Webinar inspiratif tentang pemberdayaan perempuan di desa wisata - WisataHits
Yogyakarta

Webinar inspiratif tentang pemberdayaan perempuan di desa wisata

Webinar inspiratif tentang pemberdayaan perempuan di desa wisata

tanpa judul

Krjogja.com – JAKARTA – Memperingati Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) terus memberikan nilai tambah kepada masyarakat melalui berbagai program dan inisiatif. Perusahaan kembali menghadirkan pelatihan dan webinar inspiratif yang didedikasikan untuk Wanita Desa Wisata di berbagai daerah secara online. Tahun ini kembali diadakan webinar live demo masak virtual yang memperkenalkan kuliner khas Indonesia, khususnya makanan ringan, serta lomba foto memasak.

Executive Vice President Corporate Communication & Social Responsibility Hera F. Haryn membuka webinar yang merupakan bagian dari program CSR BCA. Di momen spesial ini, BCA menggandeng Bogasari Baking Center memperkenalkan Chef Haryanto untuk berbagi resep dan membuat cemilan yang bisa dibuat di rumah. Turut hadir dalam webinar ini SME Manager dan BBC Development PT. Indofood Sukses Makmur Bogasari Flour Mills Beatrix Patricia Soedibyo dan Pengurus Desa Wisata Binaan BCA, Desa Mitra BCA ADWI 2022 dan pemenang lomba Anugerah Desa Wisata BCA.

Ketangguhan perempuan di masa pandemi menunjukkan bahwa perempuan mampu berkreasi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, 64,5 persen dari seluruh UMKM dikelola oleh perempuan. Sementara itu, proporsi perempuan sebagai pekerja terampil akan mencapai 49,99 persen pada 2021, naik 2,53 persen dari tahun lalu. Angka yang besar ini menandakan bahwa perempuan memiliki kepentingan dalam menggerakkan roda perekonomian nasional.

“Kami melihat perempuan yang tergabung dalam pengelola desa wisata memiliki potensi yang dapat dikembangkan untuk memajukan usaha desa wisata. Dalam hal ini, salah satu peluang bisnis yang bisa direbut adalah bisnis kuliner. Kami hadirkan live demo memasak secara virtual untuk menginspirasi para pengelola desa wisata menggali potensi olahan makanan khas daerah agar bisa dipasarkan secara online. Dinamika ini bisa dijadikan ajang promosi UMKM dan promosi desa wisata lokal,” kata Hera.

Demonstrasi memasak menjadi daya tarik utama acara webinar ini karena memberikan inspirasi resep masakan yang dapat diterapkan oleh pengelola desa dan pemilik homestay di desa wisata. Tidak hanya bisa disajikan, persiapan ini juga bisa dijadikan sebagai peluang bisnis online yang saat ini banyak dilakukan oleh pengelola desa lainnya.

Kehadiran makanan khas dari desa wisata juga menjadi nilai tambah bagi wisatawan yang datang ke sini untuk mengenal budaya setempat. Selain itu, BCA juga mengadakan lomba foto memasak dengan harapan dapat mendorong dan memotivasi ibu-ibu di desa liburan untuk memanfaatkan media sosial secara maksimal.

Sebagai informasi: Program Solusi Bisnis Unggul merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) BCA untuk pembinaan UMKM, masyarakat dan desa-desa yang memiliki potensi wisata dan edukasi budaya. BCA mengembangkan 15 desa wisata terlayani yang tersebar di Sumatera, Jawa, dan Bali melalui program Bakti BCA. Di tahun 2022, Bakti BCA juga melakukan berbagai pelatihan dan pendampingan menyeluruh kepada sejumlah pengurus desa wisata binaan Bakti BCA di Indonesia.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan inspirasi kuliner bagi para pengelola desa liburan dan berdampak positif bagi bisnis hingga saat ini. Kami optimistis era pemulihan ekonomi yang kini semakin baik dapat menghidupkan kembali pariwisata Indonesia dan meningkatkan pendapatan desa,” kata Hera.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button