10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sekitar Tempat Gelora Bung Tomo Surabaya - WisataHits
Jawa Timur

10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sekitar Tempat Gelora Bung Tomo Surabaya

10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Sekitar Tempat Gelora Bung Tomo Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) – Stadion Gelora Bung Tomo kini ditetapkan menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Hal itu dideklarasikan oleh Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) usai perhelatan AFC U 20 di Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Menurut hasil penilaian tim PSSI dan AFC, stadion GBT sudah lengkap dari segi fasilitas dan cocok untuk event internasional. Berdasarkan hasil tersebut, mantan Ketua Umum PSSI Kaltim Asprov memastikan Stadion Gelora Bung Tomo akan tetap masuk dalam program Piala Dunia U-20 2023.

Jika mengingat event sepak bola internasional, tempat wisata di sekitar venue atau stadion selalu menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi orang selain untuk menonton pertandingan. Selain itu, dengan meningkatnya jumlah pengunjung tempat wisata di sekitar stadion dapat meningkatkan mobilisasi tempat wisata dan kawasan.

Untuk itu beritajatim.com memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata di sekitar venue Gelora Bung Tomo yang diharapkan bisa menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2023.

Berikut ini tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para pecinta sepak bola dan wisatawan di sekitar Stadion Gelora Bung Tomo:

1. Taman Bungkul

Taman wisata di Surabaya lainnya adalah Taman Bangkul. Lokasinya di Jalan Raya Darmo. Nama taman ini berasal dari nama seorang penyebar agama Islam terkemuka di Surabaya bernama Sunan Bungkul. Makamnya berada di area taman.

Diresmikan pada tahun 2007, taman ini memiliki wahana yang sangat lengkap, antara lain taman hijau dengan air mancur, wifi gratis, layanan telepon umum, alun-alun dan panggung hiburan, jogging track, trek BMX tempat anak-anak bermain, hingga pusat kuliner.

Taman ini memiliki sistem keamanan yang cukup baik yaitu dengan CCTV. Selain itu, pengelolaan sampah juga sangat terjaga di taman ini dengan memisahkan jenis sampah.

Lokasi taman ini merupakan salah satu pusat kegiatan masyarakat pada hari libur. Banyak bermain, jogging, berolahraga dan bersantai di pagi hari akhir pekan.

Anda dapat mengunjungi taman ini selama 24 jam secara gratis. Perhatikan ketaatan terhadap kebersihan dan aturan di dalam taman.

2. Dermaga Utara Surabaya

Jika berbicara tentang keunikan pariwisata, objek wisata Surabaya North Quay adalah salah satunya. Karena tempat ini merupakan persinggahan kapal pesiar mewah, namun dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Lewat tempat ini kita bisa menyaksikan kapal pesiar mewah yang miring dan turun di malam hari.

Tidak hanya itu, di sekitar tempat wisata ini juga terdapat tempat-tempat dimana Anda bisa menyantap berbagai kuliner khas kota Surabaya yang lezat. Bisa dibilang fasilitas di tempat ini masih cukup terjaga. Mulai dari tempat duduk, ruangan ber-AC dan bangunan yang tertata rapi.

Alamatnya adalah kawasan Pabean Cantian Perak Utara, Surabaya, dibutuhkan sekitar 35 menit untuk sampai ke sini dengan mobil dari Stadion GBT. Harga tiket masuk bervariasi dan berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000 tergantung fasilitas yang ditawarkan. Buka dari pukul 11:30 hingga 20:00 waktu setempat, Anda dapat menyesuaikan waktu kunjungan Anda untuk mengakomodasi kapal pesiar yang lewat.

3. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Jika Anda membelikan keluarga untuk menonton pertandingan sepak bola di GBT, maka tidak ada salahnya mampir ke Kebun Binatang Surabaya. Kebun binatang ini terletak di Jalan Setail, kawasan Darmo, Wonokromo, hampir 35 menit dari GBT.

KBS pernah menjadi kebun binatang terlengkap di Asia Tenggara dengan koleksi 211 spesies dan 2.236 hewan. Selain berfungsi sebagai sarana rekreasi, Anda juga dapat mendidik, melestarikan, dan mendukung kegiatan penelitian para peneliti.

Tiket masuk ke kebun binatang seharga Rp 15.000, tanpa tambahan tiket aktivitas di kebun binatang.

4. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan adalah monumen ikonik dari Surabaya, sesuai dengan julukan kota tersebut. Tugu setinggi 41,15 meter ini memiliki desain 10 lengkung dan 11 ruas. Monumen ini didirikan untuk memperingati perjuangan Arek Surabaya melawan penjajah. Di sekitar Tugu Pahlawan Anda dapat menikmati suasana tempat bersejarah dengan olahraga dan kuliner.

