Gua Pindul Yogyakarta, menyusuri sungai bawah tanah yang menakjubkan - WisataHits
wisatahits

Gua Pindul Yogyakarta, menyusuri sungai bawah tanah yang menakjubkan

Gua Pindul Yogyakarta adalah salah satunya objek wisata alam yang indah populer dan penuh petualangan seru di Yogyakarta. Sensasi menuruni sungai bawah tanah yang dipenuhi stalaktit dan stalagmit yang luar biasa.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 07.00–16.00 WIB, Alamat: Acara 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Gua Pindul, destinasi wisata terkenal di Gunungkidul, Yogyakarta. Gua yang memiliki panjang sungai 350 meter ini sering digunakan untuk cave tubing. Underground tubing sendiri merupakan kegiatan di sungai bawah tanah yang dilengkapi dengan helm, ban dan pelampung. Materi disiapkan oleh manajemen.

Gua ini terletak di perbukitan tipe karst dengan lebar lubang sekitar 5 meter. Sungai bawah tanah di gua ini memiliki kedalaman 5 sampai 12 meter tergantung intensitas curah hujan, ketinggian atap gua di atas permukaan air hanya 4 meter. Dengan airnya yang hijau cerah, Anda akan melihat betapa indahnya sungai bawah tanah di gua ini.

Pemandangan di sini masih cukup alami dan asri, karena Goa Pindul sendiri berada di perbukitan di tengah hutan. Jika Anda berkunjung ke sini, Anda akan menemukan keindahan yang akan membuat Anda rileks sejenak setelah sibuk bekerja. Kesejukan di sini sangat recommended buat kamu pecinta alam.

Tempat Wisata Goa Pindul Jogja

Tempat Wisata Gua Pindul JogjaKredit gambar: Google Maps Zakiy Abdussalam

Objek wisata ini berupa goa yang terletak di perbukitan. Aktivitas paling terkenal di daerah ini adalah cave tubing, aktivitas di sungai bawah tanah gua. Gua ini terletak di tengah hutan sehingga keindahan alamnya tetap terjaga. Pemandangan gua tidak kalah menakjubkan.

1. Memiliki stalaktit terbesar ke-4 di dunia

Stalaktit adalah bagian gua yang terbentuk dari endapan kalsium karbonat dan mineral lain yang juga diendapkan dalam air mineral. Objek ini berada di langit-langit gua. Sementara itu, stalaktit di Gua Pindul disebut sebagai stalaktit terbesar ke-4 di dunia. Butuh tangan lima orang dewasa untuk mengelilingi benda ini.

Keindahan tempat ini tidak dapat digambarkan dengan kata-kata. Saat Anda berjalan di sepanjang sungai bawah tanah, Anda akan melihat banyak stalaktit dan stalagmit yang berjajar indah meneteskan air mineralnya.

Ada mitos yang cukup terkenal di kalangan warga, pengunjung dan pengelola tempat wisata. Mitos yang beredar adalah bahwa jika Anda terkena batu jatuh tertentu Anda akan kuat untuk pria dan muda untuk wanita.

Dalam bentuk aslinya, stalaktit ini berpadu dengan stalagmit yang tercipta dan terus tumbuh selama ribuan tahun. Beberapa stalaktit di sini memang berukuran besar dan panjang, membuktikan bahwa gua ini telah ada selama jutaan tahun.

2. Memiliki tiga area di sepanjang jalur sungai

Kawasan yang dimaksud di sini adalah jalur yang akan Anda tempuh saat menuruni sungai bawah tanah Goa Pindul. Zona dibagi menjadi tiga, zona terang, zona gelap dan zona gelap.

Yang membedakan dari ketiga area tersebut adalah pencahayaan gua. Jika melewati area terang, Anda tidak akan menemukan sesuatu yang aneh. Anda dapat melihat dengan jelas lingkungan sekitar dan pahatan alam yang indah di gua ini. Di sisi lain, jika Anda melewati zona gelap, tidak ada yang terlihat di sini.

