Keluar indah dari ketinggian bukit Watu Amben, Jogja - WisataHits
wisatahits

Keluar indah dari ketinggian bukit Watu Amben, Jogja

Watu Amben Jogja adalah wisata alam dimana anda bisa menikmati lampu kota Yogyakarta di malam hari.

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Gratis
Nomor telepon:
Aktivitas: Menikmati pemandangan, berfoto, berwisata kuliner, jalan-jalan
Waktu terbaik: Pagi sebelum pukul 10:00 WIB dan sore sebelum matahari terbenam pukul 17:00 WIB
Perlu membawa: Kamera, makanan, minuman
Larangan: Jangan terlalu dekat dengan tebing
Alamat: Dlingo-Patuk, Taman, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Jogjakarta
Fasilitas umum: Parkir mobil, Belvedere, Restoran, Kamar mandi
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Jogja ternyata punya pesona yang tiada habisnya. Setiap objek wisata yang diusulkan selalu memikat hati orang yang mengunjunginya.

Banyak tempat wisata baru yang mulai bermunculan. Tempat wisata paling populer di kalangan anak muda di Yogyakarta adalah Watu Amben Jogja. Tahukah Anda bahwa Gunung Kidul tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya tetapi juga pemandangan perbukitannya.

Sekilas Watu Amben Jogja

Salah satu tempat wisata alam Jogja yang unik adalah Watu Amben Jogja. Objek wisata ini tidak hanya memiliki unsur alam tetapi juga unsur buatan. Tempat wisata ini termasuk dalam kompleks perbukitan Bukit Bintang, Gunung Kidul.

Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat pemandangan alam yang indah dan pemandangan kota Jogja. Apalagi jika Anda menikmatinya di malam hari, Anda bisa melihat gemerlap lampu kota Jogja.

Tempat ini juga merupakan tempat berkumpul yang menyenangkan bagi masyarakat Yogyakarta, khususnya anak muda. Ya, karena selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa mencicipi masakan khas Jogja yang enak.

Asal

Apa arti dari kata Watu Amben? Kata ini berasal dari bahasa Jawa, kata watu berarti batu sedangkan kata amben berarti tempat tidur. Jika digabungkan, kata-kata ini berarti tempat tidur batu.

Apakah Anda tahu apa yang disebut seperti itu? Memang batu tersebut memiliki ukuran yang sangat besar dan berbentuk bedeng atau bedengan. Apalagi struktur batuan bukit ini memiliki jenis batuan vulkanik dengan tekstur keras dan berwarna hitam.

Hal ini mirip dengan jenis batuan yang terdapat pada Gunung Merapi Purba atau Gunung Api Nglanggeran Purba.

Keunikan

Tempat wisata Watu Amben ini menghadap ke kota Jogja sehingga anda bisa mendapatkan pemandangan kota dari atas bukit ini. Selain itu, bukit ini juga memiliki pesona yang sangat eksotis:

tempat foto

Dari atas bukit ini, Anda bisa menemukan banyak spot foto yang berlatar belakang indah. Di sebelah utara Anda dapat memiliki latar belakang Gunung Merapi, di sebelah barat Anda dapat menemukan pemandangan Gunung Merbabu.

Sedangkan di selatan, Anda bisa menemukan pemandangan perbukitan Gunung Kidul.

Matahari terbenam

Pemandangan alam yang eksotis bisa Anda dapatkan dari atas bukit ini. Tempat ini berada di ketinggian sehingga Anda dapat memiliki pemandangan yang luas dan menikmati matahari terbenam tanpa tertutup oleh apa pun.

Baca juga: Bukit Lintang Sewu

Mitos

Setiap tempat memiliki ceritanya sendiri, tidak terkecuali bukit ini. Selain itu, bukit ini masih asri dan jarang sekali orang yang menyentuhnya.

Masyarakat setempat percaya bahwa Bukit Watu Amben adalah tempat peristirahatan pasukan Kerajaan Mataram. Bahkan sekarang, bukit tersebut sering dijadikan tempat peristirahatan oleh masyarakat sekitar bukit yang lelah mencari rumput untuk ternaknya.

Alamat

Secara geografis bukit ini terletak di Jl. Dlingo-Patuk, Garden Area, Srimulyo, Piyungan, Bantul, Jogjakarta. Dari arah Piyungan, Anda akan menemukan atraksi serupa seperti Bukit Bintang dan HEHA Sky View.

Biaya masuk

Harga tiket masuk wisata ke Jogja memang cukup murah, bahkan tempat wisata ini tidak mematok tiket masuk atau gratis. Namun, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2000,00/motor dan Rp 5000,00/mobil.

Jam operasional

Hal yang baik tentang atraksi ini adalah Anda bisa datang kapan saja. Objek wisata ini dapat melayani wisatawan selama 24 jam.

Meredakan

Meski objek wisata ini tergolong baru, namun pihak pengelola terus melakukan pembenahan pada fasilitas penunjangnya. Fasilitas tersebut seperti:

  • Tempat parkir
  • Belvedere
  • Restoran
  • Kamar mandi

Untuk makanan, Anda bisa memesan makanan yang disediakan oleh pemilik toko. Banyak warung makan yang buka 24 jam sehari dan menawarkan berbagai menu.

Harga makanan yang disediakan cukup terjangkau hanya Rp 13.000,00 anda sudah bisa kenyang. Dengan harga segitu sudah bisa makan sayur, kerupuk dan minum kopi.

Selain menikmati makanan di penjaja makanan di tempat wisata, Anda juga bisa mampir ke warung-warung yang ada di sekitar kawasan wisata. Warung makan tersebut antara lain Lesehan Cemplox, Wa 2 in 1, Yu Karti Patuk Angkringan dan masih banyak lagi.

Nah, jika Anda ingin mencari penginapan, Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak hostel yang ada di kawasan tersebut. Pilihan akomodasi adalah Bukit Indah, OYO 1159 Bukit Indah, Roemah Djogja Guest dan lainnya.

Pertanyaan dan jawaban

Berikut daftar pertanyaan seputar objek wisata bukit:

Kesimpulan

Demikian tadi ulasan tentang tempat wisata Watu Amben Jogja. Kota Jogja memang dikenal sebagai kota yang romantis, apalagi jika dinikmati pada malam hari.

Segera datang ke kawasan perbukitan Gunung Kidul karena terdapat banyak deretan objek wisata yang mempesona. Anda bisa berfoto atau sekedar duduk santai menikmati pemandangan sambil berkumpul bersama teman-teman.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button