Gubernur Ansar menerima BI Awards 2022 bersama 4 gubernur lainnya - WisataHits
Yogyakarta

Gubernur Ansar menerima BI Awards 2022 bersama 4 gubernur lainnya

Gubernur Ansar menerima BI Awards 2022 bersama 4 gubernur lainnya

BR KEPRI – Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad mendapatkan penghargaan dari Bank Indonesia (BI) dalam ajang BI Award 2022. Penghargaan ini diberikan karena Gubernur Ansar dinilai berhasil memajukan Kepulauan Riau sebagai Pemerintah Provinsi dengan implementasi terbaik memenangkan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Bahkan yang terbaik di wilayah Sumatera. Penghargaan tersebut diterima langsung dari Gubernur Kepulauan Riau, H. Ansar Ahmad, di Assembly Hall Jakarta Convention Center.

Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad tidak sendiri dalam kesempatan tersebut, ada 4 kepala daerah lainnya yang juga mendapatkan penghargaan kategori yang sama yaitu Pemprov DI Yogyakarta terbaik untuk wilayah Jawa, Pemprov Bali terbaik untuk daerah Bali dan Nusa Tenggara, pemerintah provinsi Kalimantan Timur terbaik untuk daerah Kalimantan dan pemerintah provinsi Sulut terbaik untuk daerah Sulawesi, Maluku dan Papua.

Menurut Gubernur Ansar, keberhasilan Provinsi Kepri meraih penghargaan Implementasi QRIS Terbaik tak lepas dari upaya Pemprov bersama Bank Indonesia serta pemangku kepentingan terkait untuk terus mengakselerasi upaya digitalisasi di daerah untuk menyambut Zaman Masyarakat 5.0.

“Penerapan QRIS merupakan salah satu langkah awal dalam mendigitalkan suatu daerah. Saat ini, orang hidup berdampingan dengan terus bertransaksi, jadi itu hal yang mendasar. Sebagai bentuk digitalisasi transaksi, QRIS menjadi dasar digitalisasi lebih lanjut untuk persiapan transisi ke Society 5.0, di mana sejumlah besar informasi terakumulasi dari sensor di domain fisik ke domain virtual,” kata Gubernur Ansar usai acara.

Contoh nyata upaya Gubernur Ansar dalam percepatan digitalisasi Kepri adalah peresmian Pulau Penyengat, pulau bersejarah Kepulauan Riau, pada 9 April 2022, menjadi pulau digital dengan Bank QRIS Riau Kepri Syariah menjadi pulau. Pulau Penyengat yang terkenal dengan wisata religinya juga sedang merintis penggunaan QRIS sebagai alat transaksi.

“Sejak diresmikan sebagai pulau digital, semua jenis transaksi di Penyengat kami prioritaskan, mulai dari biaya pompong, biaya sepeda motor, transaksi kuliner hingga souvenir, dengan QRIS. Kami telah melengkapi loket pembayaran Pompong, penambang Bentor, kios makanan dan suvenir dengan kode QR QRIS. Dan semuanya kita lakukan bekerjasama dengan perwakilan BI di Batam. Sinergi yang kita bangun dengan BI selama ini sangat baik,” ujar Gubernur Ansar.

BI Awards 2022 sendiri merupakan rangkaian acara pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 dengan tema “Sinergi dan Inovasi Perkuat Ketahanan dan Kebangkitan Menuju Indonesia Maju”. Presiden RI Joko Widodo hadir untuk memberikan arahan.

Dalam keterangannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa seluruh lapisan mitra strategis pemerintah harus selalu siap menghadapi segala peluang yang akan muncul menjelang tahun 2023 mendatang.

“Saat ini seluruh negara dalam kesulitan. Mengingat adanya pandemi, inflasi, dampak dari perselisihan antara Rusia dan Ukraina, maka tidak semuanya dapat diprediksi secara konkrit, untuk itu di tahun 2023. Saya tekankan, kita harus selalu optimis, tetapi semuanya harus hati-hati dan selalu waspada,” kata Presiden. Jokowi.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button