Jalan di Pangandaran mendapat papan nama artistik, Kidang Pananjung disebut jalan legendaris - WisataHits
Yogyakarta

Jalan di Pangandaran mendapat papan nama artistik, Kidang Pananjung disebut jalan legendaris

PAR Wisatawan tidak lagi bingung, gang di Kawasan Obyek Wisata Pangandaran kini sudah terpasang papan nama.

Inisiator dan tokoh di Pangandaran, Edi Rusmiadi. Beruntung, beberapa jalur di kawasan wisata tersebut memiliki papan nama.

Jadi apa yang masih bernama gang jalan sekitar 20 tahun yang lalu sekarang dilakukan lagi.

Nama rambu jalur yang didesain artistik di kawasan wisata PangandaranNama penunjuk jalur yang didesain secara artistik di kawasan wisata Pangandaran (Tribun Jabar/Padna)

“Kami membuat name tag karena sangat penting bagi wisatawan. Masyarakat adat masih tahu nama-nama jalan, tapi wisatawan tidak tahu,” kata Edi Rusmiadi kepada wartawan, Sabtu siang (27/8/2022) melalui WhatsApp.

Sebenarnya, kata Edi Rusmiadi, nama-nama jalan di kawasan Desa Pangandaran itu sudah ditetapkan. Yaitu Dusun Pangandaran Barat dan Dusun Pangandaran Timur disebut ikan laut sedangkan Dusun Parapat disebut ikan segar.

Baca Juga : Menu Entoge Cabe Garam Jadi Juara di Rumah Makan Dapur Ngebul Buncila Kalipucang, Pangandaran

“Tapi sampai sekarang belum ada realisasi. Bahkan, saya sering menyarankan untuk memberi nama jalan dan gang. Tapi tidak ada realisasinya,” ujarnya.

Untuk itu, ia dan rekan-rekannya berinisiatif memasang name tag di jalur jalan masing-masing. Omong-omong: Di lingkungan RW 06, RW, ada daur ulang sampah yang bermanfaat yang memiliki konsekuensi ekonomi.

Baca Juga: Pantai Legok Jawa, Pangandaran, Pantai Indah Tapi Dilarang Berenang

“Hasil pemilahan, sampah anorganik akan dijual dan uangnya diubah menjadi uang tunai RW, yang akan digunakan untuk kebersihan lingkungan, termasuk pembuatan papan nama gang,” kata Edi Rusmiadi.

Bahan dasar yang digunakan adalah kayu jati karena selain mudah diperoleh juga memiliki nilai seni. dan di atas semua tahan korosi. “Yah, kita sudah dekat laut,” katanya.

Baca Juga: Zeroround Edu Park, Kebun Binatang Kecil Unik Pangandaran, Tempat Edukasi Keluarga

Edi Rusmiadi menegaskan, penunjuk arah nama jalan penting untuk memberikan informasi petunjuk arah kepada wisatawan di kawasan wisata.

Rambu jalan Kidang Pananjung, khususnya, sengaja didesain berukuran besar dan berornamen dengan harapan bisa dijadikan sebagai spot selfie.

Baca Juga : Tradisi Nasib Laut di Pantai Barat Pangandaran, Ada Penampakan Nyi Roro Kidul

“Kalau kita datang ke Yogyakarta dan belum sempat berfoto di papan penunjuk jalan Malioboro, sama saja dengan belum datang ke Yogyakarta. Nah, di Pangandaran juga ada yang namanya Jalan Kidang Pananjung dengan tulisan Jalan Legenda Pangandaran, yaitu jalan legendaris yang sudah ada sejak kawasan itu masih belantara,” kata Edi Rusmiadi. (Tribun Jabar/Padna)

Source: tribunjabartravel.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button