Green River: Tiket & Keunikan - WisataHits
wisatahits

Green River: Tiket & Keunikan

Green River: Tiket & Keunikan

Harga tiket masuk ke Green River : Rp 5.000. Jam buka: 08h00-18h00. Nomor telepon: -. Alamat: Bangkinang, Salo, Kampar, Riau, Indonesia, 28554.

Riau memiliki sungai dengan keunikan tersendiri. Sungai itu bernama sungai Hijau. Berbeda dengan sungai pada umumnya, air sungai di sini jernih dan berwarna hijau. Warna hijau dihasilkan dari alga di dalam air dan lumut yang tumbuh di dasar.

Sungai ini memiliki lebar 3 hingga 6 meter dengan kedalaman 30 hingga 50 sentimeter. Dengan kedalaman tersebut, sungai ini masih menjadi tempat yang aman bagi anak-anak untuk berenang. Kemudian sungai ini memiliki jarak dari hulu ke hilir dengan panjang 400 meter.

Di sini terdapat 4 sungai yaitu sungai I, II, III dan IV. Setiap sungai memiliki pengelolanya sendiri. Sungai tersibuk adalah Sungai III. Pasalnya, di sini lebih banyak fasilitas untuk anak-anak bermain, seperti perosotan dan menara lompat.

Sedangkan untuk memasuki kawasan sungai, tersedia 7 pintu masuk sebagai akses pengunjung. Selain berenang, pengunjung juga bisa piknik atau mendirikan tenda di sini.

Harga Tiket Masuk Green River

Harga tiket masuk ke sungai hijau cukup terjangkau. Tiket sudah termasuk biaya parkir. Untuk menikmati fasilitas kawasan wisata, pengunjung harus membayar biaya selain tiket masuk.

Harga tiket masuk dan parkir
Tiket masuk usia 0-3 tahun Untuk membebaskan
Tiket masuk dewasa (4 tahun ke atas) Rp5.000
Parkir kendaraan
Sepeda motor Rp5.000
Mobil Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana di BOMBARA AQUATIC PARK

Jam Operasional Sungai Hijau

Kawasan wisata sungai ini beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 18.00. Agar nyaman saat berenang, sebaiknya berkunjung saat cuaca cerah. Kemudian, jika ingin merasakan suasana yang tenang, cobalah datang ke sini saat weekdays.

Jam buka
Setiap hari 08.00-18.00

Menikmati segarnya air sungai yang hijau

Pengunjung mandi di Sungai HijauDi sungai yang hijau, pengunjung bisa berenang dan menikmati air sungai yang sejuk dan jernih. Foto: Google Maps/Hendra Sanjaya

Kesegaran air Green River sudah tidak perlu diragukan lagi. Sungai ini juga memiliki air yang jernih. Seperti namanya, air di sungai ini berwarna hijau alami. Warnanya berasal dari ganggang hijau dan lumut.

Untuk membuktikan bahwa airnya benar-benar hijau, beberapa warga melakukan percobaan. Seorang penduduk desa mengambil sejumlah besar air dan membawanya ke tempat terpencil. Di lokasi ini dilakukan pengecekan air dan hasilnya masih hijau.

Di sungai ini terdapat beberapa permainan untuk anak-anak. Wahana tersebut adalah menara lompat dan jembatan kayu. Kalau ke sini kurang lengkap kalau tidak berenang. Kesejukan airnya akan langsung terasa di tubuh. Hal itu bisa membuat rasa lelah di tubuh hilang.

Piknik di Sungai Hijau

Piknik keluarga di Green RiverSelain berenang, pengunjung juga bisa berpiknik atau mendirikan tenda di area piknik yang tersedia. Foto: Google Map/12_Riga Aryadi Pratama

Piknik adalah kegiatan menarik lainnya yang bisa dilakukan di Green River. Suasana alam yang segar dan asri membuat piknik semakin menyenangkan. Ada banyak ruang terbuka hijau di sini. Di kawasan ini, pengunjung bisa menggelar karpet atau mendirikan tenda.

