Keindahan Pulau Mandeh, surga bahari eksotis yang menawan di Padang - WisataHits
wisatahits

Keindahan Pulau Mandeh, surga bahari eksotis yang menawan di Padang

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp30.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pantai Selatan, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Pesisir selatan Sumatera Barat terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah dan beragam selain kuliner dan pusat perbelanjaannya. Salah satunya adalah Pulau Mandeh di Padang dengan keindahan alamnya yang mampu menarik pengunjung untuk datang ke sana.

Di pulau ini, Anda akan sering melihat banyak perahu motor yang melintas di pinggir pantai sambil membawa penumpang yang akan berkunjung ke pulau tersebut. Bahkan ada yang beroperasi mencari ikan di tengah laut, karena mayoritas penduduk di pesisir pantai berprofesi sebagai nelayan.

Menariknya, di Pulau Mandeh Anda juga merasa tenang karena dikelilingi oleh lautan dan untuk menuju ke sana Anda perlu menggunakan jasa perahu. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama keluarga atau teman.

Tempat Wisata Pulau Mandeh

Atraksi Pulau MandehKredit gambar: Google Maps Eva Mery

1. Jauh dari keramaian

Daya tarik pertama adalah jauh dari keramaian, sehingga cocok bagi Anda yang menyukai waktu tenang. Karena suasana tenang yang tercipta dapat menyebabkan pikiran menjadi tenang dan rileks sejenak setelah melakukan aktivitas yang berat.

2. Memiliki pasir halus

Pasir pantai ini sangat indah, apalagi dilihat dari atas menggunakan drone, anda akan melihat pasir putih yang sangat halus dan indah. Tidak ada bebatuan atau bongkahan batu besar yang menghalangi langkah Anda sehingga aman untuk berjalan di pantai tanpa menggunakan sepatu.

3. Banyak tanaman hijau

Tumbuhan di Pulau Mandeh sangat beragam sehingga bisa dijadikan sebagai tempat cuci mata agar lebih sejuk dan bisa menciptakan kondisi sejuk di siang hari jika berada di bawahnya.

4. Air jernih

Air di pantai ini sangat jernih sehingga Anda dapat melihat berbagai tanaman dan ikan di perairan ini dari permukaan laut sambil mengendarai perahu atau bahkan menggunakan kamera atau drone yang dapat diterbangkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau MandehKredit Gambar: Instagram Minang Sedunia

Tempat ini bisa kamu temukan ketika sedang berada di Sumatera Barat khususnya di kawasan pesisir selatan lebih spesifiknya di Koto XI Tarusan. Jika Anda masih bingung, Anda dapat menggunakan peta untuk mempermudah Anda. Anda juga bisa memanfaatkan papan tulis di pinggir jalan.

Rute yang bisa ditempuh ketika ingin berlibur ke Pulau Mandeh di Padang adalah terlebih dahulu melewati jalan Piai Tengah, mengikutinya hingga sampai di jalan Dr Sutomo kemudian melanjutkan perjalanan ke ‘di bundaran dan pilih Jalan Sisingamaharaja. Setelah itu belok kiri ke Jalan Dr Wahidin dan lanjutkan ke Jalan Ganting.

Lalu lewati juga Jalan Arif Rahman Hakim dan belok kanan di Jalan Kp Nias V sampai ketemu gereja di pinggir jalan. Kamu bisa memilih belokan ini. Dari sana, hanya perlu beberapa meter untuk mencapai tujuan. Waktu tempuh yang Anda perlukan untuk sampai ke sana cukup lama, sekitar 2 jam. Dengan jarak tempuh sekitar 56 km.

Estimasi Biaya Perjalanan ke Pulau Mandeh

Perkiraan Pulau MandehKredit gambar: Google Maps Noer Hidayat

Untuk mengunjungi pulau yang menarik ini, jika Anda dari kota Padang, Anda dapat menggunakan bus atau kendaraan pribadi agar lebih murah karena hanya mengeluarkan biaya 30.000 untuk mengisi bahan bakar. Parkirkan juga kendaraan Anda di tempat parkir yang telah disediakan. Terkadang biayanya hingga 2000 untuk sepeda motor.

