Harus selalu ramah kepada setiap wisatawan • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Harus selalu ramah kepada setiap wisatawan • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Bregada Jaga Malioboro yang digagas Dinas Pariwisata DIY terus menggaet wisatawan. Mereka menjaga wilayah Malioboro. Tugas yang berbeda dilakukan. Diantaranya, wisatawan memberikan informasi tentang pariwisata Yogyakarta. Kelompok ini juga sering memperingatkan pengunjung tentang Malioboro sebagai kawasan bebas rokok.

Selama pandemi Covid-19, mereka bertugas mengingatkan wisatawan untuk mengikuti protokol kesehatan. Antara lain, persyaratan masker berlaku di Malioboro.

Wagina, anggota Brigade Malioboro, menjelaskan bahwa dia dan beberapa rekannya bekerja di akhir pekan. Sabtu dan Minggu. Mulai jam 4 sore sampai jam 9 malam. “Akhirnya rumit, banyak pengunjung di Malioboro. Tugas kami mengedukasi wisatawan dan memberikan informasi yang dibutuhkan wisatawan,” ujarnya saat ditemui dengan nada ramah kemarin (9/11).

Keramahan menjadi faktor penting untuk menjadi anggota Brigade Garda Malioboro. Karena mereka berhubungan langsung dengan wisatawan. Anda harus ramah dan ceria. “Kami adalah wajah Jogja. harus ramah, deskriptif dan membantu memberikan informasi yang dibutuhkan pengunjung Malioboro,” ujarnya.

Wagina membagikan pengalaman unik saat bertugas. Ia sering diundang untuk mengambil foto turis. Saat itu, seorang turis asing memintanya untuk mengambil foto. “Kemudian saya ditanya tentang tempat wisata dalam bahasa Inggris. Jawabannya hanya ya tidak ya tidak,” katanya sambil tertawa.

Pengalaman serupa dialami Yuli. Rekan Wagina ini diajak ngobrol dengan turis asing. Meski tidak menguasai bahasa asing, wisatawan cukup puas dengan informasi mengenai lokasi Tourist Information Center (TIC). “Dulu saya tidak tahu bahasa Inggris, tapi sekarang saya lupa,” canda Yuli.

Bregada Jaga Malibori berasal dari beberapa desa di sekitar Malioboro. Yakni Bregada Saekakapti dan Wirososro dari Desa Sosromenduran, Gedongtengen. Bregada Reksowingo dari Kelurahan Ngampilan, Ngampilan, dan Bregada Suryatmaja dari Kelurahan Suryatmajan, Danurejan. Jumlahnya ada 23 orang.

Tugas Anda tersebar di beberapa titik penting di kawasan Malioboro. Yaitu di Teras Malioboro 1, Teras Malioboro 2, depan Grand Inna Malioboro, depan Malioboro Mall, depan gerbang barat Kepatihan, Ketandan, km simpul Museum Sonobudoyo.

Seorang turis asal Jepara bernama Uswah, 22 tahun, mengaku senang berfoto bersama Brigade Garda Malioboro. Ia mengaku sudah dua tahun tidak berkunjung ke Jogja karena pandemi. “Saya senang bisa berfoto dengan Bregada Jaga Malioboro. Jogja memang unik, apapun itu,” ujarnya. (lan/kus)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button