Tugu Pahlawan berdiri di kawasan Alun Alun dekat Kantor Gubernur Jawa Timur, dengan luas rerumputan rindang dan pepohonan rindang. Area yang bersih dan beberapa shelter untuk beristirahat, tempat ini sangat cocok untuk menghabiskan sore dengan bersantai. Tak perlu memikirkan tiket, Tugu Pahlawan ini gratis bagi siapa saja yang ingin berkunjung.

5. Museum Rumah Sampoerna

Seperti namanya, museum ini khusus tentang merokok. Museum House of Sampoerna sejak tahun 1862 merupakan bangunan pabrik rokok pertama di Surabaya.

Bangunan khas Belanda ini kini menjadi objek wisata yang menarik. Hotel ini terletak di Jalan Taman Sampoerna Krembangan dan hanya berjarak sekitar 25 menit dari GBT dengan kendaraan bermotor.

Meski sudah berusia ratusan tahun, berkat perawatan dan renovasi yang baik, gedung ini kini terlihat megah dan estetis. Anda dapat mengunjungi museum ini setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam waktu setempat. Tidak ada biaya masuk, kita bebas menjelajahi gedung dan mengambil foto.

6. Taman air prestasi

Pengunjung dapat menikmati wisata air di sini dengan menggunakan perahu, baik jarak pendek maupun jarak jauh. Suasana terbaik taman air ini adalah pada malam hari karena pemandangannya yang eksotis dan penuh dengan gemerlap lampu hias.

Tidak hanya malam ini kamu bisa mengunjungi tempat ini dari jam 8 pagi sampai jam 3 sore. Kemudian waktu istirahat dilanjutkan kembali pada pukul 18:00 hingga 21:00 waktu setempat.

Anda hanya perlu membayar tiket sekitar Rp 4.000 dan Anda bisa langsung naik perahu, baik antrean pendek maupun panjang. Tempat wisata ini merupakan salah satu yang paling banyak dikunjungi oleh warga Surabaya. Anda juga bisa bersantai dengan menikmati suasana air di bangku-bangku di tepi sungai.

7. Museum Sepuluh November

Seperti namanya, museum ini menyoroti peristiwa sejarah 10 November sebagai peringatan bukti sejarah perlawanan Arek-Arek Surabaya terhadap penjajah. Museum ini terletak di Jalan Pahlawan, tepat di pusat kota Surabaya. Museum ini menyimpan banyak koleksi benda-benda bersejarah pada masa pergolakan, seperti dokumen, senjata, foto, lukisan, replika patung dan sebagainya.

Tiket masuk museum ini cukup murah, hanya Rp 2.000 dengan jam berkunjung Selasa hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 14.30 waktu setempat.

8. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam merupakan salah satu tempat wisata edukasi dan spot foto paling terkenal di Surabaya. Lokasinya berada di Jalan Pemuda, Genteng. Di kawasan ini kita bisa melihat berbagai jenis kendaraan militer yang digunakan saat perang melawan penjajah.

Di tempat wisata ini, Anda bisa melihat KRI Pasopati 410 yang juga terlibat dalam operasi Trikora. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 untuk menikmati suasana sejarah yang kental.

9. Food Junction Grand Pakuwon

Salah satu tempat wisata kuliner di Surabaya yang sangat sukses dan menarik untuk dikunjungi adalah Food Junction Grand Pakuwon. Lokasinya berada di Jalan Grand Banjar Boulevard di kawasan Banjar Sugihan.

Popularitas tempat ini karena tidak hanya menawarkan kuliner yang beragam, tetapi juga pemandangan yang indah dan instagramable. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati sajian kuliner khas nusantara maupun mancanegara.

10. Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho sangat ikonik dengan desain arsitektur bergaya Cina. Masjid ini terletak di Jalan Gading, Genteng, Surabaya.

Perpaduan budaya arsitektur antara Cina dan Arab membuat masjid ini semakin istimewa. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, tapi kita bisa dengan mudah mendapatkan spot foto terbaik.

Inilah 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Sekitar Stadion Gelora Bung Tomo versi beritajatim.com. Jika Anda ingin berkunjung ke Surabaya untuk menonton pertandingan sepak bola, jangan lewatkan wisata khas Surabaya.

Lokasi Stadion Gelora Bung Tomo yang tidak terlalu jauh dari pusat kota dan terminal bus Osowilangun juga akan memudahkan pengunjung untuk mencapai tempat wisata tersebut. (kai/ian)

Source: beritajatim.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button