Jejak Raja Kasunanan Surakarta di Bukit Cilenguk, Boyolali - WisataHits
Yogyakarta

Jejak Raja Kasunanan Surakarta di Bukit Cilenguk, Boyolali

TEMPO.CO, jakarta – Bukit Cilenguk yang terletak di Dusun Tritis, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah merupakan salah satu tempat wisata di Boyolali yang layak untuk dikunjungi. Bukit ini tidak hanya memiliki panorama alam yang indah, tetapi juga menyembunyikan fakta menarik.

Tempat ini pernah menjadi persinggahan Raja Kasunanan Surakarta Sri Susuhunan Pakubuwono X yang memerintah dari tahun 1893 sampai 1939 ketika mengunjungi Gunung Merapi. Untuk itu ada bangunan berdinding kokoh berukuran sekitar 2,5 meter persegi, yang menampung Raja Kasunanan Surakarta, Sri Susuhunan Pakubuwono X.

Di dalam bangunan Petilasan terdapat batu nisan dan beberapa barang milik Pakubuwono X, seperti kain jarik atau kain celup. Warga sekitar yang mengelola tempat ini juga menghimbau kepada pengunjung untuk menjaga sopan santun dan tata krama, memarkir kendaraannya di tempat yang telah ditentukan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Di sebelah Petilasan ada pohon rindang besar yang menghadap ke gunung berapi. Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik Bukit Cilenguk.

Jika Anda ingin berfoto selfie, ada baiknya mengambil beberapa foto yang menghadap ke gunung berapi. Lokasinya yang sejuk dan dingin khas pegunungan membuat tempat ini untuk mematikan diri dari hiruk pikuk kota.

Mengunjungi Bukit Cilenguk tidak dipungut biaya alias gratis. Aksesnya juga cukup mudah. Tinggal dari Simpang PB VI Selo atau di depan pasar Selo, ikuti saja Jalan Magelang-Boyolali menuju Magelang sekitar 2 kilometer.

NABILA RAMADHANTY PUTRI DARMADI

Baca juga: 5 rekomendasi tempat glamping versi Pegipegis, pilih bukit atau pantai

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button