18 Tempat Wisata Alam di Probolinggo yang Populer dan Instagramable - WisataHits
Jawa Timur

18 Tempat Wisata Alam di Probolinggo yang Populer dan Instagramable

TEMPO.CO, jakarta – Kawasan Probolinggo yang terletak di kawasan Tapal Kuda Jawa Timur memiliki eksotisme alam yang memukau. Tak kalah dengan daerah lain, kawasan Probolinggo juga memiliki pesona wisata alam mulai dari pantai, air terjun, danau hingga pegunungan. Apa saja tempat wisata alam di Probolinggo yang wajib dikunjungi saat liburan? Yuk, simak rekomendasinya.

Tempat Wisata di Probolinggo

Bagi Anda yang sedang berwisata ke Bali melalui jalur darat (Pantura) untuk berlibur, cobalah mampir ke Probolinggo sejenak. Ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Probolinggo terbaru tahun 2022 yang bisa menjadi alternatif pilihan.

1. Gunung Bromo

Nama Gunung Bromo pasti sudah tidak asing lagi bagi penikmat rekreasi dataran tinggi. Gunung Bromo merupakan gunung yang dikeramatkan oleh masyarakat adat suku Tengger yang mayoritas beragama Hindu. Berbagai jenis acara spiritual sering diadakan setiap tahun, misalnya upacara Kasada.

Gunung ini termasuk dalam wilayah administrasi empat kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Sehingga pengunjung dari bagian kota tersebut dapat memilih salah satu jalur pendakian. Karena tergolong taman nasional, pengunjung diharapkan untuk selalu melestarikan Gunung Bromo. Gunung Bromo buka setiap hari dan biaya masuk mulai dari Rp 34.000.

2. Air Terjun Madakaripura

Tempat wisata alam di Probolinggo selanjutnya adalah Air Terjun Madakaripura. Merupakan salah satu air terjun tertinggi di pulau Jawa dan konon merupakan tempat pertapaan Patih Gajahmada. Aliran deras Air Terjun Madakaripura mengalir melalui tebing setinggi 200 meter. Air terjun ini seolah membelah hutan yang dipenuhi pepohonan di sekitarnya. Air Terjun Madakaripura terletak di Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang. Harga tiket masuknya sekitar 5.000 rupiah.

Air Terjun Madakaripura. wikipedia.org

3. Taman Hutan Madakaripura

Wisata Probolinggo yang ketiga adalah Taman Hutan Raya Madakaripura. Tempat lain dengan air terjun Madakaripura atau sekitar satu kilometer jauhnya. Kawasan berhutan ini berubah menjadi objek wisata populer yang sayang untuk dilewatkan. Cukup membayar tiket seharga Rp 5.000, pengunjung bisa berfoto di sun platform, view point dan ayunan. Taman Hutan Raya Madakaripura tidak pernah tutup dari pukul 08:00 WIB hingga 20:00 WIB.

4. Taman Agung Mahoni

Taman Mahoni berbatasan langsung dengan Lumajang atau bisa ditempuh dengan jarak 12 kilometer. Tepatnya di Dusun Kuweni, Desa Tukul, Kec. Sumber. Tidak hanya tanaman mahoni yang berjejer di sini, ada juga kolam renang dan kolam ikan. Hanya dengan belanja Rp 10.000 untuk satu orang, pengunjung sudah bisa menggunakan semua fasilitas yang tersedia.

5. Mangrove BJBR

Bagi Anda yang bosan dengan wisata pantai Loka, ada kesempatan untuk menembus hutan mangrove di BJBR (Beejay Bakau Resort) Probolinggo. Berlokasi di Pelabuhan Perikanan Pesisir (PPP) Mayangan, BJBR selalu menjadi tempat berekspresi. BJBR buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB – 22:00 WIB dengan harga tiket mulai dari Rp 15.000 – Rp 30.000.

6. Danau Ronggojalu

Jika Anda ingin melihat danau jernih kebiruan yang tenang tanpa arus, Danau Ronggojalu adalah jawabannya. Salah satu rekomendasi wisata alam di Probolinggo yang terletak di Desa Tegalsiwalan Kecamatan Tiris ini merupakan tempat yang populer untuk berenang dan memancing. Suasana yang tenang sangat mendukung aktivitas menunggu ikan sampai di kail. Pengunjung dapat hadir kapan saja dari pukul 08:00 WIB – 20:00 WIB. Dan hanya perlu menyiapkan Rp 5.000 saja.

Danau Ronggojalu. disporarbud.probolinggokab.go.id

7. Danau Ranu Segaran

Pilihan tempat wisata di Probolinggo lainnya adalah Ranu Segaran. Danau ini lebih luas dibandingkan dengan Danau Ronggojalu. Keunikan danau ini mirip Ranu Kumbolo di Lumajang. Ranu Segaran dapat dikunjungi di Desa Segaran, Kec. Tiris yang selalu buka 24 jam dengan biaya pengembalian Rp 3.000.

8. Danau Ranu Agung

Air di danau ini berwarna hijau selaras dengan tumbuh-tumbuhan yang tersebar di sepanjang tebing. Pengunjung dengan kemampuan berenang yang baik dapat mencoba kesegaran perairan Danau Ranu Agung. Jika bosan dengan olahraga air, pengunjung bisa menyewa getek (perahu bambu) yang membawa Anda berkeliling danau. Buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB – 18:00 WIB, tiket Ranu Agung sangat terjangkau yaitu Rp 3.000.

