Harga tiket masuk beberapa TWA di Bondowoso Naik - WisataHits
Jawa Timur

Harga tiket masuk beberapa TWA di Bondowoso Naik

Salah satu TWA di Bondowoso yang harga tiketnya naik, Wisata Kawah Wurung.

Bondowoso, Bhirawa

Harga tiket sejumlah tempat wisata di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, mulai naik bulan lalu. Kenaikan tersebut berdasarkan kesepakatan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Bondowoso dengan Perum Perhutani.

Karena Perum Perhutani merupakan pemangku kepentingan di kawasan tersebut, maka tiket masuk Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Wurung Kabupaten Ijen dinaikkan dari semula Rp 5.000 menjadi Rp 8.000 untuk wisatawan lokal.

Dikenal juga dengan nama Bukit Teletubies, tiket masuk untuk turis asing adalah Rp25.000 per orang.

Direktur Pariwisata, Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Bondowoso Yuni Dwi Sri Handayani mengatakan kenaikan tiket juga berlaku di TWA Batu So’on, Kecamatan Cermee, selain Kawah Wurung.

“Ada prosentase, ada pembagian, ada dasar,” katanya saat dikonfirmasi Kamis (13/10/2022) soal pembagian hasil pembalasan dengan Perhutani.

Sedangkan kenaikan tiket wisata sendiri dijuluki Pendapatan Asli Daerah (PAD) 2022 oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) yang sudah ditetapkan.

Namun, kenaikan tiket wisata tersebut belum dilaksanakan di destinasi wisata lainnya: “Kita harus mematuhi peraturan daerah (Perda),” pungkasnya.

Pemerintah daerah sendiri berupaya melakukan peremajaan dan pemeliharaan di beberapa sektor pariwisata guna menjaga tingkat kunjungan wisatawan.

Namun, kata dia, perlu ada usulan kepada tim anggaran yang sumber dananya berasal dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah).

Mengingat musim hujan, pemerintah setempat mengantisipasi bencana alam yang sewaktu-waktu akan melanda tempat-tempat wisata. Untuk itu, disparbudpora setempat telah menyiapkan penjaga wisata di setiap tempat, terutama di kawasan wisata alam. [san.dre]

Source: www.harianbhirawa.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button