Tahap pengembangan taman budaya Bantul memasuki persiapan Amdal - WisataHits
Yogyakarta

Tahap pengembangan taman budaya Bantul memasuki persiapan Amdal

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Kementerian Kebudayaan (Kundha Kakulturn) Bantul memastikan pembangunan taman budaya terus berlanjut.

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) masih disiapkan untuk pembangunan taman budaya senilai Rp 152 miliar di kawasan Kamijoro, Desa Sendangsari, Kapanewon Pajangan.

Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto, menargetkan untuk menyiapkan dokumen lingkungan dalam pembangunan taman budaya, yang diharapkan selesai tahun ini.

Baca Juga: 9 Tahun Berlalu, Ratusan Relawan di Klaten yang Lulus Ujian Tidak Diangkat ke CPNS

Artinya, pembangunan fisik bisa dimulai awal tahun depan.

Nugroho menjelaskan, pembangunan taman budaya itu sesuai dengan tahapan atau jadwal, yang tahun ini mengatur proses penyusunan dokumen AMDAL dan anggaran tahun depan untuk pembangunan gedung saja.

“Tahun ini awalnya hanya kelengkapan dokumen yang dianggarkan, langkah-langkahnya harus sesuai aturan, termasuk dokumen lingkungan harus dipenuhi sebelum pembangunan fisiknya,” ujarnya, Jumat (19/8/2022).

Dijelaskannya, pembangunan gedung taman budaya yang dibiayai sepenuhnya dari Dana Keistimewaan (Danais) itu, bukan sekadar pembangunan gedung penunjang seniman.

Namun juga showroom dan sentra usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Harapannya, keberadaan taman budaya ini dapat menjadi objek wisata budaya dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul Helmi Jamharis mengatakan, proses pembebasan lahan untuk taman budaya di Pajangan sudah dilakukan sejak tahun 2021.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button