9. Danau Ranu Merah

Betapa tak hentinya Kabupaten Probolinggo menawarkan begitu banyak wisata laut yang unik. Seperti namanya, danau ini memiliki air berwarna merah karena kadar alga yang tinggi. Danau Ranu Merah terbuka untuk umum, sehingga pengunjung tidak perlu membayar tiket atau gratis. Danau ini terletak di Dusun Paleran, Desa Andungsari, Kec. Bocor.

10. Bermi Ecopark

Bermi Eco Park adalah Pekerjaan tamasya yang relatif baru di Probolinggo. Dengan luas 5.000 meter persegi, taman ini dihiasi dengan bunga-bunga yang memberikan kesejukan. Pengunjung bisa naik sepeda bebek air atau mencoba wahana rubah terbang. Pengunjung hanya perlu mengubah biaya parkir dari Rp 5.000 (motor) atau Rp 10.000 (mobil). Taman ini terletak di Jalan Ayer Cold, Desa Bermi, Kec. Krucil.

11. Pantai Bentar

Rekomendasi tempat wisata alam di Probolinggo selanjutnya adalah Pantai Bentar yang terletak di desa Curahsawo, Kec. penentuan jenis kelamin. Pantai ini menawarkan pemandangan indah langit jingga khas matahari terbenam. Jika beruntung, pengunjung bisa menyapa langsung dengan hiu paus atau hiu macan tutul yang sedang bermigrasi. Anda juga bisa mencoba ikan asap yang dijual di sepanjang jalan menuju Pantai Bentar. Pantai ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB dengan tarif drop off Rp 3.000 – Rp 4.000.

Pantai Bentar. disporarbud.probolinggokab.go.id

12. Pantai Bohay (Harmoni Binor)

Air laut Jawa Utara identik berwarna hitam kecokelatan. Meskipun demikian, surga bawah laut Pantai Bohay menyimpan gugusan terumbu karang yang cocok untuk pecinta menyelam. Terletak di desa Binor, Kec. Paiton atau sekitar 200 meter dari PLTU Paiton, pantai ini sama sekali tidak kering seperti pantura lainnya. Pantai Bohay buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB hingga 23:00 WIB dengan harga tiket Rp 5.000 hingga Rp 10.000.

13. Kebun Teh Andung Biru

Probolinggo juga memiliki destinasi wisata kebun teh yaitu Kebun Teh Andung Biru. Selain itu, tempat rekreasi alam terletak di Desa Andung Biru, Kec. Tiris juga tepat di seberang perbukitan. Suasana pedesaan yang kental akan terasa dan mengingatkan pengunjung akan momen masa kecil. Perkebunan Teh Andung Biru buka mulai pukul 07:00 WIB hingga 18:00 WIB dengan biaya masuk sebesar Rp 5.000.

14. Agriturismo Sumberbendo

Jika Anda mencari wisata hiburan dan edukasi di Probolinggo, Anda bisa memilih Agrowisata Sumberbendo. Dikenal sebagai kota anggur, agrowisata ini memfasilitasi pengunjung yang ingin langsung memetik buah bulat khas Probolinggo ini. Terletak di Desa Sumberbendo, Kec. Sumberasih, agrowisata ini memiliki biaya yang sangat murah yakni Rp 3.000.

15. Air Terjun Kedung Amis

Rekomendasi ke-15 untuk wisata alam di Probolinggo adalah air terjun Kedung Amis. Air terjun ini termasuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Sukapura. Karena masih soal biasa, tidak ada biaya pengguna dan jam buka. Aliran air yang jatuh begitu lurus sehingga bisa menenangkan. Suara binatang menambah kesejukan Air Terjun Kedung Amis.

16. Bidadari tirai air terjun kuno

Tidak seperti air terjun pada umumnya, Air Terjun Purba Tirai Bidadari terdiri dari 16 tetes air yang jatuh seperti tirai. Stalaktit yang berjejer membuat air terjun ini eksotis seperti di negeri dongeng. Ada juga lorong berbentuk gua yang siap membawa pengunjung untuk memacu adrenalin. Air terjun ini terletak di Desa Curah Gadung, Kec. Bocor. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk parkir.

17. Arung Jeram di Sungai Pekalen

Ingin mencoba tur yang membuat jantung Anda berdebar saat basah kuyup? Ajak teman-teman kamu untuk arung jeram di Sungai Pekalen. Sungai ini mengalir dari Kabupaten Tiris, Gading dan Maron sejauh 25 kilometer. Arung Jeram Sungai Pekalen dibuka mulai pukul 08:00 WIB hingga 18:00 WIB dengan biaya Rp 250.000-300.000.

18. Gili Ketapang

Gili Ketapang. gilliketapangofficial.com

Rekomendasi terakhir untuk wisata alam di Probolinggo adalah Gili Ketapang. Gili Ketapang adalah sebuah pulau kecil di tengah Selat Madura dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Sumberasih. Ombak di pulau ini begitu tenang dan biru. Pasirnya juga bersih dan putih. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, cukup membayar penyeberangan dari Pelabuhan Mayangan. Ada juga toko persewaan peralatan menyelam dan snorkeling.

Ini dia rekomendasi wisata alam di Probolinggo, cocok dijadikan pilihan untuk liburan atau liburan sekolah. Anda hanya perlu mempersiapkan anggaran dari 3 ribu rupiah. Wisata petik buah hingga arung jeram juga tersedia. Selamat berlibur.

MELYNDA DWI PUSPITA

Baca Juga: Sepuluh Tempat Wisata Di Malang dan Kota Batu Yang Paling Seru

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button