AKI 2022 sukses diselenggarakan di 16 kota dan terbukti membantu meningkatkan kualitas produk - WisataHits
wisatahits

AKI 2022 sukses diselenggarakan di 16 kota dan terbukti membantu meningkatkan kualitas produk

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui capacity building dan exposure bagi pelaku ekonomi kreatif subsektor memasak, kerajinan, fashion, apps, film dan musik, yang diselenggarakan di 16 kota/kabupaten di Indonesia. .

Program ini harus hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia untuk naik kelas dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Menparekraf AKI 2022 terbukti bermanfaat bagi pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan kualitas produkAKI 2022 terbukti bermanfaat bagi pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan kualitas produk, foto: Kemenparekraf

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, Program Apresiasi Kreatif Indonesia (AKI) 2022 terbukti membantu para pelaku ekonomi kreatif untuk meningkatkan kualitas produk agar lebih berdaya saing.

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri AKI Peak Week 2022 di AEON Mall, Tangerang pada Minggu malam (9/10/2022) mengaku terharu dan bangga AKI 2022 berhasil digulirkan di 16 kota.

Ia menilai program AKI 2022 yang diselenggarakan Kemenparekraf/Baparekraf telah mampu memberikan manfaat dan membantu para pelaku kreatif dan kreatif menghadapi tantangan ekonomi.

“Alhamdulillah, saya terharu diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa hadir di 16 kota ini.

AKI 2022 mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat, hal ini dapat kita lihat bahwa perkembangan di sektor ekonomi kreatif dapat dirasakan oleh masyarakat saat ini,”

dia berkata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjelaskan bahwa ekonomi kreatif saat ini menjadi penggerak pemulihan ekonomi Indonesia.

Kontribusinya sekitar Rp 1,3 triliun atau 7,4% dari total produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Bahkan ekonomi kreatif Indonesia menempati urutan ketiga dunia.

“Ekonomi kreatif merupakan mesin pemulihan ekonomi Indonesia.

Kami berada di peringkat ketiga dunia setelah Korea Selatan (Korea Selatan) dengan industri K-Pop dan Amerika Serikat (AS) di tempat pertama dengan industri Hollywood”,

dia berkata.

Dengan mengusung tema “Legend for Indonesia”, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berharap AKI Peak Week 2022 dapat melahirkan orang-orang terkenal, dan menjadi ikon produk lokal yang dapat menjadi legenda bagi Indonesia.

Ia juga menjelaskan bahwa keberhasilan program AKI 2022 merupakan hasil kerjasama dunia usaha, ada aplikasi checkout, Goplay dan Shope, dan masih banyak lagi dunia usaha lainnya.

“Saya berharap brand-brand di AKI 2022 Peak Night bisa menjadi legenda dan membuka lapangan pekerjaan yang sangat kita butuhkan.

Karena kita akan menghadapi ekonomi yang dinamis, resesi yang mengancam inflasi, dengan geliat ekonomi yang kita lihat saat ini, saya harap masyarakat bisa melewati ini,”

dia berkata.

Sandiaga juga melihat AKI 2022 semakin meneguhkan pengalaman AKI 2021, para pemain kreatif dan kreatif tidak hanya meningkatkan omzetnya tetapi juga bisa sangat menarik investor ketika mengikuti program ini.

“Awalnya mereka pesimis peserta yang datang dari Aceh ke Ambon membawa barang atau menjual produk di Tangerang.

Mereka takut membawa barang yang mereka jual kembali ke daerahnya karena tidak laku. Namun, ini bukan hanya tentang menjual.

Produk yang mereka jual selain laris manis, bahkan ada yang pre-order. Bahkan ada satu peserta yang menemukan investor saat datang ke malam puncak AKI 2022 di Tangerang,”

dia berkata.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menargetkan total transaksi di AKI 2022 melebihi total transaksi di AKI 2021 yang mencapai Rp 16 miliar hingga Rp 32 miliar.

“Total transaksi akan melebihi 50% dari total transaksi yang kami targetkan untuk AKI 2021. Dan tahun ini bisa lebih besar dari tahun lalu,”

dia berkata.

Malam puncak AKI 2022 digelar di Aeon Mall Tangerang pada 6-9 Oktober 2022. Selain pembelian produk yang dipamerkan 16 peserta, produk ekonomi kreatif terbaik AKI 2022.

Pengunjung juga dihibur berbagai artis dari ibu kota, mulai dari Kahitna, Vidi Aldiano, Indra Lesmana, hingga JKT48.

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran bagi para pelaku ekonomi kreatif.

Finalis AKI 2022 merupakan hasil kurasi dengan total 6.531 pendaftar dan total 433 finalis dari 16 kabupaten/kota yang terdiri dari subsektor kuliner, kerajinan, fashion, aplikasi, film dan musik.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button