Khofifah mengatakan Trenggalek akan diuntungkan dari pengembangan Bandara Kediri dan jalan tol - WisataHits
Jawa Timur

Khofifah mengatakan Trenggalek akan diuntungkan dari pengembangan Bandara Kediri dan jalan tol

Khofifah mengatakan Trenggalek akan diuntungkan dari pengembangan Bandara Kediri dan jalan tol

Trengalek

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa optimistis pembangunan proyek strategis nasional Bandara Kediri dan Tol Kediri-Tulungagung akan berdampak positif bagi Trenggalek, khususnya sektor pariwisata. Pemerintah daerah diharapkan segera menyusun strategi khusus.

“Bandara di Kediri sudah siap, kemudian konektivitasnya tidak hanya nasional tapi internasional, tentunya kebutuhan bisa mencari tempat wisata yang strategis menjadi kebutuhan baru,” kata Khofifah saat berkunjung ke pantai selatan Trenggalek, Senin (23/1). /2023).

Hingga kini, proyek bandara tersebut masih berjalan dan diharapkan selesai akhir tahun ini. Selain melalui bandara, koneksi ke Trenggalek juga akan semakin mudah dan cepat dengan adanya proyek jalan tol Kediri-Tulungagung.

Terkait jalan tol, pihaknya telah mengeluarkan pernyataan sikap agar pemrakarsa selaku investor dapat segera mengambil langkah lebih lanjut. Ketika dua proyek strategis nasional itu selesai, potensi pariwisata Trenggalek juga akan terangkat.

“Destinasi wisata yang menjadi kekuatan Trenggalek insya Allah akan menjadi bagian strategis dari pengembangan kawasan wisata dan ekosistem di Kabupaten Trenggalek,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Watulimo, Trenggalek, Gubernur Khofifah sempat meninjau proyek pembangunan Jalur Pantai Selatan (Pansela) yang menghubungkan pantai selatan Trenggalek dengan Tulungagung. Proyek ini dijadwalkan selesai pada pertengahan 2023.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan jalur Pansela akan berperan penting dalam konektivitas Selatan-Selatan. Proyek nasional ini tentunya akan memudahkan akses wisatawan karena Pusat Pariwisata Trenggalek di Kabupaten Watulimo dapat dijangkau langsung dari Tulungagung bagian selatan.

“Selain itu, dibangunnya Pansela juga membuka peluang munculnya destinasi wisata baru,” kata Mochamad Nur Arifin.

Pihaknya mengaku sedang menyusun strategi untuk memaksimalkan potensi pariwisata dan ekonomi di wilayah selatan seiring dengan selesainya beberapa proyek infrastruktur nasional.

“Trenggalek Selatan memiliki banyak potensi, mulai dari pariwisata, perikanan, hingga pertanian. Potensi itu harus kita maksimalkan,” imbuhnya.

Simak video “Pertemuan Gubernur Anies dan Gubernur Khofifah di Ngawi”.
[Gambas:Video 20detik]
(abq/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button