570 wisatawan internasional tiba dengan kapal pesiar menikmati tujuan wisata Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

570 wisatawan internasional tiba dengan kapal pesiar menikmati tujuan wisata Surabaya

Spanduk 336x280

SURABAYA, Barometerjatim.com – Di atas Kapal Pesiar Viking Mars, 570 rombongan wisman berkunjung ke Surabaya pada Jumat (12/9/2022). Setibanya di Pelabuhan Tanjung Perak, mereka mengunjungi kota Bali dan disambut dengan pertunjukan tari Reog.

Saat para wisatawan melihat atraksi para penari Reog, mereka terlihat terpesona dan sibuk syuting atraksi tersebut. Selain itu, beragam hiburan artistik juga ditawarkan di lobi balai kota. Menampilkan tarian kreasi goyangan surabaya, para penari juga mengajak wisatawan untuk menari bersama.

Mengikuti irama musik, turis asal Australia, Jennifer mencoba ikut menari dan langsung menirukan gerakan para penari. Meski terlihat kaku, ia sangat senang saat melihat para penari menampilkan goyangan tari Surabaya.

“Saya sangat menikmati melihat mereka menari dan menggerakkan jari mereka saat mereka menggerakkan tubuh mereka. Bagi saya, tumbuh besar di Australia, kami tidak pernah mengenal gaya tarian seperti ini,” kata Jennifer.

“Anda bisa menggerakkan tangan Anda dalam dua gerakan berbeda dan terlihat mudah, juga sangat indah. Pasti butuh latihan bertahun-tahun, tapi saya sangat menikmati melakukannya, menyenangkan untuk belajar dan mencoba budaya lain,” lanjutnya.

Menurutnya, Surabaya adalah kota yang indah. Dia juga merasa sulit untuk mengatakan apa yang paling dia nikmati selama dia tinggal. Dari perjalanan singkatnya di Surabaya, ia masih terpesona dengan berbagai pertunjukan seni.

“Sayang sekali kami hanya sebentar di sini. Tapi kita bisa tahu bahwa kota ini indah dan sepertinya bagus jika kita tinggal di sini lebih lama, saya juga suka bagaimana mereka (penduduk) memperlakukan satu sama lain. Saya ingin datang ke Surabaya lagi,” katanya.

Senada dengan Jennifer, turis asal Australia lainnya, Christopher mengatakan kawasan wisata Kota Tua sangat menarik baginya. Ia juga terpesona saat mengunjungi kawasan Chinatown karena salah satu destinasi wisata di Surabaya yang sangat bagus.

“Tapi yang paling indah adalah sambutan Anda (Pemkot Surabaya) di balaikota ini. Saya sangat terkesan. Saya suka tarian yang dibawakan dan juga suara gamelan dan musiknya. Saya kewalahan dengan apa yang disajikan di sini,” ujarnya.

Berbagai paket wisata

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, kegiatan tersebut menandai kunjungan pertama kapal pesiar terpisah yang akan berlabuh di Surabaya pada 2022. Yaitu Kapal Pesiar Viking Mars dengan 570 wisatawan.

“Ada sekitar 27 bus menuju Surabaya dan kami membaginya menjadi beberapa tujuan wisata di Surabaya. Kami menawarkan 4 paket destinasi antara lain Sparkling, Paket Heritage of Surabaya, Paket Culture of Surabaya, Temple of Surabaya dan Surabaya Your Own yang lebih untuk shopping,” ujar Wiwiek.

Menurutnya, semua destinasi wisata di Surabaya sudah dikunjungi. Mulai dari Tugu Pahlawan, Pura Jagat Karana, HOS Tjokroaminoto, Balai Kota Surabaya, Rumah Abuhan, Kembang Jepun dan Kebun Binatang.

“Surabaya melalui Tanjung Perak adalah pintu masuk yang pelabuhannya dan Surabaya memiliki infrastruktur yang baik. Ada juga destinasi wisata yang bisa kami tawarkan,” ujarnya.

Wiwiek menjelaskan, meski jumlah kunjungan wisatawan berbeda sebelum merebaknya pandemi Covid-19, dengan diluncurkannya kapal sandar ini, wisatawan mancanegara tetap tampak bersemangat untuk berkunjung ke Kota Surabaya. Juga sangat penting untuk mendorong pemulihan ekonomi.

“Kita perkuat destinasi wisata agar lebih mantap kualitasnya. Artinya kenyamanan, kebersihan, keramahan dan petugas yang mengurusi kegiatan ini harus diperkuat,” jelasnya.

Selain itu, kata Wiwiek, Kota Surabaya juga memiliki destinasi wisata baru lainnya. Seperti Tunjungan Romansa, Kya-Kya, Kalimas Water Boat Tour serta menawarkan paket destinasi wisata baru lainnya yaitu Surabaya Kriya Galeri (SKG) Reborn.

“Upaya kami untuk memajukan ini adalah memperkuat jaringan kami lagi. Sedangkan untuk tour operator, kami terus menjaga hubungan kerjasama untuk menawarkan semua destinasi yang ada di Surabaya,” tutupnya. {*}

» Baca berita tentang Kota Surabaya. Baca juga tulisan terukur Andriansyah lainnya.

Spanduk 336x280

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button