Indonesia Raih Penghargaan Swasembada Beras, Perpadi: Semangat Hadapi Tantangan Pangan - WisataHits
Jawa Barat

Indonesia Raih Penghargaan Swasembada Beras, Perpadi: Semangat Hadapi Tantangan Pangan

Wartawan Tribunnews Willy Widianto

TRIBUN-VIDEO.COM – Perhimpunan Pengusaha Penggilingan Padi dan Padi (Perpadi) menilai penghargaan yang diberikan oleh International Rice Research Institute (IRRI) ini dapat dijadikan sebagai penyemangat bagi pertanian Indonesia untuk menghadapi tantangan gizi global.

“Kita patut bersyukur IRRI telah memantapkan kemampuan Indonesia untuk melakukan penelitian di sawah dan sekaligus aplikasinya di lapangan,” kata Ketua Perpadi Sutarto Alimoeso dalam keterangannya, Senin (15/8/2022). .

Menurutnya, penghargaan tersebut dapat dijadikan sebagai pendorong bagi pemerintah dan dunia pertanian Indonesia untuk selalu berinovasi agar mampu menjawab tantangan gizi global dalam jangka panjang.

“Penghargaan (dari IRRI) juga menjadi katalis untuk mengantisipasi tantangan gizi global di masa depan yang penuh dengan ketidakpastian,” kata Sutarto.

Menurut Sutarto, ada beberapa terobosan yang perlu segera dilakukan pemerintah agar pertanian Indonesia semakin kuat dalam skala nasional dan global.

Yakni, meningkatkan produktivitas pangan, mempromosikan pangan dari pangan produksi lokal atau mendiversifikasi pangan sehat dan menetapkan harga yang wajar untuk produk pangan.

Baca: Dinas Pertanian Papua Umumkan Ketersediaan Beras Berlebihan, Masyarakat Diminta Tidak Khawatir

Baca: Kuntum Farmfield Bogor Bisa Jadi Pilihan Wisata Karena Menampilkan Wisata Pertanian hingga Peternakan

“Tantangan lainnya adalah meningkatkan ketersediaan pangan produksi dalam negeri. Tentunya harga produk pangan tidak boleh murah, tetapi harus terjangkau agar petani sukses,” ujarnya.

Secara terpisah, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan produksi beras dalam negeri akan meningkat signifikan hingga mencapai swasembada beras. Dapat dilihat bahwa dalam tiga tahun terakhir tidak ada beras medium atau beras umum yang diimpor.

“Melalui pemanfaatan teknologi inovatif di berbagai bidang pertanian, Indonesia bahkan telah berhasil membangun bendungan pembangkit listrik tenaga air dan sistem irigasi, menetapkan standar keberadaan pertanian yang kuat,” kata Syahrul kemarin.

IRRI memberikan penghargaan kepada pemerintah Indonesia atas keberhasilannya mencapai swasembada beras dan meningkatkan ketahanan pangan nasional. Penghargaan diserahkan langsung Dirjen IRRI Jean Balie kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Minggu (14/822).

Artikel ini telah diposting di Tribunnews.com berjudul RI Terima Penghargaan Swasembada Beras, Perpadi: Menjadi Lebih Ringan Hadapi Ancaman Krisis Pangan Global

# Indonesia # Penghargaan # Padi # Pertanian
Penerbit: Dimas Hayyu Asa
Produksi Video: Yudi IrwansyahSumber: Tribunnews.com

Source: video.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button