13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng! - WisataHits
Yogyakarta

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!

Sebuah sudut yang populer di kalangan penduduk lokal dan wisatawan untuk menghabiskan waktu di Yogyakarta adalah Alun-alun Kidul atau biasa disebut Alkid. Tempat ini terkenal dengan pohon beringin kembar dan keramaian di malam hari.

Alun-alun Kidul bukan hanya tempat menginap, tapi juga tempat wisata kuliner dengan aneka jajanan yang enak dan murah. Inilah 13 kuliner yang bisa Anda temukan di Alun-alun Kidul!

1. Tusuk Sate Bakso Rasa Berbeda

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Bakso Tusuk Selera Anda (Instagram/voilajogja)

Penggemar bakso yang ada di Alun-alun Kidul wajib coba bakso tusuk. Uniknya, bakso ini menggunakan sistem prasmanan alias ambil sendiri sepuasnya.

Ada 6 jenis bakso yang bisa kamu pilih yaitu Bakso Telur, Bakso Telur Puyuh, Bakso Wortel, Bakso Bayam, Bakso Original dan Bakso Mercon. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan kuah, saus, saus sambal, dan daun bawang.

Harga yang ditawarkan untuk setiap bakso sangat murah, mulai dari Rp 500 hingga Rp 5.000. Sedangkan Bakso Tusuk buka WIB pukul 16.00 dan tutup saat bakso sudah siap.

2. Es Krim Goreng Pak Gatot

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Es Krim Goreng Pak Gatot (Instagram/yogyakarta)

Anda yang sering berkunjung ke Alun-alun Kidul pasti sudah tidak asing lagi dengan Es Goreng Pak Gatot. Pasalnya, Pak Gatot selalu menggunakan speaker untuk menarik pembeli.

Jangan heran jika mendengar Pak Gatot selalu memberikan nasehat kepada orang lain untuk memotivasi mereka membeli es krim gorengnya.

Untuk menikmati es krim goreng Pak Gatot, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000. Pak Gatot mulai menjual dagangannya pada pukul 17.00 WIB hingga habis.

3. Aneka sosis dan tempura

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Aneka Sosis dan Tempura Pak Sons (Instagram/jajanyogya)

Jadi kalau kamu suka sosis, kamu bisa ngemil kelezatan di Alkid ini lho! Stand sosis di Alkid menawarkan berbagai varian sosis dan tempura hingga 20 jenis, lho!

Hanya dengan Rp 1.000, kamu bisa memilih varian untuk dicoba, mis. B. Sosis ayam, daging sapi, bakso, nugget, tempura, telur gulung dan lain-lain. Mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB Anda bisa jajan sosis di Alkid.

4. Wedang Bulat

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Wedang Ronde (Instagram/carikulinersolo)

Jika Anda datang ke Alun-alun Kidul pada malam hari, Anda bisa mencicipi kuliner pedas yaitu Wedang Ronde. Sebagian putaran di Alun-alun Kidul ini ditawarkan dengan harga yang ramah dikantong yaitu hanya Rp 8.000.

Dalam seporsi Wedang Ronde terdapat ronde (candil), kacang tanah, kolang-kaling, irisan roti tawar dan kuah jahe pedas yang akan menghangatkan tubuh Anda.

Baca juga: 8 Pusat Kuliner di Jogja, Asyiknya Berburu Makanan Lezat

5. Maccilor

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Cilor dan Maklor Alkid (Instagram/Jogjafoodrink)

Apakah Anda pernah mencoba makanan ringan Maccilor? Jika belum, maka wajib banget bagi kamu yang datang ke Alun-alun Kidul untuk mencoba makanan unik yang satu ini.

Makcilor sendiri merupakan singkatan dari makaroni, cilok dan telur yang diolah dengan cara digoreng dalam cetakan. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati Makcilor.

Pasalnya, hanya dengan Rp 5.000 kamu sudah bisa menikmati jajanan yang dibumbui dengan bumbu BBQ atau Balado. Makcilor ditempatkan di Alun-alun Kidul mulai pukul 15:00 WIB hingga 18:00 WIB.

6. Lekkerous Alkyd

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Lekkericious Alkid (Instagram/lekkericious_alkid)

Jika Anda sedang jalan-jalan di sekitar Alun-alun Kidul dan menginginkan sesuatu yang renyah, manis, dan gurih, langsung saja ke Lekkericious Alkid.

Ada berbagai jenis rasa atau topping yang bikin ngiler, yaitu gula, coklat, keju, susu, pisang, dan kombinasi topping tersebut. Ada 2 macam ukuran yang bisa Anda pilih yaitu mini dan jumbo.

Jajanan tradisional ini bisa kamu nikmati di Lekkericious Alkid mulai pukul 06:00 WIB hingga 00:00 WIB dengan membawa uang tunai Rp 1.000 hingga Rp 12.000.