Untuk area yang gelap, Anda masih bisa melihat, karena sinar matahari akan sedikit mencerahkan tempat tersebut. Dengan adanya ketiga kawasan tersebut membuktikan bahwa wisata alam Goa Pindul memiliki banyak kekayaan berkat perbedaan intensitas cahaya di setiap sudut goa.

Singkatnya, di zona terang Anda selalu aman untuk berenang dan menangkap ikan kecil. Sedangkan Dark Zone adalah tempat yang memiliki sedikit sisa sinar matahari yang terpantul dari air yang berkilauan.

Dan yang terakhir adalah area hitam. Di area ini Anda tidak akan menemukan apa-apa karena terlalu gelap. Jangan khawatir, karena pemandu wisata biasanya menjelaskan dan menemani Anda ke pintu keluar.

3. Pesona sumur terbalik

Sumur Terbalik adalah sebutan penduduk sekitar Gua Pindul untuk sebuah lubang besar di langit gua yang memancarkan sinar matahari yang cerah. Pantulan cahaya di permukaan air sungai yang hijau menciptakan cipratan indah di dinding.

Lubang tersebut berada di dalam goa dan akan terlihat saat Anda menyusuri sungai di tengahnya. Titik ini biasanya digunakan sebagai tempat peristirahatan untuk sementara waktu, dan juga termasuk dalam area terang.

Keindahan di sini tentu sangat menarik. Air hijau yang berkilauan akan memantulkan sinar matahari membentuk cahaya indah di dinding gua yang meninggalkan garis yang indah. Sumur terbalik juga sering digunakan oleh tim SAR untuk berlatih mengevakuasi seseorang.

Alamat dan rute menuju tempat wisata

Alamat Gua PindulKredit Gambar: Google Maps Arry Tantra

Gua yang terletak di Gunungkidul ini merupakan salah satu dari tujuh gua yang memiliki sungai bawah tanah di Yogyakarta. Ketujuh gua tersebut memiliki sumber air yang sama, yaitu Air Gedong Tujuh. Terletak di desa title 1, tempat wisata ini sangat terkenal di sekitar desa Bejiharjo, kecamatan Karangmojo. Menurut peta yang tersedia, goa ini berjarak 7 kilometer dari Wonosari.

Gua Pindul dapat diakses dari beberapa lokasi, termasuk salah satunya dari pusat kota Yogyakarta. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk menempuh jarak sekitar 43 kilometer. Perjalanan akan nyaman karena jalannya sangat bagus. Meskipun ada banyak rute perjalanan menuju lokasi gua, namun ada satu rute tercepat untuk menuju ke sana, yaitu melalui kota Wonosari.

Mengarahkan kendaraan Anda ke titik 0 kilometer Yogyakarta, Anda akan berjalan langsung dari Panembahan Senopati ke dua jalan berikutnya, Jalan Sultan Agung dan Jalan Kusumanegara. Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan anda menuju kawasan Gedongkuning dan dengan jalan ini anda akan sampai di simpang PLN Gedongkuning.

Setelah itu, langsung menuju Wonosari. Setibanya Anda akan berada di kantor pos Sambipitu. Ritme jalan perlu dilanjutkan hingga perempatan Pasar Gading. Lanjutkan perjalanan hingga di sebelah kiri adalah tempat parkir di kawasan Gua Pindul.

Atau kalau tidak mau ribet bisa ikut salah satu paket dan tour disana. Biasanya mereka menawarkan untuk mengantarkan dari area penjemputan ke rumah nanti. Jenis layanan lain dari paket ini adalah untuk menjamin perjalanan Anda dan menemani liburan Anda melalui gua yang eksotis ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Gua Pindul

Harga Tiket Gua PindulKredit gambar: Google Maps Monica

Goa merupakan salah satu destinasi yang terkenal baik di dalam maupun luar negeri. Dengan keindahannya yang eksotis, Goa Pindul juga hadir dengan harga yang murah. Tarif murah memungkinkan siapa saja untuk menikmati keindahan alam gua dan menyusuri sungai bawah tanah.

Jika anda ingin mengunjungi tempat ini, ada biaya referral yang harus anda keluarkan untuk melihat keindahan Goa Pindul. Misalnya, ketika Anda memasuki area gua, Anda harus membayar Rp 10.000. Sebelumnya ada biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor dan Rp 5.000 untuk mobil. Rp 15.000 diproses untuk kendaraan besar seperti bus.

