Gubernur Riau Mengakui Desa Wisata Dayun Siak Juara 1 ADWI 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Gubernur Riau Mengakui Desa Wisata Dayun Siak Juara 1 ADWI 2022

Jumat, 4 November 2022 | 15:38 WIB

| penulis:

Buku Catatan: tobari

Pekanbaru, InfoPublik – Gubernur Riau Syamsuar mengakui prestasi Desa Wisata Dayun, Kabupaten Siak. Dimana desa tersebut berhasil meraih juara 1 nasional kategori kelembagaan desa wisata pada ajang Indonesia Tourism Village Award (ADWI) 2022.

Gubri Syamsuar mengaku prestasi ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Provinsi Riau karena Desa Wisata Dayun mampu bersaing dan mengungguli 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia peserta ADWI 2022.

Syamsuar memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pengelola Daya Tarik Wisata Desa Dayun, Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Dinas Pariwisata Provinsi Riau dan unsur Pentahelix yang telah berkontribusi dalam kemajuan desa wisata tersebut.

“Semoga keberhasilan ini bisa dicontoh oleh desa wisata lainnya di Provinsi Riau. Keberhasilan ini juga bisa menjadi pemicu untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Riau,” kata Syamsuar, Jumat (4/11/2022).

Syamsuar mengatakan sektor pariwisata merupakan upaya untuk mendongkrak perekonomian daerah yang sempat terpuruk selama dua tahun dan terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Kami juga pernah menerima instruksi dari Presiden. Salah satunya adalah promosi sektor pariwisata. Hal ini bertujuan untuk dapat mendorong pemulihan ekonomi nasional,” kata Syamsuar.

Syamsuar juga mengajak Dinas Pariwisata Riau untuk berinovasi dan melakukan terobosan-terobosan agar pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan maksimal.

“Kepada seluruh pimpinan Biro Pariwisata yang membantu mendorong pemulihan ekonomi. Agar perekonomian segera bangkit kembali setelah dua tahun terkena dampak Covid-19,” ujarnya.

Syamsuar mengatakan, Desa Dayun dulunya merupakan desa yang kerap terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sebuah bendungan kemudian dibangun di daerah tersebut untuk menampung air hujan dan mencegah kebakaran hutan dan lahan.

Namun, setelah kebakaran hutan dan lahan berhenti terjadi di kawasan tersebut, warga sekitar berinisiatif untuk mengubah Desa Dayun menjadi desa wisata.

“Dulu sering terjadi kebakaran di desa Dayun ini. Padahal, daerah sekitarnya adalah gambut. Apa lagi yang ada di dekat Danau Zamrud,” katanya.

“Namun, kini telah menjadi desa wisata, tentunya berkat dukungan dan perhatian pemerintah setempat serta unsur Pentahelix. Sehingga setelah tidak ada kebakaran lahan, desa ini menjadi desa wisata,” imbuhnya.

Syamsuar mengumumkan bahwa Desa Wisata Dayun berhasil meraih juara pertama dalam Anugerah Desa Wisata Tingkat Provinsi Riau 2021. Oleh karena itu, menurutnya, desa ini bisa dikatakan sebagai desa terbaik di Indonesia.

“Tahun lalu desa Dayun ini merupakan desa wisata terbaik di Riau. Demikian penilaian tim juri dari Kemenpar [Desa Wisata Dayun] menjadi desa terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Desa Wisata Dayun atau yang lebih dikenal dengan Desa Dayun terbukti berhasil menarik minat wisatawan. Puluhan ribu wisatawan datang ke destinasi wisata di Kabupaten Siak, Riau.

Setiap hari, terutama di akhir pekan, banyak wisatawan, termasuk dari luar, datang berkunjung. Wisatawan dapat menikmati berbagai atraksi buatan yang disuguhkan. Mulai dari berbagai atraksi outbond, wisata air, mural dayung, perkemahan dan flying fox.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Riau, jumlah pengunjung Desa Wisata Dayun pada tahun 2022 tercatat sebanyak 115.985 wisatawan.

Ada 14.519 wisatawan pada Januari, 7.210 wisatawan pada Februari, 5.520 wisatawan pada Maret, 557 wisatawan pada April dan 32.976 wisatawan pada Mei. Juga, Juni 2.617 wisatawan, Juli 1.763 wisatawan, Agustus 6.385 wisatawan, September 2.388 wisatawan dan Oktober 2.050 wisatawan. (Riau/Tab)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan Anda mencantumkan sumbernya InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button