Tiket dan Atraksi PLANETARIUM JAKARTA - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi PLANETARIUM JAKARTA

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta : Rp 5.000 – Rp 12.000 Jam Buka : 08:00 – 15:00 WIBNo. Telepon: 021-2305146 Alamat: Jl.Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini,, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10330

Wisata dengan tema khusus agak sulit ditemukan, terutama yang berkaitan dengan astrologi dan luar angkasa. Karena di Jakarta sendiri pengunjung bisa datang Planetarium Jakarta yang terletak di Taman Ismail Marzuki.

Planetarium Jakarta adalah wahana simulasi astrologi dan benda langit. Pembuatannya sendiri merupakan ide langsung dari Presiden Soekarno. Dengan dukungan astronom dari Institut Teknologi Bandung, Planetarium mulai dibangun pada tahun 1964. Kemudian diresmikan pada tahun 1968.

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta

Pengunjung yang datang dan ingin melihat berbagai bintang dan atraksi tempat ini perlu menyiapkan tiket masuk. Namun jangan khawatir, harga tiket masuk Planetarium Jakarta masih cukup murah.

Harga Tiket Masuk Planetarium Jakarta
Jenis tiket Pelajar/Mahasiswa Non-siswa
Tiket masuk ke Troupe Star Theater Rp5.000 Rp 12.000
Tiket masuk perorangan Anak sekolah dasar Dari kuliah hingga dewasa
Tiket masuk ke teater Rp7.000 Rp 12.000

Baca: Harga dan Keunikan Menu Tugu Kunstkring Paleis Jakarta

  • Karena revitalisasi Taman Ismail Marzuki, tiket rombongan untuk pertunjukan teater tidak dapat dijadwalkan. Hanya tiket umum yang tersedia.
  • Tiket rombongan berlaku jika rombongan mencapai 100 orang.

Jam buka

Pertunjukan Planetarium dan Teater Bintang masih ditutup sementara hingga informasi lebih lanjut tersedia.

Pengunjung planetarium bisa datang pagi-pagi sekali. Planetarium Jakarta buka setiap hari kecuali Senin.

Jam Buka Planetarium Jakarta
Selasa – Minggu 08.00 – 15.00 WIB

Program acara dibagi menjadi 3 sesi setiap harinya. Dan dapat mengalami perubahan tergantung kuota.

Jadwal Pertunjukan Planetarium Jakarta
Tampilkan 1 Tampilkan 2 Tampilkan 3
Grup (Selasa s/d Jumat) 09.30 13:30
Individu (Sabtu, Minggu, hari libur dan hari libur bank) 09.00 12:00 siang 3:00 siang.

Durasi pementasan teater unggulan kurang lebih 50-60 menit per sesi.

Atraksi dan Atraksi Planetarium Jakarta

Interior Aula Planetarium JakartaPlanetarium Jakarta menawarkan wisata luar angkasa unik yang memperluas wawasan pengunjung. foto: AR Sugeng Riyadi

Planetarium Jakarta menawarkan berbagai atraksi untuk memberikan pengetahuan tentang astrologi dan benda langit. Ditampilkan secara menarik, sehingga tidak membosankan. Berikut adalah beberapa:

1. Teater Bintang Planetarium Jakarta

Wahana Teater Bintang ini menjadi yang paling menarik bagi pengunjung. Ruangannya luas dengan tempat duduk seperti bioskop yang akan menjadi tempat pertunjukan. Sedangkan plafon berbentuk kubah besar yang berfungsi sebagai layar, benar-benar terlihat seperti pemandangan dari langit.

Kemudian, di layar akan muncul pemandangan langit malam dengan segala kondisi dan situasinya. Misalnya, pembentukan tata surya, gerhana matahari dan bulan, sejarah kehidupan bintang, dan keadaan tata surya dan segala isinya, seperti galaksi, matahari, planet, dan bulan. Disajikan dengan sangat baik selama sekitar 50-60 menit pertunjukan.

menampilkan pertunjukan teater Ruang audiovisual digunakan untuk menampilkan pertunjukan teater bintang

Namun ingat, jika Anda datang sendiri/tidak dalam rombongan besar, Anda hanya bisa menikmati Bintang Theater di akhir pekan dengan dua waktu yaitu jam 10 pagi dan jam 2 siang. Sedangkan pada hari kerja (Selasa hingga Jumat), pemutaran teater hanya dilakukan untuk kunjungan rombongan besar.

Baca: Tiket Masuk JAKARTA AQUARIUM dan 9 Tempat Wisata Seru

2. Teleskop observasi

Ketika kita berbicara tentang langit dan bintang-bintang, itu juga terkait erat dengan teleskop. Di Planetarium Jakarta terdapat beberapa jenis teleskop. Ada Teleskop ASKO yaitu teropong reflektor yang menggunakan cermin dengan diameter 31 cm. Teleskop ini biasa digunakan untuk penelitian, termasuk menentukan hari raya Idul Fitri.

kegiatan pengamatan langitteropong digunakan untuk melihat benda langit dari jarak dekat.

Ada juga Teleskop Takahashi yang merupakan teleskop jenis reflektor Newtonian dengan diameter 16 cm. Kemudian di sisi lain ada Teleskop Sudut yang merupakan teropong jenis reflektor dengan diameter 15cm dan menggunakan lensa.

Selain 3 jenis teleskop tersebut, masih ada sekitar sepuluh teleskop lainnya yang berbentuk portable portable telescope. Teleskop jenis ini paling sering digunakan karena mudah dipindahkan tergantung tempat pengamatan.

Baca: Tiket Masuk SEAWORLD Ancol dan 9 Aktivitas Serunya

Jika ada fenomena astronomi yang terjadi, ruang astronomi ini biasanya terbuka untuk umum sehingga pengunjung juga bisa melihat fenomena alam tersebut secara langsung melalui teleskop.

Namun ada juga program observasi rutin yang biasanya dilakukan pada bulan-bulan tertentu. Untuk jadwalnya sendiri bisa dilihat langsung di tempat. Pengawasan ini terbuka untuk umum dan gratis.

3. Ruang pamer

ruang pameran planetarium jakartaRuang pameran berisi miniatur dan informasi yang berkaitan dengan pengetahuan tentang ruang. foto: Rani Syafril

Kunjungi juga ruang pameran yang akan menampilkan berbagai peralatan pengamatan astronomi, gambar benda langit dengan informasi lengkap, pakaian astronot dan koleksi pecahan batu meteor.

Fasilitas pendukung

Sebagai tempat wisata umum, fasilitas yang disediakan sudah memadai. Area parkir cukup luas, termasuk untuk bus wisata rombongan. Toilet juga tersedia dalam kondisi bersih.

Selain itu, untuk menjamin kenyamanan pengunjung, terutama saat harus menunggu pemutaran teater, ruang tunggu dilengkapi dengan layar yang menayangkan film-film yang berhubungan dengan astronomi. Semua kamar ber-AC sehingga tetap nyaman meski di tengah kesibukan kunjungan.

Baca: Tiket Masuk Dufan Ancol dan 12 Wahana Terbaik

Lokasi Platerium Jakarta

Planetarium ini berlokasi di Taman Ismail Mazuki Jl.Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330. Untuk informasi dan kontak lebih lanjut silahkan hubungi (021) 2305146.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button