Wisata bawah laut surganya Marantale Parigi Moutong Diver, tapi belum "terekspos". - WisataHits
Jawa Barat

Wisata bawah laut surganya Marantale Parigi Moutong Diver, tapi belum “terekspos”.

Wisata bawah laut surganya Marantale Parigi Moutong Diver, tapi belum “terekspos”.

Senin, 9 Januari 2023 | 15:20 WIB

| penulis :

Buku catatan : Kuznadi

Parigi Moutong, InfoPublik – Para investor wisata bawah laut di Marantale, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah masih ‘dingin’ di kawasan pengembangan kawasan wisata yang menyimpan surga terindah bagi para penyelam, ternyata belum ‘terekspos’.

Bahkan, ada lebih dari 20 lokasi penyelaman di Marantale dan beberapa lokasi penyelaman di kawasan Ampibabo dengan kamera tertentu untuk pemandangan bawah laut kawasan Marantale.

Kondisi bawah laut umumnya tenang dengan jarak pandang yang sangat jernih dan luas. Posisinya yang berada di teluk Tomini membuat airnya sangat tenang dan tanpa arus. Bahkan laut tidak terpengaruh oleh angin barat, jadi penyelaman terbaik adalah antara bulan November dan April.

Jadi apa yang ada di bawah laut di Marantale? Kontur bawah lautnya berupa perbukitan dan cekungan yang dalam bercampur karang keras dan berbagai jenis bunga karang.

Setiap penyelam yang datang ke suatu tempat terasa seperti memasuki hutan purba, seperti sabana bawah air. Banyak spons tuba, sejenis spons berbentuk pipa cerutu dengan dimensi sangat besar, dan spons Salvador Dali (Petrosia lignosa), sejenis spons dengan ukiran di permukaan luarnya, menyerupai karya seniman Spanyol bernama Salvador Dali.

Dan yang istimewa, ikon terbaik Marantale adalah “mawar raksasa”, koral berbentuk mawar dengan ukuran sangat besar. Itu adalah akhir yang istimewa dari kunjungan bawah laut kami ke Marantale.

Kedelapan lokasi yang dikunjungi penyelam semuanya ternyata istimewa, terutama karena pemandangannya. Jadi bagi penggemar foto wide-angle atau pemandangan bawah laut, inilah surganya.

“Bang Rully bukan hanya instruktur dan guide selam yang handal, tapi juga fotografer yang hebat, sehingga kami sering difoto secara terbuka, bahkan beberapa fotonya edisi narsis alias sengaja berpose minta difoto di bawah air,” kata Fifin Mandarin. seorang penyelam asal Jakarta bertemu di pantai Marantale, Minggu (1/8/2023). (MC Parigi Moutong/Sumardin/Hafizh)

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button