Gubernur Jabar Dapat Apresiasi Berprestasi Memberantas Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal - WisataHits
Jawa Barat

Gubernur Jabar Dapat Apresiasi Berprestasi Memberantas Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal

RADARBANDUNG.id, KOTA CIREBON- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapat pengakuan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atas komitmen dan kerja kerasnya dalam mendorong percepatan pembangunan desa.

Penghargaan tersebut diterima langsung dari Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum pada Gala Dinner Nusantara XXIII Teknologi Tepat Guna (TTG) 2022 di Pendopo Bupati Cirebon, Kota Cirebon pada Selasa malam (18/10/2022).

Selain Kang Emil – sapaan akrab Ridwan Kamil, sejumlah bupati/walikota, kepala desa, inovator pengembang TTG, pihak swasta dan media juga mendapatkan penghargaan langsung dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). atas dukungannya terhadap percepatan pembangunan.

Gubernur Jabar Dapat Apresiasi Berprestasi Memberantas Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar mengucapkan selamat kepada Provinsi Jawa Barat atas keberhasilannya memberantas desa tertinggal dan sangat tertinggal, sehingga saat ini hanya ada desa maju, maju dan mandiri di Jawa Barat.

“Ini akan menyebabkan pendanaan lebih tinggi seiring dengan meningkatnya status desa,” kata Abdul Halim Iskandar.

Menurutnya, banyak anggapan bahwa dana akan berkurang ketika desa itu mandiri atau maju.

“Itu salah, hanya bertambah karena apa yang dia kerjakan tidak lagi mudah untuk dikembangkan. Desa mandiri atau maju akan mengembangkan perekonomian warga dan meningkatkan kesejahteraan, sehingga desa mandiri akan fokus pada pemberdayaan masyarakat, bukan hanya pembangunan desa,” jelasnya.

“Selamat atas prestasi Jabar, juga Bupati/Walikota dan Kepala Desa se-Jabar. Kementerian Desa tidak hanya menghargai piagam tetapi juga lencana untuk menunjukkan bukti kepada masyarakat. Lencana digunakan di kantor – dan kegiatan seremonial,” kata Abdul Halim.

Wakil Gubernur Uu Ruzhanul mengumumkan bahwa Pemprov Jabar tetap fokus pada pembangunan desa, di antaranya sejumlah program seperti Desa Digital, One Village One Product (OVOP), Petani Milenial, Desa Wisata yang tergabung dalam Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa). ).

“Ini semua inovasi dari Gubernur Ridwan Kamil yang memperhatikan desa-desa di Jabar,” kata Uu.

“Menjaga desa berarti memperhatikan kabupaten, berarti memperhatikan provinsi Jawa Barat, bertujuan agar Jawa Barat menjadi juara lahir dan batin,” imbuhnya.

Keadaan strata desa di Jawa Barat pada tahun 2022 adalah 1.671 desa berkembang, 2.511 desa maju dan 1.130 desa mandiri, tidak termasuk desa tertinggal dan desa sangat tertinggal.

Uu juga mengungkapkan, pembangunan desa di Jabar sempat menemui kendala, seperti saat pandemi COVID-19 melanda. Ini merupakan disrupsi yang harus dihadapi seiring dengan Revolusi Industri 4.0 dan perubahan iklim.

“Alhamdulillah dari kepemimpinan Gubernur tidak ada desa tertinggal di Jabar, ini termasuk peran bupati/walikota,” pungkasnya.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi menyambut baik terpilihnya Jawa Barat sebagai tuan rumah, dengan Kabupaten Cirebon dipilih untuk Pameran TTG Nusantara. Ini sebagai bentuk kepedulian Cirebon.

“Kegiatan ini kami nilai sebagai kepedulian Menteri Kabupaten Cirebon,” kata Imron.

Acara TTG Nusantara XXIII 2022 akan digelar di Cirebon pada 19-21 Oktober 2022. Acara akan dibuka pada Rabu (19 Oktober 2022) di Hotel Aston Cirebon dan akan diikuti oleh peserta dari seluruh provinsi di Indonesia. Selain pameran, juga diadakan pertemuan bisnis, pameran UMKM, workshop, ekskursi dan rapat koordinasi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button