Hasil Sidang Paripurna IC Central Jadikan Kampar Tuan Rumah HKIN 2023 - WisataHits
Jawa Barat

Hasil Sidang Paripurna IC Central Jadikan Kampar Tuan Rumah HKIN 2023

Hasil Sidang Paripurna IC Central Jadikan Kampar Tuan Rumah HKIN 2023

JAKARTA – Usai rapat paripurna di Bogor pada Kamis malam, Komisi Informasi (KI) Pusat menunjuk Kampar sebagai tuan rumah HKIN tahun 2023.

Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN), Pemerintah Kabupaten Kampar bersama Komisi Informasi (KI) Riau mengadakan rapat koordinasi dengan IC pusat yang dilaksanakan di ruang rapat kantor KIP di lantai 9 Wisma BSG berlangsung pada Jumat (27/1/2023) di Jakarta.

Hari Keterbukaan Informasi Nasional diperingati setiap tanggal 30 April. Tujuannya untuk memperingati lahirnya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP), yang disahkan pada 30 April 2008.

Rapat koordinasi dipimpin oleh Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yoesgiantoro, Samrotunnajah Ismail, Komisioner ASE, Handoko Agung Saputro, Komisioner Kelembagaan, dan Nunik Purwanti Plt. Sekretaris KIP.

Plt Bupati Kampar Dr. H. Kamsol MM yang diwakili oleh Suhermi menegaskan Kabupaten Kampar, Riau, telah menyatakan siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional 2023 yang akan dilaksanakan April mendatang.

Suhermi mengatakan, seluruh bupati kota di Provinsi Riau sangat merindukan Kabupaten Kampar menjadi tuan rumah Provinsi Riau. Dan pada tahun 2023, Kampar akan mendapatkan kepercayaan dari AI pusat untuk mensukseskan HKIN ini.

Rangkaian kegiatan yang akan disponsori sehubungan dengan HKIN 2023, seperti promosi Kabupaten Kampar.

“Salah satunya pariwisata di Kabupaten Kampar. Kami akan mengunjungi objek wisata di Kecamatan XIII Koto Kampar dan juga mengunjungi Desa Pulau Gadang yang dinobatkan sebagai desa terbaik di Provinsi Riau Tahun 2022 untuk melaksanakan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Obyek Wisata Kampar,” ujarnya.

Festival dan peringatan Hari KIN dikaitkan dengan enam kegiatan menurut Idul Fitri dan Hari Raya.

Ketua KIP Donny Yoesgiantoro mengucapkan selamat atas terpilihnya Kabupaten Kampar menjadi tuan rumah Hari Informasi Terbuka Nasional (HKIN),

“Kami berharap pelaksanaan KIN Day di Kampar tahun 2023 ini berhasil dan mencapai hasil yang maksimal,” ujarnya.

Ketua KI Riau Zufra Irwan mengatakan bersama Bupati Kampar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kampar akan segera menyelesaikan kegiatan terkait HKIN 2023.

Sementara itu, Yuricho Efril, Ketua Kominfo, mengatakan Kampar terpilih menjadi tuan rumah HKIN 2023 setelah rapat di Jakarta dan rapat paripurna di Bogor.

“Selepas rapat paripurna AI pusat yang ditunjuk Kampar sebagai tuan rumah peringatan Hari Keterbukaan Informasi Nasional (HKIN), pihaknya akan segera mengkoordinasikan kesiapan dan persiapan di Kabupaten Kampar sendiri,” ujar Yuricho Efril.

“Kami dan pihak terkait akan segera menyimpulkan pertemuan berikutnya untuk membantu Kabupaten Kampar mempersiapkan kegiatan ini di tingkat nasional.”

Kita berharap UU KIP dapat menjadi motor penggerak transparansi dan akuntabilitas seluruh entitas publik dengan membangun good governance dan kepemimpinan badan publik, percepatan pemberantasan KKN, percepatan demokratisasi, penyelenggaraan persaingan usaha yang sehat dan perlindungan hak-hak rakyat atas pelayanan publik yang optimal. . ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button