Bangun kekuatan ekonomi, SI Kota Bogor tanam kopi - WisataHits
Jawa Barat

Bangun kekuatan ekonomi, SI Kota Bogor tanam kopi

Bogordaily.net – DPC SI Kota Bogor luncurkan agroforestri kopi di lahan seluas 50 ha di Desa Megamending, Kabupaten Bogor.
Acara peluncuran berlangsung di Cam Eagle Hill Megamending.

Hadir dalam acara peluncuran tersebut Sekjen Syarikat Islam Ferry Juliantono, Ketua DPR RI Rocky Gerung, Jajaran Pengurus DPD SI Kota Bogor, Ketua DPD Dedie A. Rachim, Wakil Ketua DPD Muzzakir, sedangkan dari SI kepala cabang, ketua Subhan Murtadla, sekretaris Firdaus, wakil ketua, Candra Syah, Ruli Indrawan. Selain itu, hadir pula Perum Perhutani, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan BUMDES Desa Megamending.

Dalam penanaman pohon kopi ini, SI bekerjasama dengan Perum Perhutani, pelaksana kegiatan penanaman kopi PT. Mahakarya abadi.

Sekretaris Jenderal DPP Syarikat Islam, serta Komisaris PT. Pakuan Mahakarya Abadi, Fery Juliantono. Menurutnya, program ini sangat baik, karena pengembangan usaha mandiri dapat melibatkan masyarakat di lingkungan hutan, penting untuk mengembangkan pemberdayaan masyarakat.

“Saya pribadi mendukung program budidaya kopi yang dijalankan oleh SI Kota Bogor, saya akan berkomitmen untuk menyumbangkan waktu, pikiran dan uang.” dia berkata.

Harapannya hasil produksi kopi ini bisa menembus pasar internasional.”Pesaing di pasar kopi dunia adalah negara Amerika Latin Honduras, sehingga pasar dunia untuk Indonesia masih terbuka lebar,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD SI Kota Bogor, Wakil Walikota Bogor, menegaskan dalam menjalankan program ini, kepentingan masyarakat Bogor harus diutamakan dan juga harus menjaga lingkungan.

“Melestarikan lingkungan harus menjadi prioritas, melestarikan kearifan lokal dan memperkuat perekonomian masyarakat sekitar,” ujarnya.

“Selain budidaya kopi, konsep wisata agroforestri juga harus dirancang agar masyarakat bisa menikmati keindahan alam,” pungkasnya.

Menurut Subhan Murtadla, Kepala Cabang SI Kota Bogor, program budidaya kopi ini merupakan bagian dari program SI Kota Bogor yang fokus pada perekonomian nasional. “Agroforestri kopi dipilih karena menyerap tenaga kerja yang dapat melibatkan masyarakat sehingga dapat membantu perekonomian mereka,” jelasnya.

Sebagai pelaksana teknis kegiatan perkebunan kopi ini dilakukan oleh PT. Pakuan Mahakarya Abadi (PT PMA). Presiden dan Direktur PT PMA Chandra Syah menjelaskan, kawasan agroforestri kopi disebut Lembah Abadi Mahakarya karena berada di kawasan megamendment.

“Kawasan ini tidak hanya akan ditanami kopi, tapi juga dipadukan dengan konsep wisata alam.” Banyak tokoh yang mengikuti program ini dan optimis dengan terlaksananya program ini, kerjasama dan sinergi dalam menuangkan ide dan gagasan,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button