Gunungkidul menargetkan 4,1 juta wisatawan pada tahun 2023 - WisataHits
Yogyakarta

Gunungkidul menargetkan 4,1 juta wisatawan pada tahun 2023

Gunungkidul menargetkan 4,1 juta wisatawan pada tahun 2023

Gunungkidul, IDN Times – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menargetkan kedatangan wisatawan sebanyak 4,1 juta orang pada tahun 2023. Sejumlah program wisata telah disiapkan guna mencapai tujuan kunjungan wisatawan ke Bumi Handayani baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

1. Target PAD sektor pariwisata tahun 2023 mencapai Rp 28,9 miliar

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menargetkan 4,1 juta wisatawan pada tahun 2023Ilustrasi wisatawan berkunjung ke salah satu pantai di Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengatakan, dengan target kunjungan wisatawan mencapai 4,1 juta orang, diharapkan mampu menyumbang Rp 28,9 miliar.

“Tahun 2023 kita targetkan kedatangan wisatawan sebanyak 4,1 juta orang dengan PAD Rp 28,9 miliar,” ujarnya, Senin (16/1/2023).

Baca Juga: Tahun 2022, 161 Anak Gunungkidul Mengajukan Pembebasan Nikah

2. Dibutuhkan kerja keras dari semua pihak untuk mencapai tujuan

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menargetkan 4,1 juta wisatawan pada tahun 2023Objek wisata Pantai Kukup Gunungkidul. (IDN Times/Daruwaskita)

Diakui Aldian, untuk mencapai tujuan tersebut tidaklah mudah. Pasalnya, target PAD Rp 27 miliar untuk tahun 2022 hanya bisa terealisasi menjadi Rp 20,8 miliar atau hanya 77,3 persen.

“Ini membutuhkan kerja keras dari semua pihak,” katanya.

Pihaknya, kata Aldian, telah menyiapkan rangkaian kegiatan pariwisata, terobosan untuk memaksimalkan tujuan tersebut, antara lain ASEAN Tourism Forum pada Februari, dilanjutkan dengan Geopark Night Specta Juni dan acara lainnya untuk wisatawan.

“Nanti pengelola properti pariwisata juga akan menggelar beberapa event,” ujarnya.

3. Siapkan acara wisata untuk menarik pengunjung

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menargetkan 4,1 juta wisatawan pada tahun 2023Pantai Kukup, Gunungkidul. (IDN Times/Paulus Risang)

Kabupaten Gunungkidul, tambah Aldian, memiliki potensi wisata yang sebagian besar berupa wisata alam karena sejumlah hotel berbintang yang saat ini beroperasi di Gunungkidul, tidak jauh dari tempat wisata.

“Potensi wisata alam dan fasilitas pendukung lainnya akan terus kami kembangkan,” ujarnya.

Baca Juga: Hilangnya Pendapatan dari Sektor Pariwisata Gunungkidul Tidak Sesuai Target

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button