Gili Sundak, pesona pulau kembar dan spot favorit para pecinta snorkeling di Lombok - WisataHits
wisatahits

Gili Sundak, pesona pulau kembar dan spot favorit para pecinta snorkeling di Lombok

Gili Sundak, pesona pulau kembar dan spot favorit para pecinta snorkeling di Lombok

Gili Sudak merupakan breakwater atau pulau kecil yang sering menjadi incaran para wisatawan, karena membuat berlibur serasa berada di pulau pribadi.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sekotong Barat, Kec. Sekotong, Kab. Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pesona Gili Sudak memang tak terbantahkan. Destinasi yang mengutamakan keaslian alamnya ini belum tersentuh oleh tangan-tangan kotor. Di sekitar tempat wisata tidak dilalui kendaraan bermotor atau cidomo.

Jika mendengar kata “gili” erat kaitannya dengan Lombok. Istilah tersebut memang umum digunakan untuk menyebut pulau-pulau kecil yang menjadi destinasi wisata di Lombok. Dengan jumlah yang sangat banyak, setiap tanggul memiliki keindahan tersendiri.

Gili yang akan dibahas kali ini memang sudah terkenal di kalangan wisatawan nasional maupun mancanegara. Terletak di Lombok Barat, pilar Gili ini memiliki karakter unik yang akan meninggalkan kesan indah dalam ingatan wisatawan.

Daya tarik Gili Sudak

Objek wisata Gili SudakKredit gambar: Google Maps Bayu Agung

Hampir semua Gili di Lombok mengunggulkan pesona pantainya. Gili ini tidak mau kalah dengan Gili lainnya, memiliki view pantai yang sangat bagus. Selain pantai, apa daya tarik lain dari gili ini?

1. Pulau Kembar

Gili Kedis dan Sudak sering disebut sebagai pulau kembar padahal keduanya tidak memiliki kesamaan yang spesifik. Untuk bisa menikmati pesona bendungan ini, perlu menempuh perjalanan dua jam dari Kota Mataram.

Setelah sampai, wisatawan bisa langsung menikmati dua tanggul sekaligus, yakni Gili Kedis dan Sudak, karena letak kedua tanggul tersebut berdekatan. Untuk itu banyak pengunjung yang mampir karena tidak perlu jauh-jauh untuk merasakan dua destinasi dalam satu kali kunjungan.

2. Pasir putih dan air jernih

Kawasan Gili memang populer dengan warna air lautnya yang jernih, sehingga wisatawan bisa melihat “penghuni” laut dengan mata telanjang. Di dekat pemecah gelombang ini terdapat pantai Gili Sudak, dengan panorama menawan dan pasir putih yang memanjakan mata jika dilihat dari ketinggian tertentu.

Pantai ini menjadi tempat bersantai yang tepat, karena wisatawan bisa merasakan suasana damai dengan panorama pantai yang indah. Selain itu, wisatawan dapat melakukan aktivitas lain, seperti berenang, menyelam, snorkeling, voli pantai, dll.

3. Pemandangan bawah laut

Di Gili Sudak, wisatawan sangat dianjurkan untuk snorkeling atau diving. Mengapa demikian? Tentunya karena pemandangan bawah laut Gili yang mempesona. Kalau dilihat dari permukaan memang sangat indah, apalagi langsung masuk.

Wisatawan akan merasakan bagaimana mereka berenang bersama ikan-ikan, ditemani kawasan yang dipenuhi terumbu karang yang subur dan kaya. Biota laut yang beragam juga menambah keindahan ekosistem bawah laut.

4. Suasana damai

Pengunjung tembok laut ini pasti mendapatkan suasana damai dan tenang. Kondisi ini disebabkan letak pulau yang cukup terpencil sehingga jarang dikunjungi pengunjung. Gili Sudak memang menjadi alternatif yang baik bagi wisatawan yang ingin menyegarkan diri.

Menjauh sejenak dari hiruk pikuk kota dan debu kendaraan, seawall ini tempat yang sangat direkomendasikan. Namun, saat ini, belum ada pembangunan rumah penerima atau penginapan. Sebagai gantinya, wisatawan bisa mendirikan tenda di pinggir pantai untuk bermalam.

5. Pemandangan Matahari Terbenam

Di pinggir pantai, pohon pinus tumbuh berjejer menambah kesan asri dan nyaman saat wisatawan berdiri di sana. Fenomena alam lain yang menjadi daya tarik tanggul ini adalah dimana pada malam hari wisatawan akan disuguhkan pemandangan sunset.