Berbeda dengan tiket masuk untuk warga lokal yang harganya Rp 10.000, tarif untuk turis asing sedikit lebih mahal yakni Rp 25.000 per orang. Sedangkan untuk anak-anak akan dipatok setengah harga dewasa.

Pepohonan di sekitar goa sangat hijau dan rindang. Setelah memasuki kawasan gua Pindul, Anda perlu membayar 40.000 rupee untuk memasuki gua ini. Ingatlah bahwa total pengeluaran sebelumnya tidak termasuk peralatan Cave Tubing. Perlengkapan seperti ban, sepatu karet, helm, dan jaket pelampung sudah termasuk dalam paket yang biaya sewanya sekitar Rp 60.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Gua Pindul

Aktivitas Gua PindulKredit gambar: Google Maps Hanifah Izzati

1. Cave Tubing, menelusuri kembali keindahan sungai

Ikuti aliran bawah tanah yang akan membawa Anda ke pintu masuk gua lain. Perjalanan tabung ini berlangsung selama 40 menit. Dengan waktu yang lama ini, wisatawan akan memperhatikan pemandangan goa yang tidak kalah indahnya. Tak hanya itu, di dinding gua terdapat lukisan alam yang dibuat ribuan tahun lalu.

Air di sini berwarna hijau tua berkilau. Meski hujan, air akan naik, namun pengunjung di sini selalu ramai. Banyak hutan dan gua yang indah tersedia sebagai hiburan selain tubing bawah tanah.

Meski begitu, jika debit air sungai meningkat, pihak pengelola akan menghentikan sementara selubung goa hingga air sungai kembali normal dan dapat digunakan dengan aman.

2. Arung Jeram di Kali Oyo

Anda bisa mengunjungi wisata alam yang indah ini langsung setelah Cave Tubing. Kali ini sepanjang 1.500 meter, Anda akan menuruni sungai seperti sebelumnya, menggunakan ban dalam. Dalam wisata ini Anda akan berjalan-jalan mengikuti aliran air di luar. Pemandangannya masih segar, asri dan sulit dilupakan saat berlibur di sini.

3. Abadikan momen spesial

Merupakan suatu keharusan bagi wisatawan untuk mengabadikan momen liburan mereka. Di Goa Pindul, Anda akan mendapatkan banyak spot foto yang menarik dan indah. Seperti Sumur Terbalik yang akan sangat eksotis setelah difoto atau stalaktit raksasa yang menakjubkan. Banyak orang yang ingin menjadikan tempat ini sebagai background foto mereka.

Pemandangan di sini sangat indah dan megah. Hutan di sekitar Gua Pindul masih asri dan hijau. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa membawa kamera handphone atau kamera digital untuk Anda dan teman serta keluarga. Keindahan di sini sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas yang tersedia di Wisata Goa Pindul Jogja

Fasilitas Gua Pindul JogjaKredit gambar: Google Maps Fathiya Izzatunnisaa

Gua ini merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Yogyakarta. Meski baru ada sejak 2010, ketenaran Goa Pindul sudah dikenal wisatawan mancanegara. Semakin hari, dengan bertambahnya jumlah pengunjung, tidak menutup kemungkinan fasilitas di sini akan bertambah.

Untuk fasilitas yang sudah tersedia antara lain warung makan, mushola, kamar mandi, tempat penyimpanan bagasi dan tempat parkir, semuanya dapat menampung wisatawan yang berkunjung ke sini. Adapun fasilitas hiburan, seperti perlengkapan tubing, arung jeram dan pemandu wisata yang akan menemani Anda dalam penyeberangan sungai.

Demikian beberapa penjelasan mengenai objek wisata, rute, lokasi, fasilitas Objek Wisata Alam Goa Pindul. Fasilitas di sini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan liburan pengunjung. Dengan perkembangan dan penambahan fasilitas juga akan menambah kenyamanan para wisatawan saat berkunjung ke Jogja Caves yang menakjubkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button