Sedangkan mobil akan dikenakan biaya sebesar 5.000 rupee. Kemudian menggunakan jasa perahu motor yang ditempatkan di pinggiran pelabuhan. Harganya biasanya sekitar 300.000-600.000 untuk diantar ke tempat tujuan. Namun harganya akan lebih murah lagi jika digunakan oleh banyak penumpang untuk menekan pengeluaran anggaran.

Oleh karena itu, banyak orang datang ke Pulau Mandeh dengan mengundang rombongan seperti teman atau kerabat. Sehingga liburan anda juga menyenangkan karena ramai dan terlihat kompak.

Untuk memasuki objek wisata ini Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Namun, Anda akan dikenakan biaya untuk penggunaan permainan seperti perahu motor seharga 150.000 ribu atau sewa peralatan yang digunakan untuk snorkeling sekitar 50.000 ribu. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, jadi buruan datang ke tour ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Mandeh

Kegiatan menarik di Pulau MandehKredit Gambar: Google Maps Tur Pulau Sumatera Barat

1. Berkano

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan adalah bermain kano. Permainan ini seperti berjalan di atas air menggunakan perahu pedal, namun yang unik dari atraksi ini adalah bentuk perahunya yang sangat indah dan kecil dan untuk membuatnya bekerja harus ada orang yang mendorong dari belakang.

2. Permainan air

Selain itu, karena Pulau Mandeh dikelilingi oleh perairan yang luas, Anda dapat menikmati bermain air di sini. Tentunya sangat aman karena kedalaman laut di tepinya cukup dangkal dan bersih, sehingga tidak akan mempengaruhi kesehatan kulit Anda.

3. Mainkan boarding lebar

Game boarding yang luas ini cukup ekstrim untuk membuat jantung Anda berdebar kencang. Jadi mereka yang memiliki penyakit jantung sebaiknya tidak mencobanya. Karena dengan mengoperasikannya, Anda akan ditarik dengan perahu motor dan dibawa ke tengah lautan.

Tapi jangan khawatir walaupun jatuh tetap aman karena berada di dalam air dan untuk keamanan juga harus menggunakan pelampung agar yang tidak bisa berenang tidak tenggelam.

4. Meluncur dari atas tebing

Aktivitas selanjutnya yang juga cukup ekstrim adalah cliff top slide. Disini telah disediakan berbagai ukuran ketinggian tebing untuk memulai penyelaman. Paling rendah hanya 5 meter dari dasar laut, sehingga aman bagi penderita vertigo terutama wanita.

Namun jika ingin lebih sulit lagi, Anda bisa menggunakan jalur tebing dengan ketinggian 15 meter dari permukaan air. Biasanya yang menggunakannya kebanyakan laki-laki karena nyalinya lebih besar dan tidak takut ketinggian. Air di sini juga sangat dingin, sehingga bisa menyegarkan tubuh setelah berkeringat selama perjalanan.

5. Berenang

Berenang di tempat wisata ini adalah suatu keharusan karena air di sini memiliki warna yang indah dan juga jernih. Jika Anda berencana untuk berenang di sini, sebaiknya Anda membawa pakaian ganti agar bisa dipakai setelah selesai.

6. Berfotolah dengan kecantikan alaminya

Aktivitas di Pulau MandehKredit Gambar: Tur Pulau Mandeh di Google Maps

Pemandangan di Pulau Mandeh Padang sangat indah dan terlihat alami. Oleh karena itu sangat cocok dijadikan sebagai tempat pengambilan foto yang menghasilkan karya-karya intragenik dan kontemporer.

7. Snorkeling

Salah satu aktivitas yang tidak boleh Anda lupakan adalah snorkeling. Karena di bawah permukaan laut, wisata ini memiliki banyak pemandangan indah seperti keberadaan ikan karang berwarna-warni yang indah dan juga terumbu karang yang tumbuh subur yang dapat memanjakan mata Anda. Anda bisa menyewa alat snorkeling ini di sekitar tempat wisata sehingga tidak perlu khawatir untuk membawanya dari rumah.