7. Dimsum Si Ndut

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Dimsum Si Ndut (Instagram/jogjaculinary.id)

Nah, selain jajanan tradisional di Alun-alun Kidul, ada juga jajanan enak ala milenial, yaitu Dimsum Si Ndut.

Tersedia berbagai pilihan dimsum mulai dari dimsum ayam wortel, udang, kepiting, daging sapi, salmon, olahan ikan, pangsit keju dan masih banyak lagi lainnya.

Dimsum Si Ndut buka mulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB dan dim sum mulai dari Rp 1.000. Untuk saus, ada saus barbekyu, saus pedas, dan mayones.

8. Mengenal Tanjakan Gejrot

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Kenal Gejrot Rising (Instagram/eat.ygy)

Anda sedang berada di Alun-alun Kidul tapi bingung mau beli apa? Nah daripada bingung bagaimana kalau mencoba Tahu Gejrot Bangkit. Tahu Gejrot ini akan mengobati rasa lapar Anda akan kuliner khas daerah Cirebon.

Hanya dengan membawa Rp 6.000 kamu bisa mendapatkan seporsi Gejrot Tahu yang buka mulai pukul 10.00 WIB hingga Maghrib. Untuk tingkat ketajaman bisa pertanyaan langsung ke penjual.

Baca Juga: 8 Makanan Lezat di Kawasan Pasar Pathuk yang Wajib Dikunjungi!

9. Cahaya Bulan Tua

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Bulan terang tua (Instagram/jajanyogya)

Yang suka manis dan gurih dalam satu gigitan bisa mendekati Terang Bulan Jadul Alkid. Tekstur cerah Old Moon ini lembut dengan isian coklat yang melimpah yang pasti bikin ngiler.

Jajanan legendaris yang biasa ditemui di sekolah dasar ini bisa kamu cicipi dengan datang langsung ke Alkid mulai pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan hanya membayar Rp 6.000 per porsi.

10. Alun-alun Selatan Basreng

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Basreng Alun-alun Kidul (Instagram/Gembulfoodie)

Jajanan berikutnya yang bisa Anda temukan di Alun-alun Kidul adalah Basreng Alun-alun Kidul. Basreng, atau bakso goreng, dimasak dengan cara ditusuk terlebih dahulu lalu digoreng saat ada yang membelinya.

Anda bisa menikmati basreng ini dengan saus pedas atau tidak pedas. Menariknya, penjual Basreng ini siap di Alun-alun Kidul dari jam 5 pagi lho! Basreng ini bisa kamu coba hanya dengan Rp 5.000 saja.

11. Sambal Kacang Spesial Cilok Legend

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Cilok Legend Bumbu Kacang Spesial (Instagram/Gembulfoodie)

Camilan yang tak kalah menarik saat mengunjungi Alun-Alun Kidul adalah Cilok Legend Special dengan bumbu kacang. Dinamakan demikian karena Cilok ini memang melegenda dan sudah ada di pasaran sejak tahun 90-an.

Rasa cilok yang gurih disandingkan dengan kuah kacang yang nikmat pasti membuat kamu ketagihan dengan jajanan yang satu ini. Hanya dengan Rp 5.000 Anda sudah bisa menikmati banyak Cilok.

12. Mengapa berdoa

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Berdoa untuk apa yang harus dilakukan (Instagram/makan di sekitar)

Siapa yang suka makanan gurih khas Purbalingga yaitu Mendoan? Di Alun-alun Kidul Anda bisa memuaskan rasa rindu dengan Mendoan Ngapak Extra Jumbo.

Menariknya, penjual Mendoan ini aslinya dari Purbalingga lho, dan tentunya kamu juga bisa bercakap-cakap dengannya dalam bahasa Ngapak. Jajanan ini bisa Anda temukan mulai pukul 06.00 WIB dan dibanderol dengan harga Rp 3.000 per biji.

12. Cilok Gajahan dan Legenda Cilok

13 Rekomendasi Kuliner di Alun-alun Kidul, Ada Es Krim Goreng!Cilok Gajahan Alkid (Instagram/voilajogja)

Ada lagi warung makan yang paling banyak dikunjungi di Alun-alun Kidul, yaitu Cilok Gajahan. Berada di sudut Alun-alun Kidul, lokasi Cilok ini hanya buka mulai pukul 15.30 hingga 17.30 WIB.

Selain rasa ciloknya yang enak, rasa sambalnya juga tidak kalah enak dan pastinya bikin ketagihan. Jika ingin menikmati cilok ini, Anda harus siap mengantri!

Alun-alun Kidul sangat cocok dikunjungi bersama teman, keluarga atau pasangan untuk menghabiskan sore atau akhir pekan. Sambil nongkrong di Alun-alun Kidul, kamu juga bisa mencoba beberapa kuliner di atas yang murah dan enak!

Baca Juga: 7 Hal Seru di Alun-Alun Kidul Jogja, Jangan Sampai Kelewatan!

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button