Festival Dewi Cemara dan PKD 2022 Dibuka - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

Festival Dewi Cemara dan PKD 2022 Dibuka – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur

Festival Dewi Api dan PKD 2022 Terbuka

Diunggah pada: 2 November 2022 21:16:58 4

Asisten I Bidang Kesra Setda Provinsi Jawa Timur Benny Sampirwanto saat menyampaikan sambutan Gubernur Jawa Timur membuka Festival Dewi Cemara dan Festival Budaya Daerah 2022 di Paviliun Pintar Tugu Trenggalek Rabu (11/2/2022)

Ruang Berita Jawa Timur – Asisten I Kesra Setda Provinsi Jawa Timur Benny Sampirwanto dibuka Rabu (2/11/2022).

Festival Dewi Cemara dan PKD Provinsi Jawa Timur 2022 diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Timur bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek.

Dengan motto “Memperkuat Warisan Takbenda Jawa Timur”, Festival Dewi Cemara dan PCD Provinsi Jawa Timur 2022 akan digelar selama dua hari pada Rabu (11/2/2022) dan Kamis (11/3/2022). Sementara itu, dalam Festival Dewi Cemara, Dewi Cemara sendiri mengatakan, yang merupakan akronim atau singkatan dari Mandiri Cerdas dan Desa Wisata Sejahtera.

Dalam kesempatan tersebut, Benny menyampaikan bahwa Jatim memiliki banyak potensi tempat wisata diantaranya wisata alam dan wisata budaya. Dimana wisata budaya? nyata berupa benda atau tidak penting yang bukan objek.

“Kalau bicara pariwisata, saya rasa kita sudah tahu bahwa Jawa Timur memiliki berbagai macam tempat wisata mulai dari wisata alam hingga wisata gunung, sungai, gua, dll hingga wisata budaya. Selain itu, kita memiliki wisata budaya, baik yang berwujud, yang berarti terjamah atau benda-benda, maupun yang tidak berwujud, yang masih asli atau yang belum terjamah,” jelasnya.

Selain itu, kata Benny, menurut data Disbudpar Jatim, kita memiliki 1.316 tempat wisata di Jatim. Terdiri dari 400 objek wisata alam, 354 wisata budaya, 513 wisata buatan, 596 desa wisata dan didukung oleh 7.899 perusahaan industri pariwisata dan 1.576 hotel atau homestay.

“Artinya jika pendekatan pentahelix diambil dari pemerintah, dunia usaha, pendidikan, dll, Jawa Timur akan tumbuh. Karena dengan undang-undang nomor 23 tahun 2022 program prioritas adalah garis lurus, jadi saya katakan gubernur saat ini adalah IKI, inisiatif, kolaborasi dan inovasi, jadi dengan semua potensi yang telah diuraikan, mari kita setuju dengan IKI, ”jelas Benny.

Menurutnya, salah satu kunci terwujudnya program desa wisata terpadu di Dewi Cemara adalah dengan mendukung budaya. “Jadi kita harus selalu meningkatkan budaya itu,” katanya.

Potensi tersebut, lanjut Benny, akan memberikan nilai tambah ekonomi yang sangat besar jika dimanfaatkan secara maksimal.

“Tahun lalu PDRB Jatim 2.454 triliun. Yang pertama adalah kekuatan industri karena kita sudah menjadi provinsi industri. 30,4 persen ditanggung oleh industri, khususnya industri makanan,” jelasnya.

Dia mengatakan di bawah sektor industri terletak perdagangan besar. Tahun ini, paruh kedua pariwisata menyumbang 5,62 persen, atau $1,327 triliun. “Pada kuartal II, kami menyumbang pariwisata 75,23 triliun. Jadi kontribusi para pelaku pariwisata ini luar biasa,” ujarnya.

Menyusul sambutannya, Benny selaku perwakilan Gubernur Jawa Timur membuka Festival Dewi Cemara dan PCD Provinsi Jawa Timur pada 2022.

Sebagai informasi: Staf Ahli Gubernur Joko Irianto turut hadir dalam acara ini. Anggota Komisi B DPRD Jawa Timur, Erma Susanti. Kepala Disbudpar Provinsi Jawa Timur, Sinarto. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Trenggalek, Edi Supriyanto, yang juga mewakili Kabupaten Trenggalek karena berhalangan. Forkopimda Kabupaten Trenggalek serta para Kepala Disbudpar dari seluruh Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. (vin/s)

#jatim #Disbudpar

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button