GIPI DIY mendukung integrasi pariwisata lintas kabupaten di DIY - WisataHits
Yogyakarta

GIPI DIY mendukung integrasi pariwisata lintas kabupaten di DIY

GIPI DIY mendukung integrasi pariwisata lintas kabupaten di DIY

Reporter Tribune Jogja Melaporkan Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY mendorong pemerintah kabupaten/kota mengembangkan pariwisata terpadu.

Ketua GIPI DIY Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan pemerintah kabupaten/kota terkait hal tersebut.

Baca Juga: PSS Sleman Selesaikan Administrasi Yevhen Bokhashvili, Diharap Segera Gabung Tim

Menurutnya, integrasi destinasi wisata antar kabupaten harus dibangun untuk pariwisata yang berkelanjutan.

“Selama ini masih ada ego, sehingga tingkat kunjungannya tinggi di tiap kabupaten. Tapi kami mendorong menyatukan paket atau destinasi di tiap kabupaten/kota,” ujarnya, Senin (16/1/2023). .

Menurutnya, integrasi pariwisata dapat memberikan nilai lebih bagi wisatawan. Dengan begitu, dwell time wisatawan di pasar DIY akan semakin lama. Otomatis uang yang dikeluarkan wisatawan juga akan semakin tinggi.

“Selama ini turis masih menumpuk di kota, meski hotel bintang empat juga ada di Bantul, Gunung Kidul. Jalan di setiap kecamatan juga bagus, fasilitasnya juga, sekarang harus dijahit agar menjadi program yang berkelanjutan,” ujarnya.

Bobby mengharapkan kunjungan wisatawan tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2022 untuk pasar domestik. Namun, dengan catatan inflasi yang terkendali, perekonomian domestik juga dapat terjaga dengan baik.

Baca juga: Dmitri Peskov: Tank Pengiriman NATO Akan Terbakar

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara, pihaknya khawatir jumlah kunjungan tidak akan terlalu tinggi.

“Wisatawan asing sedikit khawatir dengan situasi ekonomi negara-negara ekonomi kuat dunia, seperti Amerika, China, Eropa, dan Rusia, yang sedang mengalami krisis ekonomi. Kalau ini bisa dikendalikan, semoga wisman bisa bertahan 2022 dan semoga bisa meningkat,” imbuhnya. (Menakjubkan)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button