Gubernur Jawa Timur meresmikan akses jalan menuju Wisata Baluran-Merak - WisataHits
Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur meresmikan akses jalan menuju Wisata Baluran-Merak

Gubernur Jawa Timur meresmikan akses jalan menuju Wisata Baluran-Merak

Proses persetujuan pembangunan jalan akses ini tidak mudah, Bupati Situbondo menyerbu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Karena harus berbagi cagar alam Taman Nasional Baluran

SITUBONDO (ANTARA) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Senin, meresmikan pembangunan infrastruktur jalan menuju kawasan wisata Baluran Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo.

“Luar biasa Bupati Karna Suswandi membangun akses jalan menuju kawasan wisata Baluran Merak. Semoga akses jalan ini dapat membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Dusun Labuhan Merak,” kata Gubernur Khofifah dalam sambutannya.

Pemerintah Kabupaten Situbondo telah membuka dan membangun jalan akses sepanjang 10 kilometer dari Dusun Sidomulyo menuju Dusun Labuhan Merak di Desa Sumberwaru karena sejauh ini hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

Menurut Khofifah, proses pembukaan dan pembangunan jalan akses di kawasan Taman Nasional Baluran tidak mudah karena izin diperoleh langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Proses persetujuan pembangunan akses jalan ini tidak mudah, Bupati Situbondo sudah menginvasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan karena harus membagi cagar alam Taman Nasional Baluran,” ujarnya.

Gubernur juga mengingatkan masyarakat yang tinggal di Dusun Labuhan Merak untuk menjaga ketahanan alam dan ekologi kawasan Taman Nasional Baluran.

“Akses jalan sudah ada dan akses semakin terbuka. Oleh karena itu, masyarakat harus terus menjaga kelestarian ekosistem di Taman Nasional Baluran,” kata Khofifah.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyatakan tujuan utama pembangunan jalan akses adalah kesejahteraan masyarakat Dusun Merak dan peningkatan perekonomian nasional melalui dampak akses yang layak.

“Gerbang ini saya bangun untuk tujuan utama mensejahterakan masyarakat, bukan PAD (pendapatan asli daerah). PAD akan berjalan beriringan. Karena kalau Merak Baluran banyak pengunjung, maka uang yang beredar akan lebih banyak, sehingga pertumbuhan ekonomi masyarakat akan meningkat,” ujarnya.

Usai pantauan, Gubernur Khofifah meresmikan akses jalan Merak Baluran diawali dengan pembayaran santunan kepada anak yatim dan dhuafa serta pembagian paket sembako kepada masyarakat kurang mampu.

Baca Juga: Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Segera Kaji Pengembangan Pariwisata di Baluran Situbondo

Baca Juga: Pemkab Situbondo dan Taman Nasional Baluran Bermitra Buka Akses Properti Wisata

Baca Juga: Taman Nasional Baluran-Situbondo jadi destinasi wisata para fotografer

Wartawan: Abdul Hakim/Novi Husdinariyanto
Penerbit : Ahmad Buchori
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button