Menara Eiffel di Rawa pusing ambruk diterpa badai - WisataHits
Jawa Tengah

Menara Eiffel di Rawa pusing ambruk diterpa badai

KOMPAS.com – Menara Eiffel runtuh di Danau Rawa pusing. Peristiwa yang menimpa gedung ikonik di Kecamatan Tuntang, Semarang, Jawa Tengah itu awalnya terlihat dari video yang dibagikan di media sosial Instagram.

Menurut informasi dari Kompas.com, kejadian ini terjadi akibat hujan badai yang juga merusak beberapa rumah warga Desa Tuntang.

“Dua hari yang lalu saya mendengar kabar bahwa badai melanda bersama dengan rumah-rumah penduduk. Semua paviliun ambruk dan juga miniatur menara roboh karena diterjang badai,” kata Didik Setiawan, moderator Desa Wisata Tuntang, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (15/9/2022).

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Radesa Wisata Tuntang

Tutup sejak Mei 2022 karena pandemi

Didik menjelaskan, desa ini sebenarnya belum difungsikan sebagai desa wisata sejak 6 Mei karena alasan keamanan setelah dua tahun pandemi Covid-19.

“Setelah pandemi, kami mencoba membukanya setelah direhabilitasi (diperbaiki), tetapi karena khawatir kami memutuskan untuk menutupnya,” katanya.

Baca Juga: 6 Restoran Di Sekitar Rawa Pening Semarang, Harga Mulai Dari Rp 3.000

Sebelum pandemi, rencananya akan merehabilitasi total objek wisata di sekitar Rawa Pening menggunakan kayu yang lebih kuat dari bambu yang digunakan saat ini.

Pasalnya, antusiasme para pengunjung cukup besar.

Namun sebelum renovasi total dilakukan, pandemi sempat melanda.

“Sebenarnya saya hanya ingin berbicara tentang renovasi total menggunakan kayu solid karena awalnya hanya replika untuk mengetahui apakah akan menarik pengunjung atau tidak, ternyata luar biasa antusias tetapi betapa sulitnya pandemi untuk dikalahkan.’ Didik.

Pembukaan kembali desa dan objek wisata baru akan dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari berbagai pemangku kepentingan, seperti perusahaan CSR, ahli bambu, Bumdes hingga relawan lokal.

Menara Eiffel dengan latar belakang Rawa Pusing yang indah

Replika Menara Eiffel di Rawa Pening rusak diterjang angin puting beliungKOMPAS.com/Dian Ade Permana Replika Menara Eiffel di Rawa Pening rusak diterjang angin puting beliung

Tempat wisata ini sudah banyak dikunjungi orang sebelumnya.

Dikutip dari Kompas.com (8/8/2020), Menara Eiffel bambu setinggi sekitar 38 meter, dengan lebar 12,5 meter, menyerupai landmark asli di Paris, Prancis.

Pengunjung yang datang bisa berfoto disana dengan latar belakang keindahan Rawa Pening dan deretan pegunungan di luarnya.

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi

Lagi pula, ada dua gunung di belakang menara, yaitu Gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu.

Selain berfoto, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan lain seperti B. Mengendarai bebek raksasa dan berlayar di sekitar Rawa Pening dengan perahu.

Sayangnya, setelah menara runtuh, keindahan ini tak lagi bisa dinikmati.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button