Kisah Karang Setra, kolam renang legendaris Bandung yang diresmikan oleh Soekarno - WisataHits
Jawa Barat

Kisah Karang Setra, kolam renang legendaris Bandung yang diresmikan oleh Soekarno

PIKIRAN ORANG – Bandung terkenal dengan tempat wisatanya. Seiring berjalannya waktu, tempat wisata di Bandung semakin banyak.

Di tengah semakin banyaknya tempat wisata baru di Bandung, terdapat beberapa tempat wisata yang sudah tua namun tidak kehilangan pesonanya. Salah satunya adalah kolam renang Karang Setra.

Kolam Renang Karang Setra terletak di Jalan Sirnagalih, Sukasari, Kota Bandung. Kolam renang ini diresmikan pada tahun 1958. Proses pembangunan Karang Setra telah dimulai sejak tahun 1956.

Kolam Renang Karang Setra dirancang langsung oleh Presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno bersama mantan Wakil Presiden Mohammad Hatta. Saat itu, peresmiannya bertepatan dengan peresmian taman lalu lintas.

Pembangunan Karang Setra memakan biaya fantastis Rp 7 juta, yang cukup banyak pada saat itu.

Karang Setra memiliki luas sekitar 6,5 hektar, dan daya tarik utama tempat wisata ini adalah kolam renangnya yang berukuran 100 x 100 meter.

Memiliki area yang cukup luas, oleh karena itu juga digadang-gadang sebagai kolam renang terbesar di Asia Tenggara saat itu.

Baca juga: Sejarah Panjang Kujang: Dari Raja dan Bangsawan Hingga Rakyat Biasa

Peresmian Karang Setra juga dihadiri sejumlah tokoh penting antara lain H. Nazaruddin SH selaku Kapolsek dan Kepala Badan Keselamatan Lalu Lintas (BKLL), Oja Sumantri selaku Kepala Daerah Otonom I Jawa Barat, Pangdam Siliwangi Kolonel Kosasih , Ketua Dewan Pariwisata Jawa Barat Abas Surjatna Atmadji, dan Enoch Danubrata selaku Ketua Badan Pengurus dan Ketua Panitia Pembukaan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button