30 tempat wisata di jawa yang wajib dikunjungi - WisataHits
Jawa Timur

30 tempat wisata di jawa yang wajib dikunjungi

30 tempat wisata di jawa yang wajib dikunjungi

Ilustrasi tempat wisata di pulau jawa. Foto: Unplash/Joris Beugels Pulau Jawa memiliki banyak tempat wisata yang berbeda. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke Pulau Jawa, Window of the World telah merekomendasikan tiga puluh tempat wisata mempesona di Pulau Jawa dalam ulasan artikel kali ini.

Tanpa berlama-lama dan membangkitkan rasa penasaran, pada artikel ikhtisar berikut ini langsung saja kita lihat beberapa tempat wisata yang ada di Pulau Jawa.

30 tempat wisata di jawa yang wajib dikunjungi

Ilustrasi tempat wisata di pulau jawa. Foto: Unplash/dulz muhammad Berikut adalah daftar tempat wisata di Jawa yang wajib Anda kunjungi saat berlibur untuk menambah pengalaman berlibur yang menyenangkan.

Kawah Putih Bandung merupakan salah satu tempat wisata terkenal yang wajib dikunjungi di Bandung. Disebut Kawah Putih karena memiliki warna putih kebiruan yang sangat indah.

Namun untuk mengunjungi tempat wisata ini anda harus menggunakan masker karena mengandung belerang yang sangat kuat.

Lokasi: Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

2. Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Anda semua pasti sudah familiar dengan wisata ini. Dikutip dari situs resmi Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Taman Nasional Ujung Kulon merupakan kawasan taman nasional di ujung paling barat pulau Jawa.

Pada tanggal 1 Februari 1992, Komisi Warisan Dunia UNESCO menetapkan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Situs Warisan Alam Dunia.

Lokasi: Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten.

Kebun Raya Bogor atau Kebun Raya Bogor merupakan tempat tujuan wisata yang sangat terkenal. Kebun Raya Bogor memiliki berbagai macam jenis tumbuhan sehingga tempat wisata ini memiliki udara yang sejuk dan segar.

Lokasi: Jl. orang Irlandia H. Juanda No. 13, Kota Bogor, Jawa Barat.

4. Bukit Panembongan, Kuningan

Bukit Panembongan merupakan salah satu tempat wisata di Kuningan yang paling populer. Dari puncak Bukit Panembongan, Anda bisa mengambil banyak foto dengan gaya terindah Anda dengan latar belakang hijau.

Lokasi: Tembong, Kec. Garawangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

5. Taman Bunga Nusantara, Cianjur

Taman Bunga Nusantara merupakan sebuah taman bunga dengan luas tanah sekitar 35 hektar. Taman bunga Nusantara ini terletak di dekat kebun teh Gunung Gede Pangrango dan Bogor.

Lokasi: Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawangluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

6. Air Terjun Cikaso, Sukabumi

Jawa Barat memiliki cukup banyak air terjun alami, salah satunya Curug Cikaso yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Di Curug Cikaso, terdapat tiga air terjun yang berjejer memperlihatkan pesona keindahannya.

Lokasi: Desa Ciniti, Cibitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

7. Gunung Tangkuban Perahu, Bandung

Menurut buku berjudul Legenda rakyat nusantara, Kakak Tami Widiasari (2010:58) Tangkuban Perahu artinya perahu terbalik. Disebut demikian karena bentuknya yang menyerupai perahu terbalik.

Konon menurut cerita rakyat Parahyangan, gunung tersebut sebenarnya adalah perahu yang terbalik.

Lokasi: Cikahuripan, Kec. Lembang, Cab.Bandung Barat.

8. Monumen Nasional, Jakarta

Monas atau Monumen Nasional Jakarta memiliki ketinggian sekitar 32 meter berdiri kokoh dan megah. Di sini Anda tidak hanya bisa menikmati keindahan yang megah, tetapi juga mengenal dan belajar tentang sejarah.

Lokasi: Gambir, Kec. Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

9. Pantai Pangandaran, Jawa Barat

Dikutip dari situs resmi Kota Pangandaran, pantai yang menjadi ikon wisata Pangandaran ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Daya tarik utama Pantai Pangandaran adalah Pantai Barat, Pantai Timur dan Desa Wisata.

Lokasi: Pangandaran, Jawa Barat.

Mengutip dari situs Pulau Seribu.co.id, Kepulauan Seribu merupakan salah satu kabupaten administratif di utara kota Jakarta. Meski sebenarnya jumlah pulaunya kurang dari seribu, namun kawasan ini memiliki sejumlah pulau indah dengan pesona tersendiri.

11. Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Saat berkunjung ke Sukabumi, jangan lupa mampir ke Pantai Ujung Genteng.

Pantai dengan pasir putih dan air laut biru jernih ini memiliki ombak yang cukup besar. Jadi pengunjung diharapkan selalu berhati-hati.

Lokasi: Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

12. Green Canyon, Pangandaran

Bagi Anda pecinta wisata alam, mengunjungi Green Canyon memang wajib.

Sebelum bisa menikmati keindahan Green Canyon, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Namun, jika Anda tiba lelah, Anda akan terbayar dengan keindahannya.

Lokasi: Jalan Raya Cijulang Dusun. Karangpaci, RT.02/RW.10, Kertayasa, Kec. Cijulang, Cab.Pandaran, Jawa Barat.

13. Pulau Biawak, Indramayu

Menurut buku berjudul Indonesia Indah: Wisata Laut, Herni Rahayu (2020:16), Pulau Biawak terletak sekitar 40 km dari pantai utara Indramayu. Pulau ini memiliki air yang jernih dan pasir putih seperti kebanyakan pantai di selatan.

