Menyambut wisatawan mancanegara pada 2023, Pelindo Regional Jawa menyiapkan sektor pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Menyambut wisatawan mancanegara pada 2023, Pelindo Regional Jawa menyiapkan sektor pariwisata

Menyambut wisatawan mancanegara pada 2023, Pelindo Regional Jawa menyiapkan sektor pariwisata

SURABAYA, BERKASNEWS– PT Pelindo Sub Regional Jawa tengah melakukan berbagai persiapan menyambut kedatangan berbagai wisatawan mancanegara dengan kapal pesiar yang dijadwalkan sandar pada 2023.

General Manager Kalimas dan GSN Pelindo Sub Regional Jawa Dhany Rachmad Agustian mengatakan, saat ini diperkirakan sekitar 15 kapal pesiar akan berlabuh di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) di Pelabuhan Tanjung Perak pada 2023. Kapal pesiar yang akan tiba pertama kali adalah Seven Seas Explorer pada 15 Februari 2023, disusul MS Westerdam yang akan diberangkatkan pada 23 Februari 2023.

“Sekarang mereka datang bergantian dari Februari, April, Juni, November, dan Desember. Kemudian pada tahun 2024, untuk saat ini sudah ada 12 kapal pesiar yang telah memesan sandar untuk bersandar di Terminal Gapura Surya Nusantara (GSN) di Pelabuhan Tanjung Perak,” ujarnya.

Adapun persiapan kedatangan kapal pesiar ini, Pelindo melakukan berbagai persiapan, antara lain renovasi bangunan, peningkatan keutuhan fasilitas pelabuhan, perbaikan fisik dermaga, dan pengaturan arus kendaraan kargo keluar masuk pelabuhan. Selain itu, Pelindo Sub Regional Jawa juga akan menyediakan sarana dan prasarana bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk membuka gerai UMKM, yang nantinya akan ditempatkan di terminal penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN). Dengan demikian, wisatawan bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Surabaya dan Jawa Timur lainnya, seperti makanan atau jajanan khas Indonesia, aneka aksesoris, berbagai jenis tie-dye dan lainnya.

Kunjungan kapal pesiar ini diharapkan juga dapat meningkatkan pendapatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Dhany menambahkan, Pelindo Sub Regional Jawa telah bekerja sama dengan Pemkot Surabaya untuk menyediakan sarana hiburan seperti Reog Ponorogo, Jaranan, Tarian Daerah, Cak & Ning. Hiburan lainnya seperti live music, maskot Suro dan Boyo juga disediakan oleh Pelindo Sub Regional Jawa untuk memanjakan dan menyambut para wisatawan yang datang. Selain itu, Pelindo juga menggandeng perusahaan transportasi online seperti Agen Perjalanan Grab dan Cruise yang menawarkan berbagai armada wisata berupa bus yang siap mengantarkan wisatawan keliling kota Surabaya dengan berbagai destinasi wisata di Jawa Timur.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button