Alun-alun Purwakarta merupakan wisata yang lengkap di tengah kota - WisataHits
wisatahits

Alun-alun Purwakarta merupakan wisata yang lengkap di tengah kota

Harga tiket masuk Alun-alun Purwakarta: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Purwamekar, Nagri Tengah, Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia, 41114.

Alun-alun Purwakarta merupakan lembaga publik sekaligus objek wisata di Purwakarta. Tempat ini merupakan salah satu tujuan rekreasi favorit bagi masyarakat atau wisatawan. Kawasan ini selalu ramai dengan berbagai kegiatan dan acara rekreasi. Wisatawan bisa bersantai di taman untuk melihat berbagai jenis wayang di sini.

Tiket masuk

Alun-alun Purwakarta terbuka untuk semua orang tanpa membayar tiket masuk. Sebagai fasilitas umum dan objek wisata, tempat ini tidak memungut biaya tiket. Sedangkan alun-alun sangat cocok sebagai tujuan wisata murah.






Biaya masuk
Tiket masuk Untuk membebaskan

Baca Juga: 12 Destinasi Wisata Terbaik di Purwakarta

Jam buka

Alun-alun Purwakarta selalu dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi atau sore hari untuk menghindari panas terik. Area ini biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan dan hari libur.






Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Alun-alun Purwakarta

Ikon persegiAir mancur ikonik dan salah satu daya tarik di Alun-alun Purwakarta – Foto: Gmap/Listhiaa Yashinta

Alun-alun Purwakarta merupakan fasilitas umum yang menjadi salah satu ikon kota Purwakarta. Terletak tepat di pusat kota dan bersebelahan dengan Taman Air Mancur Sri Baduga yang terkenal. Seperti kebanyakan tempat, tempat ini berada di area yang sama dengan beberapa kantor pemerintahan. Diantaranya Kantor Bupati dan Kementerian Agama Kabupaten Purwakarta.

Baca: Taman Air Mancur SRI BADUGA 6 kegiatan pilihan

Bentuk alun-alun saat ini merupakan hasil revitalisasi. Dari lapangan yang luas, kini suasananya lebih mirip taman. Fasilitas publik ini memang dikonsep sebagai tempat berkumpul yang nyaman bagi masyarakat. Tak hanya itu, alun-alun ini juga berfungsi sebagai tempat rekreasi sederhana.

Ruang terbuka hijau

Tanaman hias menghiasiBerbagai jenis tanaman hias menambah keindahan dan kenyamanan di sekitar alun-alun – Foto: Gmap/Hidayatull Musbarr

Di Indonesia, keberadaan alun-alun merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kota. Begitu pula dengan Alun-alun Purwakarta. Tempat ini menjadi pusat berbagai aktivitas dan keramaian. Dari kumpul-kumpul informal hingga acara besar berlangsung di sini.

Alun-alun ini sering menjadi tujuan kegiatan rekreasi sederhana. Tanpa harus mengeluarkan banyak uang, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan nyaman. Bermain di sekitar air mancur, jogging atau sekedar berfoto.

Kelompok usia yang berbeda dapat menemukan aktivitas mereka sendiri di sini. Berbagai fasilitas pendukung dan tempat rekreasi tersedia. Alun-alun merupakan ruang dimana setiap orang dapat dengan bebas melakukan aktivitasnya.

Taman di alun-alun

Apartemen Maya ParkPendopo di Taman Maya Datar – Foto: Gmap/Satria Bagus Purnama

Alun-alun Purwakarta dihiasi dengan sejumlah taman yang indah. Diantaranya Taman Maya Datar dan Taman Pancawarna. Keduanya berada di area selatan alun-alun.

Pendirian taman-taman ini bertujuan untuk menciptakan zona ramah di lingkungan kantor-kantor pemerintah. Area kantor yang kaku saat ini tidak terbatas pada karyawan saja. Masyarakat umum dapat dengan nyaman menikmati kawasan alun-alun ini berkat keberadaan taman-taman tersebut. Apalagi taman-taman ini juga menjadi magnet tambahan bagi wisatawan di Purwakarta.