Laut jernih di Pulau Biawak dihuni oleh ratusan spesies biota laut dengan bentuk dan warna yang indah.

Lokasi: Lemah Abang, Kec. Eretan, Cab.Indramayu.

14. Candi Borobudur, Magelang

Siapa sih yang tidak tahu destinasi wisata yang satu ini? Wisata terkenal ke seluruh dunia ini memang wajib dilakukan saat liburan.

Lokasi: Jl. Badrawati, Kw.Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pantai Anyer merupakan salah satu pantai yang sering dikunjungi masyarakat Jakarta saat liburan tiba. Semilir angin pantai dan deburan ombak yang memberikan rasa tenang, pantai ini nyatanya menjadi obat mujarab untuk menghilangkan segala penat.

Lokasi: Jl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, kota Serang.

Bukit Sikunir Dieng merupakan bukit fenomenal di kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian sekitar 2.263 mdpl.

Lokasi: Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

17. Jalan Malioboro, Jogja

Jalan Malioboro adalah salah satu tempat terindah estetika. Anda bisa menemukan berbagai macam oleh-oleh di jalan ini, cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh.

Lokasi: Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Kota Yogyakarta.

Mengutip dari situs dpad.jogjaprov.go.idPada dasarnya kawasan Kota Lama Semarang atau yang sering disebut dengan Outstadt atau Little Netherland ini mencakup kawasan mana saja yang bangunan-bangunannya sudah dibangun sejak zaman Belanda.

Namun seiring berjalannya waktu, istilah “kota tua” terfokus pada wilayah dari Sungai Mberok hingga wilayah Terboyo.

Lokasi: Jl. Letjen Suprapto No. 31, Tanjung Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang.

19. Candi Prambanan, Jogja

Tidak hanya Candi Borobudur yang terkenal di mancanegara. Anda juga harus mengunjungi Candi Prambanan ketika berada di Jawa. Candi Prambanan sendiri merupakan peninggalan dari zaman Hindu yang erat kaitannya dengan sejarah Roro Jonggrang.

Lokasi: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dinamakan Telaga Warna karena pengunjung dapat menikmati dan melihat berbagai warna telaga di tempat wisata ini. Berlibur ke sini adalah pilihan tepat untuk mengusir penat.

Lokasi: Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

21. Gunung Merbabu, Boyolali

Bagi Anda yang menyukai petualangan, mengunjungi Gunung Merbabu bisa menjadi pilihan Anda. Selain itu medan jalannya juga cukup mudah sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Lokasi: Suroteleng, Selo, Cab.Boyolali.

22. Grojokan Sewu, Karanganyar

Grojokan Sewu adalah sebuah air terjun di Jawa Tengah dan memiliki ketinggian sekitar 81 meter. Terletak di lereng Gunung Lawu.

Lokasi: Kecamatan Tawangmangu, Kegubernuran Karanganyar, Jawa Tengah.

Menurut buku berjudul Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Ekologi & Edukasi, Izza Mafruhah dkk, (2021:76), Pulau Karimun Jawa merupakan wisata bahari di Jawa Tengah dan salah satu Destinasi Wisata Minat Khusus.

Pulau Karimunjawa termasuk objek wisata yang istimewa karena wisatawan mancanegara maupun lokal yang berkunjung memiliki hobi atau kepuasan tersendiri berupa snorkeling, diving atau berjemur di pantai yang membutuhkan perjalanan panjang.

Lokasi: Kec. Karimunjawa, Kab.Jepara.

24. Pantai Menganti, Kebumen

Apakah Anda akan berlibur ke Kebumen? Anda bisa mengunjungi Pantai Menganti untuk menghilangkan segala penat.

Pantai Menganti memiliki panorama yang sangat indah dan menawan membuat pengunjung terkagum-kagum dengan keindahan yang ditawarkan.

Lokasi: Karangduwur, Kec. Ayah, Cab.Kebumen.

25. Telaga Sarangan, Magetan

Telaga Sarangan juga wajib masuk dalam daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi di Pulau Jawa. Deretan perbukitan hijau dengan air berwarna sangat jernih dan bersih memukau para pengunjung.

Lokasi: Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

26. Gunung Bromo, Lumajang

Jika Anda berlibur ke Jawa Timur, tidak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Gunung Bromo. Berkunjung ke Gunung Bromo akan lebih seru jika Anda bersama rombongan teman-teman Anda.

Lokasi: Lumajang, Jawa Timur

27. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional di Indonesia. Wisata yang sukses dan instagramable ini sering disebut Little Africa in Java. Karena ketika Anda berkunjung ke sini Anda pasti akan mengalami petualangan seru seperti di Afrika.

Lokasi: Kawasan Hutan/Taman, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur

Bagi Anda pecinta wisata alam di pegunungan, mendaki Gunung Ijen bisa menjadi pilihan Anda. Gunung Ijen berada di perbatasan antara Banyuwangi dan Bondowoso.

Untuk melihat sekilas fenomena api biru, Anda bisa mendaki Gunung Ijen pada malam hari.

29. Pulau Merah, Banyuwangi

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu pantai terindah di Banyuwangi. Dinamakan Pulau Merah karena terdapat bukit hijau kecil dengan tanah merah di pantai ini yang berada di dekat pantai.

Lokasi: Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Bagi Anda yang suka mendaki gunung, Gunung Kelud bisa menjadi pilihan Anda. Daya tarik Gunung Kelud adalah kubah lavanya. Perlu diketahui juga bahwa Gunung Kelud masih aktif hingga saat ini.

Lokasi: Mulyorejo, Sugihwaras, Kec. Ngancar, Kediri kota.

Itulah 30 Tempat Wisata di Pulau Jawa yang menawarkan keindahan yang mempesona. Sudahkah Anda mengunjungi tempat-tempat wisata?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button