Temani waktu piknik Anda dengan cemilan dan makanan yang Anda bawa atau beli dari warung-warung di sekitar sungai. Selain makanan, pengunjung juga bisa membawa papan permainan bermain bersama keluarga. Dengan memainkannya, kenikmatan piknik semakin terasa.

Sungai Hijau Cocok Sebagai Tempat Bersantai

pepohonan di kawasan sungai hijauSungai hijau merupakan tempat yang kondusif untuk relaksasi karena suasananya yang sejuk dan rindang. Foto: Google Map/12_Riga Aryadi Pratama

Bagi yang tidak ingin berenang, pengunjung juga bisa berjalan-jalan menikmati pemandangan di sini. Lingkungan sungai ditumbuhi pohon karet dan pohon lainnya. Meski panas, pengunjung tidak akan kepanasan karena dilindungi oleh dedaunan yang rimbun. Kawasan sungai yang cukup panjang, sekitar 400 meter ini bisa menjadi area berjalan kaki yang menarik.

Selain jalan-jalan, menikmati pemandangan di sini bisa dilakukan sambil duduk di gazebo. Pemandangan air sungai yang jernih juga bisa menaklukan pikiran. Suasana menenangkan ini semakin diperkuat dengan suara gemericik air sungai yang bisa Anda dengar saat berkunjung ke sini.

Ruang Foto Di Sekitar Sungai

Tidak lengkap rasanya jika tidak berfoto saat berkunjung ke sini. Pemandangan sungai dan pepohonan menjadi latar belakang yang bagus untuk foto. Tempat pertama yang bagus untuk berfoto adalah di tepi sungai dengan latar belakang pepohonan.

Gaya foto yang bisa diambil di sini adalah pose duduk sambil mencelupkan kaki ke sungai. Area sungai juga dihiasi dengan botol-botol plastik warna-warni yang digantung di pepohonan. Dekorasi ini dapat memperindah foto yang diambil di sungai ini.

Selain itu, ada pula replika sayap kupu-kupu yang sengaja dibuat oleh pengelola properti fotografi. Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto sambil terjun ke kolam.

Ada jembatan kayu dengan pegangan tangan dicat kuning dan merah. Ada pula jembatan yang pegangannya dicat biru dan dihiasi ban bercat merah putih.

Bagian tengah jembatan ini bisa menjadi area foto bagi pengunjung. Lokasi foto lainnya ada di kolam renang. Ambil foto keluarga atau teman yang sedang berenang atau melompat dari menara. Pemandangan taman yang ada disini juga bisa dijadikan spot foto yang indah.

Reda

Sungai Hijau sudah memiliki beberapa fasilitas untuk menambah kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain kamar kecil, kamar kecil, ruang ganti, gazebo dan mushola. Selain itu, juga terdapat tempat persewaan ban renang dan warung yang menjual makanan. Di sungai III terdapat menara lompat, seluncuran dan jembatan kayu. Bagi yang membawa kendaraan, tersedia tempat parkir yang cukup luas.

Lokasi Sungai Hijau

Sungai Hijau terletak di Desa Salo Kecil, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, Riau. Jalan menuju ke sini masih tanah, belum diaspal. Jika berangkat dari Pekanbaru, pengunjung akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam. Ada 2 jalur untuk menuju kawasan wisata ini.

Rute pertama melewati Bangkinang kemudian dilanjutkan ke tugu Batu Belah. Dari tugu, belok kiri menuju Kompleks Perkantoran Kabupaten Kampar. Tanda lokasi sungai hijau jauh dari resor.

Kemudian rute kedua melewati Bangkinang dan dilanjutkan ke Jalan Ahmad Yani. Dari situ, jalan terus berlanjut ke Tuanku Tambusai. Sungai hijau terletak tidak jauh dari tempat ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button