Karakteristik sejarah angkatan laut Amerika dan Dunia Baru - WisataHits
Yogyakarta

Karakteristik sejarah angkatan laut Amerika dan Dunia Baru

YOGYAKARTA – Amerika terbagi menjadi dua bagian yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kedua wilayah tersebut dipisahkan oleh sebuah kanal yang disebut Terusan Panama. Amerika terkenal dengan kota-kota yang sibuk, padat dan metropolitan, terutama di Amerika Tengah.

Banyak orang menjadikan Amerika sebagai tujuan mereka, baik itu untuk pariwisata, tempat tinggal atau pekerjaan. Amerika Serikat, salah satu wilayah benua, telah menjadi negara adidaya dengan kehidupan politik, ekonomi, dan teknologi yang maju.

Tidak hanya dalam modernisasi, Amerika juga memiliki tradisi dan budaya yang beragam dan berharga. Selain itu, benua ini juga memiliki 4 musim, berbeda dengan Indonesia yang hanya memiliki 2 musim.

Sejarah Penemuan Amerika

Berdasarkan sejarah umum, Amerika pertama kali ditemukan pada tahun 1492 oleh Christopher Columbus, seorang referensi Eropa. Padahal, sebelum Columbus menambatkan kapalnya di benua itu, sudah ada penilai lain yang sudah menginjakkan kakinya, yakni Amerigo Verspucci dari Italia.

Amerigo Vespucci, seorang pedagang dan kartografer, mengatakan dia menemukan dunia baru ketika dia mendarat di Amerika Selatan. Sebelum kematiannya, nama Amerigo kemudian dipilih sebagai nama benua Amerika.

wilayah Amerika

Luas wilayah Amerika mencapai 41.825.581 kilometer. Amerika terbagi menjadi dua wilayah yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kedua wilayah tersebut memiliki zona iklim yang berbeda.

Letak benua Amerika secara astronomis berada pada 35 Barat – 170 Barat dan 83 Lintang Utara – 55 Lintang Selatan, dilansir dari situs Kemdikbud.go.id. Amerika diapit oleh dua samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Arktik.

Sebanyak 35 negara bagian di Amerika telah diakui oleh PBB. Negara-negara ini dibagi menjadi empat negara berdasarkan lokasi geografisnya, mis. B. sub-kawasan Karibia, benua Amerika Selatan, sub-kawasan Amerika Utara dan sub-kawasan Amerika Tengah.

Ciri-ciri Amerika

Ciri-ciri Amerika dapat dilihat dari segi geografi, ekonomi, budaya, iklim, dll. Berikut ciri-ciri Amerika yang perlu Anda ketahui.

Fitur geografis

Jika Amerika tidak dibagi menjadi dua wilayah, itu akan menjadi benua terbesar kedua setelah Asia. Amerika Utara dan Amerika Selatan memiliki kondisi geografis yang berbeda. Amerika Utara memiliki iklim subarktik yang dominan dingin dan sedikit tropis di selatan.

Amerika Selatan kini memiliki dua zona iklim, yaitu tropis di utara dan subtropis atau dingin. Perbedaan iklim antara kedua wilayah juga membedakan flora dan fauna yang tumbuh di sana. Di Amerika Utara, misalnya, ada gurun dan rerumputan. Di wilayah yang tepat ada hutan hujan tropis dan Amazon.

Fitur ekonomi

Meskipun Amerika Serikat dikenal sebagai ekonomi yang sangat maju, masih banyak daerah di Amerika yang ekonominya belum berkembang. Kondisi ekonomi di berbagai negara sangat dipengaruhi oleh wilayah, bentang alam dan geopolitik.

Perekonomian Amerika dicirikan oleh perdagangan. Pasalnya, beberapa negara di benua ini tergabung dalam G20. Beberapa negara yang terdaftar sebagai anggota G20 adalah Amerika Serikat, Brasil, Meksiko, dan Jerman.

Selain itu, keuntungan ekonomi Amerika juga disebabkan oleh Amerika Serikat yang memiliki pengaruh yang cukup tinggi. Amerika juga memiliki sumber daya pertambangan. Daerah pertambangan minyak terletak di Amerika Serikat, Venezuela dan negara-negara Amerika Latin lainnya.

Karakteristik Sosial Budaya

Pendaratan pelaut Columbus di Amerika memicu migrasi besar-besaran orang-orang dari benua Eropa. Orang Eropa yang datang ke Amerika kemudian berinteraksi dengan penduduk setempat.

Masyarakat Eropa kemudian membangun pemukiman dan melakukan penjajahan atau tindakan kolonial. Proses migrasi telah berlangsung selama berabad-abad. Orang-orang dari benua Asia dan Afrika juga berlayar ke Amerika.

Keragaman ras dan etnis di Amerika telah menyebabkan akulturasi budaya dan sosialnya. Lalu ada keragaman budaya di Amerika, mulai dari agama, bahasa, seni, fashion dan lain sebagainya.

Ini adalah karakteristik Amerika dan posisi astronomisnya. Saat ini, Amerika masih menjadi tujuan banyak orang datang, terutama ke Amerika Serikat dan beberapa kota dengan mobilitas tinggi lainnya.

Tetap up to date dengan berita domestik dan internasional terbaru di VOI. Mereka menyajikan yang terbaru dan terkini secara nasional dan internasional.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button