Taman-taman ini menampilkan suasana teduh dari berbagai tanaman hias. Aneka pohon palma, perdu dan tanaman hias mempercantik sekaligus menyegarkan. Bangku-bangku berjejer sebagai tempat beristirahat dan bersantai. Jalannya lebar dan nyaman untuk jogging atau bersepeda.

Wisata religi

Masjid Raya Purwakartanama Baing Yusuf yang berperan dalam penyebaran Islam di Purwakarta diabadikan sebagai nama masjid agung yang terletak di seberang Alun-alun Purwakarta – Foto: Gmap/Alif Fairuz

Beralih ke arah barat, terdapat sebuah bangunan megah yang menarik perhatian. Bangunan ini tidak lain adalah Masjid Raya Baing Yusuf. Selain berfungsi sebagai fasilitas umum, masjid ini merupakan tujuan wisata religi yang populer.

Pendirian masjid ini merupakan salah satu penanda sejarah penyebaran agama Islam di Purwakarta. Didirikan pada tahun 1926, masjid ini menyandang nama sebuah tokoh. Syekh Baing Yusuf-lah yang membantu menyebarkan Islam di kota itu. Makamnya berada di samping masjid dan selalu ramai dikunjungi peziarah.

Meski telah mengalami beberapa kali renovasi, ciri khas bangunannya masih terlihat jelas. Di dalamnya terdapat empat tiang besar sebagai penopang. Bagian lain yang masih bertahan adalah dua menara berkubah yang mengapit bangunan utama. Umat ​​muslim bisa beribadah sambil mendalami sejarah Islam dengan berkunjung ke sini.

Galeri Boneka

Salah satu sudut galeri wayangMelihat kesenian wayang di Galeri Wayang yang tidak jauh dari alun-alun – Foto: Gmap/Ramdhani F

Tempat lain yang harus dilihat di sekitar alun-alun adalah Galeri Wayang. Galeri ini merupakan tempat di mana terdapat berbagai jenis wayang. Koleksi yang dihadirkan berasal dari berbagai daerah. Pengunjung dapat melihat wayang Betawi, wayang golek, wayang kulit, dan wayang ilalang.

Selain melihat koleksi wayang, pengunjung juga bisa mendapatkan informasi detail tentang wayang. Masyarakat dapat mengetahui sejarah dan ciri-ciri wayang. Galeri hanya tutup pada hari Senin. Waktu berkunjung adalah dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore.

Wisata kuliner

Sate Maranggi khas PurwakartaMakanan khas Purwakarta, sate maranggi, mudah ditemukan di sekitar alun-alun – Foto: Gmap/Rizka Rizlia

Selain itu di sekitar alun-alun kegiatan lain yang bisa dinikmati adalah wisata kuliner. Pusat keramaian seperti alun-alun memang lokasi strategis untuk bisnis. Termasuk kegiatan catering kuliner dan juga oleh-oleh khas Purwakarta.

Tak jauh dari alun-alun, wisatawan bisa menemukan banyak tempat makan. Yang wajib dicoba tentu saja sate maranggi, kuliner andalan kota tersebut. Jangan lupa juga untuk membeli beberapa makanan ringan sebagai oleh-oleh. Semua kuliner ini dapat ditemukan di sekitar alun-alun.

Fasilitas di Alun-alun Purwakarta

Fasilitas yang ada di Alun-alun Purwakarta adalah toilet, area parkir, bangku dan gazebo. Sarana ibadah umat Islam dipusatkan di Masjid Raya Baing Yusuf. Kios, warung makan kecil, restoran, dan toko suvenir dapat ditemukan di sekitar alun-alun.

Lokasi Alun-alun Purwakarta

Alun-alun Purwakarta terletak di Desa Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta. Pengunjung bisa mengaksesnya dari Jalan Bapak Dr. Kusumahatmaja, Jalan Rusa I atau Jalan Ganda Negara. Lokasi dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum karena berada di pusat kota.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button