Tak hanya itu, bagi yang menginap, pemandangan matahari terbit (sunrise) tak kalah memukau. Inilah saat yang tepat bagi para pengunjung pecinta fotografi untuk mengabadikan momen tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Gili SundakKredit gambar: Google Maps Bayu Agung

Gili Sudak tepatnya berada di Sekotong Barat, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Di sana terdapat empat pulau yang saling berdekatan, yaitu pulau Sudak, Nanggu, Kedis, dan Tangkong.

Untuk sampai ke tanggul laut, ambil jalan Sekotong dari Mataram. Kemudian dilanjutkan ke Gerung dan tiba di Pelabuhan Tawun sekitar satu jam. Lanjutkan perjalanan dengan menyewa perahu ke Gili Nanggu dengan biaya sekitar Rp 250.000.

Harga tiket masuk objek wisata

Untuk menikmati keindahan pulau ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu. Namun, wisatawan masih perlu menyiapkan beberapa hal untuk menyewa perahu ke pulau tersebut, atau untuk berbelanja dan melakukan berbagai aktivitas di tempat tujuan wisata Gili Sudak.

Harga standar sangat bervariasi, sehingga pengunjung disarankan untuk membawa uang tunai dalam jumlah ekstra, agar semua fasilitas dan kuliner yang tersedia dapat dicoba satu per satu. Begitu pula dengan biaya sewa peralatan snorkeling jika tidak memiliki peralatan pribadi.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di Gili Sudak

Aktivitas menarik di Gili SudakKredit gambar: Google Maps Loetfi Ono

Destinasi wisata indah manapun di Indonesia akan sayang untuk dikunjungi secara sederhana, tanpa melakukan aktivitas apapun. Sebagai salah satu Gili terindah di Lombok, berikut aktivitas yang bisa dilakukan di Gili Sudak.

1. Snorkling

Keinginan untuk snorkeling di pulau ini bukan hanya karena ada pantainya saja, tapi karena menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Wisatawan di Gili Sudak akan sangat rugi jika tidak mencoba aktivitas yang satu ini.

Bagi yang belum memiliki peralatannya, disini sudah tersedia jasa persewaan yang bisa dikenakan biaya lebih murah. Harga paket standar Rp 50.000 sudah termasuk life jacket, masker, fin dan snorkel.

2. Kuliner Seafood

Meski tidak ada pelayanan semalam, wisatawan bisa menikmati kuliner seafood di sini di beberapa warung makan. Makanan laut yang tersedia pun beragam, mulai dari udang, ikan laut segar, cumi-cumi dan terkadang lobster juga dijual.

Kesegaran masakannya sudah tidak diragukan lagi, karena semua sumber makanan dipancing langsung dari laut di pantai Gili Sudak. Tersedia juga minuman dingin alami yaitu air kelapa yang sangat nikmat dipadukan dengan seafood.

3. Nikmati alam

Bagi yang belum mahir olahraga air, wisatawan selalu bisa bersantai di tepi pantai dalam suasana damai dan tenang. Ada areal pepohonan yang bisa dijadikan tempat duduk-duduk dengan udara laut yang sejuk.

Momen relaksasi ini bisa dilengkapi dengan minum air kelapa muda segar yang bisa dibeli di warung makan dekat pantai. Dengan demikian, aktivitas tunggal ini dapat menyegarkan semangat Anda sejenak sebelum kembali beraktivitas di kota.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Gili SundakKredit gambar: Google Maps Fahim Masruroh

Gili yang satu ini sebenarnya tidak perlu diragukan lagi. Sebagai destinasi wisata pulau, fasilitas terbaik sudah pasti tersedia lengkap di pulau ini. Meski bukan akomodasi mewah seperti homestay, destinasi ini menawarkan akomodasi sederhana bernama Nirvana Gili Sudak.

Tampilan hostel beratap rumbia, sementara penawaran lain yang menggiurkan adalah area pantai pribadi selama menginap. Di dalam akomodasi, disediakan kamar berventilasi, brankas pribadi, dan tempat duduk santai.

Di beberapa sudut juga terdapat rumah makan yang menawarkan menu seafood yang menggugah selera. Menariknya, pembangunan fasilitas tersebut terletak di pinggir pantai, sehingga suasana liburan semakin terasa.

Selain itu, seperti wisata bahari yang belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan, pemerintah masih memikirkan untuk mengembangkan potensi pulau tunggal ini. Guna menarik perhatian sejumlah investor yang akan mendorong pengembangan gili, berikut fasilitas pendukungnya.

  • Belvedere
  • Warung makanan dan minuman
  • Daerah berhutan
  • daerah perkemahan
  • Kursi tunggal
  • Penyeberangan kapal

Keindahan Gili Sudak memang sudah diakui di luar negeri. Tidak hanya pemandangan indah yang ditawarkan, tetapi juga hidangan seafood segar langsung dari laut, rasakan suasana liburan berada di pulau pribadi di lokasi ini!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button