8. Memancing

Selain itu, Anda juga bisa memancing di Pulau Mandeh. Untuk mendapatkan hasil tangkapan yang banyak, Anda bisa bergabung dengan warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan. Sehingga Anda bisa diajak ke tengah laut jika beruntung.

9. Perkemahan

Anda ingin berlibur ke tempat yang sepi sehingga tidak perlu khawatir mendengar suara bising. Tempat ini sangat cocok menjadi pilihan ya. Karena letak pulau ini berada di dekat perairan dan tidak berpenghuni. Jadi tergantung keadaan anda yang tidak suka keramaian dan jika ingin bermalam anda juga bisa mendirikan tenda untuk berkemah.

Jadi kamu bisa leluasa menikmati keindahan alamnya di malam hari sampai puas. Diiringi kicau burung yang berkicau lembut, hembusan angin yang kencang menggoyang pepohonan di sekitarnya. Serta suara jangkrik dan hewan lainnya di keindahan pantai juga. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang.

10. Menikmati matahari terbit dan terbenam

Kami menyarankan Anda untuk datang ke Pulau Mandeh pada pagi hari agar Anda dapat mencoba semua atraksi hingga sore hari dan menikmati pemandangan indah dari matahari terbit hingga terbenam. Menghabiskan malam di sini juga sangat disarankan untuk beristirahat karena Anda telah melakukan perjalanan jauh dan merasakan banyak permainan yang membuat Anda lelah.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat Pulau MandehoKredit gambar: Google Maps Heru Hakimi

1. Perumahan Ibu Mandiri

Penginapan yang terletak di dekat objek wisata pertama adalah Independent Mother Inn. Tempat ini sangat nyaman dan aman serta fasilitas yang disediakan juga lengkap seperti kamar dengan extra large bed, kamar mandi, AC, tempat parkir, wifi dan juga pelayanan reception 24 jam yang ramah. Harga yang dikenakan juga sangat terjangkau.

2. Pondok Pantai Kapo-Kapo

Hostel ini bisa disewa dengan harga murah. Selain itu, fasilitas yang disediakan juga memadai, seperti restoran dan tempat parkir yang cukup luas. Suasana hostel ini memberikan nuansa pedesaan dan banyaknya pepohonan serta rerumputan hijau yang tumbuh di halaman juga menambah kesan asri. Lokasi hostel ini juga cukup dekat dengan tempat wisata.

3. Chalet Pantai Baga

Penginapan ini sangat ideal untuk tinggal di sana karena lokasinya yang mengarah langsung ke pemandangan laut yang sangat indah dan perairannya yang biru. Walaupun dari luar hostel ini terlihat biasa saja, namun isi di dalamnya cukup unik dan terkesan kuno karena terbuat dari kayu. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan wisata pulau mandeKredit gambar: Twitter infovin

Fasilitas yang disediakan oleh tempat wisata di Pulau Mandeh ini sangat menarik dan lengkap. Serta tempat parkir yang luas yang dapat menampung berbagai kendaraan mulai dari roda dua hingga empat. Selain itu, terdapat kamar mandi yang dapat memudahkan pengunjung dan orang lain untuk mandi.

Apalagi ada berbagai wahana laut seperti speedboat, kano, papan lebar dan masih banyak lagi yang harus Anda coba. Ada wahana yang berkisar dari mendebarkan hingga menantang tergantung mana yang Anda pilih karena semuanya tersedia.

Terakhir, ada perahu motor yang bisa digunakan untuk menyeberang antar pulau untuk sampai ke tempat tujuan. Perahu ini bisa diisi beberapa penumpang sehingga pengeluaran anggaran lebih ringan.

Demikian pembahasan tentang Pulau Mandeh di Padang yang bisa anda baca. Agar dapat menginterpretasikan biaya yang harus dikeluarkan untuk mencapai tujuan dan juga mengetahui alamat dan rute yang dapat ditempuh.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button