“Hutan Mangrove” Surabaya menjadi “Kebun Raya Mangrove”. - WisataHits
Jawa Timur

“Hutan Mangrove” Surabaya menjadi “Kebun Raya Mangrove”.

“Hutan Mangrove” Surabaya menjadi “Kebun Raya Mangrove”.

PELOPOR.Net – Surabaya – Wisata Mangrove Gunung Anyar. Tempat wisata ini terletak di Jalan Medokan Sawah Timur Segoro Tambak Sedati, Medokan Ayu, Kec. Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur. Luas hutan di Kawasan Wisata Mangrove Surabaya ini mencapai 25 hektar.

Hutan mangrove dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya pada tahun 2015. Awalnya, hutan mangrove ini dikelola sebagai cagar alam hanya untuk ditanami, namun seiring berjalannya waktu, kawasan hutan mangrove ini berkembang menjadi tujuan wisata alternatif bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya.

Kawasan wisata tersebut juga berfungsi sebagai sarana edukasi untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang fungsi dan manfaat mangrove, selain itu hutan mangrove juga bermanfaat sebagai catchment area yang tentunya berdampak positif bagi kota Surabaya, serta kesadaran akan pentingnya fungsi lingkungan untuk terciptanya kehidupan.

Dan saat itu, hutan mangrove tersebut dikelola lebih lanjut oleh Wali Kota Surabaya Ery Cahyadi dengan memperbarui konsep menjadi “Kebun Raya Mangrove” dengan tujuan kedepannya menjadi ikon kota Surabaya.

Tempat wisata “Kebun Raya Mangrove” merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang dari dulu sampai sekarang tidak dipungut biaya apapun atau digratiskan bagi pengunjung. Ada biaya parkir hanya untuk pengunjung yang membawa kendaraan, atau pengunjung yang ingin menjelajahi kawasan mangrove dengan perahu juga akan dikenakan biaya.

Dari hasil pencarian kru Pioneer Media. Sabtu, 21 Januari 2023, sejak periode “Kebun Raya Mangrove” berjalan hingga saat ini, selain kunjungan warga Surabaya dan sekitarnya, juga sudah bertemu dengan wisatawan asal Flores Manggarai yang semuanya menyatakan puas. dengan Mangrove Kebun Raya adalah kunjungan wisata, karena keindahan lokasinya.

Misalnya saja Lewa dan Geby, pengunjung asal Surabaya (di foto), saat kunjungan wisata daerah pertama kali ke tempat ini, mereka merasakan suasana nyaman, tenang dan gembira.

Juga pengunjung dari Flores Manggarai, yaitu Josep, Yanti Maria, Afni dan Faya Jelmi (di foto), mereka juga suka mengunjungi tempat itu, berkomentar bahwa mereka akan merindukan Surabaya dengan hutan bakaunya.

(Agwa N.)

78 pembaca, 78 hari ini

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button