Gunungkidul menargetkan 4 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2023 - WisataHits
Yogyakarta

Gunungkidul menargetkan 4 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2023

Gunungkidul menargetkan 4 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2023

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menargetkan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul menjadi 4 juta orang pada 2023.

“Tahun ini kita targetkan 4.117.190 orang, dengan PAD (Pendapatan Asli Daerah) Rp 28,9 miliar,” kata Mohammad Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, Senin (16 Januari 2023).

Baca juga:

Ia melanjutkan, pihaknya harus bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut, apalagi pihaknya menargetkan PAD sebesar Rp 27 miliar pada 2022, namun realisasinya baru mencapai Rp 20,8 miliar atau 77,3 persen dari target.

“Beberapa sudah kami siapkan acara (Event) pariwisata dan terobosan untuk memaksimalkan tujuan itu,” kata Arif.

Baca Juga: Berwisata Ke Pantai Baron Gunungkidul, Jangan Kaget Kalau Airnya Berubah Menjadi Coklat

acara disiapkan, antara lain ASEAN Tourism Festival (ATF) yang akan dihadiri oleh beberapa perwakilan asing pada bulan Februari, dan Geopark Night Specta pada bulan Juni.

“Selain pemerintah, juga banyak acara diselenggarakan oleh manajemen,” kata Arif.

Menurutnya, Kabupaten Gunungkidul layak dijadikan destinasi wisata keluarga. Selain utamanya wisata alam, juga terdapat sejumlah penginapan dan hotel berbintang.

“Promosi pariwisata juga akan kita tingkatkan untuk meningkatkan jangkauan informasi tentang tempat-tempat wisata di Kabupaten Gunungkidul,” ujarnya.

Baca juga:

Sementara itu, Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan, pihaknya membuat rekomendasi pengawasan setiap tiga bulan, yang disampaikan kepada bupati untuk diperbaiki.

Pihaknya meminta pemerintah mengantisipasi kebocoran pajak, salah satunya menggenjot sosialisasi tiket elektronik.

“Tidak hanya masalah pelanggar yang disoroti, kami mendorong intensifikasi dan perluasan upaya untuk mengumpulkan pembalasan,” kata Endah.

Baca Juga: Kunjungan Wisatawan ke Gunungkidul Saat Nataru Dibawah Target

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button