan Jepitu, Anda bisa belok kiri menuju Wediombo. Jalan lurus sampai menemukan TPR. Dari TPR Wediombo, ambil jalan belok kiri menuju Pantai Sedahan. Saat Anda tiba di Pantai Sedahan, Anda bisa melihat Pantai Dadapan semakin dekat karena letaknya yang bersebelahan. Tempat ini juga merupakan pantai di ujung lain kawasan pantai Wedi Ombo, Gunungkidul.

Rute via Yogyakarta:

Jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, Anda bisa mengarahkan kendaraan ke Jalan Raya Wonosari. Selanjutnya ambil rute menuju Pantai Wediombo. Selanjutnya ikuti jalan ke arah timur hingga perbatasan Kabupaten Wonogiri. Kemudian Anda mencapai area perkebunan dan area pemukiman. Dari sini Anda bisa menanyakan arah ke Pantai Girisubo Dadapan yang tidak jauh dari pemukiman penduduk.

Rute via Solo:

Anda juga bisa mengambil rute menuju Pantai Girisubo Dadapan dari Solo. Anda bisa memulainya dengan mengikuti perjalanan menuju Surakarta. Kemudian masuk kawasan Grogol menuju Jalan Setya Darma-Cuplik Telukan-Cuplik Sukoharjo-Anggrek-Sutowijoyo-Manyaran-Pracimantoro-sampai setelah Wonogiri.

Kemudian Anda dapat mengarahkan kendaraan ke area Joho. Kemudian berkendara ke Jalan Praci-Jeruk Legi-Ngrancah. Nanti Anda akan sampai di Puskesmas kemudian belok kanan menuju pertigaan Jepitu. Setelah itu, belok kiri menuju Pantai Wediombo dan Anda akan sampai di Tempat Pengumpulan Retribusi (TPR). Lalu belok kiri lagi menuju ke arah Pantai Sedahan. Berjalan sedikit lebih jauh dan Anda akan mencapai Pantai Girisubo Dadapan.

Baca Juga: Pantai Sarangan Gunungkidul: Informasi Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

3. Fasilitas yang Tersedia

Pantai Dadapan Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Girisubo Dadapan (Instagram.com/journey_traveling)

Bisa dikatakan tempat wisata Pantai Dadapan di Girisubo Gunungkidul Yogyakarta masih minim fasilitas antara lain sebagai berikut :

  • Parkir Kendaraan
  • daerah penangkapan ikan
  • kamar mandi
  • zona tenang
  • Pekerjaan foto

Meski minim fasilitas, setidaknya beberapa fasilitas di atas sudah mencukupi kebutuhan wisatawan yang berlibur ke sini.

4. Daya Tarik Pantai Dadapan

Pantai Dadapan Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Girisubo Dadapan (Instagram.com/wonogiriterpopuler)

Pantai Dadapan di Gunungkidul memiliki beragam pesona dan daya tarik yang menawan. Pantai ini salah satunya harta karun karena letaknya yang terpencil dan menyimpan banyak keindahan antara lain :

Pasirnya putih dan lembut

Pantai Dadapan memiliki pasir putih yang indah dan lembut. Pasir putihnya yang lembut sangat cocok untuk berlari dan bermain anak-anak. Di sini Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menarik dengan bermain pasir.

Memiliki tebing yang indah

Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah adanya tebing-tebing yang mengelilingi kawasan pantai sehingga membuat tempat ini sangat cocok untuk berenang Pekerjaan Foto. Keindahan tebing ini membuat pemandangan Pantai Dadapan sangat indah dan eksotis.

Pekerjaan penangkapan ikan

Selain keindahan alamnya, Pantai Dadapan juga memiliki kawasan pemancingan yang juga menjadi daya tarik tersendiri, terutama bagi mereka yang memiliki hobi memancing. Anda bisa mendirikan tenda dan memancing di pantai. Ikan yang ditangkap bisa dipanggang dan dimakan untuk makan malam.

melacak Kenaikan

Jika Anda menyukai petualangan dan tempat-tempat yang ada melawan arus, Pantai Dadapan adalah tempat yang tepat untuk Anda. Karena lokasinya yang terpencil, pantai ini memiliki jalan setapak Kenaikan yang cukup menantang. Untuk mencapai Pantai Dadapan, Anda harus terlebih dahulu melintasi Pantai Wediombo. Ini tentunya merupakan hal yang menarik dan menantang yang akan membuat perjalanan Anda lebih berkesan.

5. Tips liburan seru

Pantai Dadapan Gunungkidul: informasi lokasi, harga tiket dan tipsPantai Girisubo Dadapan (Instagram.com/journey_traveling)

Jika Anda tertarik untuk berwisata dan berlibur di Pantai Dadapan, berikut beberapa tips agar aktivitas liburan Anda semakin seru dan menyenangkan!

  • Sebaiknya datang pada pagi dan sore hari. Karena jika berkunjung pada siang hari, cuacanya sangat panas dan panas.
  • Selalu gunakan krim matahari untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
  • Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga Anda di Pantai Dadapan.
  • Persiapkan perlengkapan pribadi untuk berjaga-jaga, karena objek wisata ini belum memiliki fasilitas yang lengkap.
  • Agar liburan Anda semakin berkesan, ajaklah teman dan keluarga Anda untuk menjelajahi keindahan Pantai Dadapan.
  • Jika ingin berkemah, jangan lupa untuk menyiapkan alat dan logistik yang memadai.

Berlibur di tempat yang indah bersama orang tersayang memang menjadi momen yang tak terlupakan. Untuk itu, Pantai Dadapan bisa menjadi rekomendasi tempat liburan yang menyenangkan waktu yang berkualitas Kamu tahu!

Baca Juga: Pantai Peyuyon Gunungkidul: Informasi Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button